Banyak hal yang menjadi penyebab mobil mogok. Bukan hanya perawatan saja yang perlu dilakukan, namun menjaga kebersihan atau pun kebiasaan – kebiasaan buruk saat anda mengemudi juga bisa ikut menyumbang penyebab mobil mogok, berikut ini ada beberp penyebab dan cara mengatasi mobil anda yang mogok.

Penyebab mobil brio mogok.

Berikut ini adalah penyebab mobil brio mogok:

  1. Bagian Karburator Sedang Terjadi Masalah

Karburator memang merupakan salah satu komponen yang cukup penting dari mobil layaknya komponen mesin mobil Sudah sewajarnya anda melakukan perawatan secara berkala dan memberikan perhatian. Karburator yang sedang terjadi masalah juga bisa menjadi penyebab mobil mogok.
Hal ini berlaku bagi mobil yang memang masih menggunakan komponen karburator mobil  saja. Namun yang mobilnya sudah tidak menggunakan karburator, berarti komponen lainnya yang sedang bermasalah. Masalah pada karburator biasanya berkenaan dengan bahan bakar yang masuk terlalu sedikit.
Akibatnya proses yang terjadi saat pembakaran menjadi tidak bisa sempurna dan selanjutnya ketika anda sedang menghidupkan (starter mobil) sulit untuk hidup. Selain itu ada peluang lain yakni bagian klep sudah sangat kotor sehingga bahan bakar sulit untuk menyembur ke karburator.

  1. Bagian Switcher Starter Aus

Penyebab mobil mogok selanjutnya ialah bagian switcher starter aus. Banyak orang yang tidak akan terpikir dan cenderung menganggap sepele komponen yang satu ini. Namun jika kondisinya tidak baik, maka bisa menjadi penyeb mobil mogok atau pun sulit untuk di starter.

  1. Alternater Aus

Nah untuk bagian yang satu ini sangat berhubungan dengan komponen lain sebagai penyusunnya. Masalahnya bisa saja datang dari komponen gulungan kawat pada tembaga putus, bagian diode putus, dan juga bagian kabel sudah mulai mengalami pengkaratan.

  1. Arus Listrik Aki Lemah

Bagian aki sangat berpengaruh terhadap nyala aau hidupnya mobil anda. Karena memang aki adalah pusat energi yang bisa membuat mobil anda bisa hidup dalam jangka waktu tertentu. Untuk itu sangat disarankan selalu menjaga kondisi aki tetap baik.

  1. Arus Listrik Ke Bagian Terminal Mengalami Penurunan

Untuk kemungkinan yang satu ini seringkali terjadi hanya pada mobil yang sudah berumur tua lebih dari lima tahun pemakaian. Biasanya tegangan arus listri ke bagian koil mengalami penurunan yang cukup drastis. Kondisi ini mengakibatkan tidak sempurnanya proses pembakaran bahkan tidak bisa terjadi pembakaran.
Hal ini diakibatkan karena bagian pemantik api sulit untuk memperoleh aliran listrik secara langsung. Nah jika sudah begini bagiaman bisa menyala kalau aliran listriknya saja tidak bisa terhubung langsung. Untuk memastikan kondisi ini memang yang menjadi penyebab utama sangatlah mudah.

  1. Bahan Bakar Habis

Kejadian yang ini mungkin memang jarang terjadi, namun peluangnya tetap saja ada. Terkadang pengemudi tidak terlalu memperhatikan kondisi bahan bakarnya saat sedang mengemudi seolah – olah bahan bakar akan tetap ada. Bisa juga saat perjalanan dengan jarak tempuh jauh, medan yang cukup terjal dan sulit ditemui tempat pengisian bahan bakar. Hal – hal tersebut ikut andil dalam memberikan peluang mobil mogok karena kehabisan bahan bakar.

Itu dia beberapa penyebab yang sering dialami penderita mobil mogok,berikut ini ada cara mengatasinya.

Cara mengatasi mobil brio mogok.

Berikut adalah cara mengatasi mobil mogok:

  • Karburator

Untuk memastikan kondisi karburator masih berfungsi dengan baik atau tidak cukup mudah. Anda cukup melepaskan selang yang terhubung ke bagian karburator dan memasukkannya ke dalam botol. Lanjutkan dengan melakukan starter mobil. Jika aliran bahan bakar terlihat lancar masuk ke dalam botol, berarti masalahnya bukan berada pada bagian karburator, melainkan pada bagian lainnya.

  • Switcher Starter Aus

anda bisa menyambungkan bagian plus dan minusnya dengan menggunakan peniti atau pun kawat yang memiliki ketajaman baik.

  • Arus Listrik Aki Lemah

Lakukan pengecekan bagian kabel yang terhubung langsung dengan bagian aki saat terjadi masalah. Karena jika tidak terhubung sudah pasti mobil tidak akan bisa dihidupkan kembali. Lakukan pengecekan juga terhadap intensitas air yang ada di dalam aki. Jika memang kondisi air sudah mengering segera lakukan pengisian hingga dirasa benar – benar cukup.

Bersihkan juga bagian terminalnya menggunakan kertas amplas saat anda mengencangkan kabel yang terhubung langsung ke bagian aki.

  • Arus Listrik Ke Bagian Terminal Mengalami Penurunan

Anda cukup melakukan pemeriksaan pada bagian kabel distributor dan selanjutnya bisa langsung menempelkannya ke bagian body mobil diiringi dengan proses starter. Jika muncul percikan api, maka arus listrik dipastikan masih ada. Begitu juga sebaliknya.

Itu dia beberapa penyebab da cara mengatasi mobil yang mogok,semoga bermanfaat bagi kita semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here