Beberapa dari kalian yang mempunyai kendaraan bermobil pasti merasa kesal jika mobil anda mati mendadak,lalu apa saja penyebab dan solusi yang dapat anda lakukan ketika mobil anda mati mendadak?simak artikel dibawah ini:

Penyebab mobil mati mendadak

Berikut adalah beberapa penyebab yang membuat mobil anda mati mendadak

  • Temperatur tinggi(Overheat)
  • Tidak ada suplai bahan bakar ke mesin
  • Tidak ada bunga api di busi

Itu dia penyebab yang sering ditemukan ketika mobil mati mendadak,berikut ini ada solusi ketika mobil anda mati mendadak jika sedang dalam perjalanan.

Solusi ketika mobil mati mendadak

Berikut solusinya:

  1. Amankan dan Dorong Mobil Ke Pinggir Jalan

Segera amankan mobil anda ke pinggiran jalan. Sehingga anda bisa lebih mudah memeriksa dan mengatasi mobil anda yang sedang mogok.

  1. Periksa Lampu Indikator

Perhatikan jika lampu indikator, jika berwarna kuning maka menandakan jika akan ada gangguan pada mesin kendaraan sedangkan berwarna merah jika sudah terjadi gangguan pada komponen di dalam mobil dan perlu segera diperbaiki.

  1. Diamkan Mobil Beberapa Saat

Jika suhu mesin terlalu tinggi, maka sebaiknya diamkan mobil beberapa saat hingga suhu kendaraan menurun. Biasanya ini dikarenakan air radiator yang habis ataupun mendidih. Hal ini tidak dapat anda perbaiki ketika kondisi mesin masih dingin. Jangan membuka tutup radiator ketika kondisi mesin masih panas karena akan berbahaya jika percikan air terkena anda. Setelah dingin kemudian buka penutup radiator. Periksa jika air nya mulai habis dan kurang. Anda bisa menggantinya dengan air radiator yang baru jika kondisinya sudah keruh, Namun jika air hanya kurang atau habis, maka anda bisa menambahkannya.

  1. Cek Suplay Listrik dan Pengapian

Jika tidak terdapat masalah pada suhu mesin, maka lanjutkan pemeriksaan pada sistem kelistrikan atau suplay listrik. Periksa sumber-sumber kelistrikan yang ada, mulai dari aki, cdi, dan koil. Jika terdapat masalah pada salah satu komponen maka bisa jadi menyebabkan mobil akan sulit dihidupkan.

Indikasi kerusakan yang terjadi biasanya akan terlihat pada mobil yang sulit untuk distarter. Jika seperti ini terjadi pada mobil anda maka penyebabnya adalah aki ataupun koil. Periksa bagian aki, bersihkan dan kencangkan bagian kabel-kabel yang terhubung pada aki dan koil.

Itulah tadi penyebab dan solusi mobil anda mati mendadak,Jika anda memiliki pertanyaan, silahkan bertanya di kolom komentar di bawah ini.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here