Beberapa penyebab mesin mobil bergetar saat diam adalah busi mobil dan setelan mesin yang tidak normal. Namun masalah ini tidak serta merta selesai dengan setting ataupun penggantian spare part. Perlu perbaikan yang tepat pada sasaran.sebelum itu ketahui dulu penyebabnya.

Penyebab mobil matic bergetar saat diam.

Berikut ini adalah penyebab mobil bergetar saat diam:

  1. Busi mobil lemah atau mati

Busi memiliki banyak peran penting bagi mobil anda. Salah satunya adalah sebagai pemercik bunga api yang dapat menghasilkan tenaga. Apabila bunga api kecil maka pr9oses pembakaran tidak sempurna sehingga menyebabkan timbulnya getaran.

  1. Nozzle Kotor

Nozzle itu sangat penting untuk menyemprotkan bahan bakar saat terjadi kompresi. Pembakaran yang tidak sempurna dapat menimbulkan getaran. Solusinya adalah dengan membersihkan bagian nozzle agar tidak kotor sehingga mesin anda menjadi bersih dan nyaman saat digunakan.

  1. Setelan mesin tidak cocok

Hal ini menyebabkan timbul getaran yang membuat anda tidak nyaman saat mengendarai mobil. Setelan mesin yang tidak sempurna mengakibatkan getaran sehingga berefek pada irama mesin yang kurang stabil. Cara mengatasinya adalah dengan melakukan tune up mobil anda secara rutin.

  1. Terjadi kerusakan pada engine mounting

Engine mounting dapat berfungsi sebagai peredam getaran pada mobil. Saat engine mounting bermasalah maka getaran medin dapat mencapai ke kabin karena getaran tidak dapat dikendalikan oleh engine mounting.

  1. Piston engine bergerak – gerak

Piston yang sudah aus dapat menjadikan arah gerakan dari piston berubah dan tidak tegak lurus. Pada kondisi tersebut anda harus mengganti pistonanda.

Cara Mengatasi Mesin Mobil yang Bergetar saat diam

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi mesin mobil yang bergetar saat diam:

Mengecek busi
Busi merupakan salah satu komponen terpenting pada mobil anda. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan apabila salah satu bagian dari busi anda rusak maka akan membuat mesin mobil anda bergetar.
Selain itu, anda juga harus mengecek pengapian. Apabila warna api biru menandakan bahwa mobil anda aman. Namun apabila api berwarna kuning atau merah menandakan bahwa anda harus segera mengganti busi mobil anda.

Mengatur bagian engine mounting
Salah satu cara untuk mengecek bahw bagian engine mobil anda masih bagus adalah dengan melihat apakah kinerjanya masih bagus atau tidak. Ciri – cirinya adalah karet dan baut engine mounting tidak goyang saat mesin mobil dihidupkan.
Namun apabila ditemukan engine mobil yang bergetar maka segera anda ganti engine mounting pada mobil anda dan membawanya ke bengkel. Jika tidak segera diatasi maka dapat memicu rusaknya mesin mobil anda.

Memperbaiki karburator
Cara untuk memperbaiki adalah dengan mengecek valve dan idle yang terdapat di dalam karburator. Jika terjadi kerusakan pada karburator maka segeralah anda bawa mobil ke bengkel. Cara mengeceknya adalah dengan menyetel valve dan idle.
Mesin mobil dinyalakan lalu dimatikan lagi mesin mobilnya. Jika anda menemukan bensin pada karburator mesin anda maka alangkah baiknya jika mobil anda bawa ke bengkel sehingga akan mendapatkan perawatan yang intensif.

Tune up mobil
Tune up mobil berfungsi sebagai salah satu sarana untuk merawat mobil anda. Jika anda rajin tune up mobil anda maka mobil anda dapat meminimalisir terjadinya kerusakan pada mesin.

Itu dia penyebab dan cara mengatasi masalah mobil yang bergetar saat diam,semoga dapat membantu kita semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here