Kipas radiator membantu mendinginkan ac,namun jika tidak berputar akan menyebabkan ac tidak dingin,berikut ini penyebab kipas radiator tidak berputar,dan cara mengatasinya.

Penyebab kipas radiator tidak berputar.

Berikut ini adalah penyebab kipas radiator tidak berputar:

Sekering putus
Hal yang paling sederhana adalah sekering (fuse), bisa jadi kipas radiator tidak bekerja karena sekeringnya putus. Untuk itu periksa sekeringnya terlebih dahulu.

Sirkuit putus
Kipas yang tidak bekerja bisa juga disebabkan oleh sirkuit yang putus. Sirkuit putus ini biasanya terletak pada sambungan yang kurang kuat sehingga terlepas, atau kabel yang putus.

Motor mati
Motor kipas juga bisa menyebabkan kipas radiator tidak bekerja. Pernah ada kasus yang mana motor kipas bermasalah, setelah dibongkar ternyata brushnya sudah habis. Bila motor tidak diperbaiki lebih baik diganti.

Sensor temperatur
Pada kipas elektrik, kipas akan menyala ketika mesin sudah melebihi temperatur kerja. Ketika belum mencapai temperatur kerja kipas belum berputar, sehingga lebih cepat mencapai temperatur kerja. Ketika melebihi temperatur kerja maka kipas akan berputar untuk mendinginkan dan menjaga agar suhu mesin tetap dalam temperatur kerja. Nah apabila sensor ini rusak, maka sensor ini tidak dapat mengirimkan sinyal.

Socket kendor
Socket yang kendor membuat kipas kadang hidup kadang mati, ini tentunya berakibat buruk walaupun tidak seburuk apabila kipas mati total.

Itu dia beberapa penyababnya,berikut ini ada cara untuk mengatasinya.

Cara mengatasi kipas radiator yang tidak berputar.

Berikut ini adalah caranya:

  1. Buka bok relay&fuse biasanya dekat dengan aki. Lalu balik tutup boknya dan cari relay motor fan, jika sudah ketemu cabut relay lalu jumper terminal 30 dengan 87 pada bok relay. Amati apa yang terjadi pada motor fan, jika motor fan berputar maka kemungkinan kerusakan disebabkan karena relay yang sudah mati atau water temperature sensor rusak. Cara memperbaikinya ganti relay. jika masih tidak normal bisa dilanjut dengan mengganti water temperature sensor.
  2. Jika pada langkah pertama (menjumper terminal 30 dengan 87) motor fan tidak berputar maka kerusakan disebabkan beberapa kemungkinan yaitu bisa kabel putus, motor fan mati, socket kendor. Bagaimana cara mengetahuinya, dengan tetap menjumper terminal 30 dengan 87 tes lah socket yang menuju ke motor fan dengan menggunakan test lamp. Jika test lamp menyala maka dipastikan kerusakan ada di bagian motor fan. Jika test lamp mati maka tindak lanjuti dengan memeriksa kabel kabel dan socket.
  3. jika pada langkah ke dua test lamp menyala. Maka lakukan overhoul motor fan dengan cara melepas motor fan dari mobil dengan kunci ring 10. Di beberapa mobil ada yang perlu melepas selang radiator. Setelah terlepas lepas kipas dengan kunci ring 8. Kemudian lepas motor fan dari dudukannya dan lakukan pembongkaran dengan terlebih dahulu membebaskan pengunci dengan menggunakan obeng min. Setelah terbongkar, lihat apakah brush

itu dia beberapa penyebab dan cara memperbaiki kipas radiator yang tidak mau berputar,semoga dapat bermanfaat,terimakasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here