Jumat, Juni 25, 2021
Beranda blog

Tips Mencegah Adanya Masalah saat Mudik Menggunakan Mobil

0
Masalah saat Mudik yang Kerap Terjadi Ketika Membawa Kendaraan Pribadi
Masalah saat Mudik yang Kerap Terjadi Ketika Membawa Kendaraan Pribadi

Persiapan matang adalah kunci menghindari adanya masalah saat mudik menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil. Apa saja yang perlu disiapkan? Artikel kali ini sekiranya bisa menjadi jawaban.

Ada banyak sekali hal-hal yang kerap ditemukan menjadi masalah atau kendala ketika bepergian jauh. Masalah ini tidak hanya menyebalkan namun juga menyebabkan pengeluaran membengkak dan waktu perjalanan menjadi molor. Oleh sebab itu, persiapan yang baik sangat diperlukan. Baik itu persiapan fisik anda, maupun keadaan kendaraan.

Masalah saat Mudik yang Kerap Dialami Pemilik Mobil

Cukup banyak masalah yang kerap dikeluhkan pemilik mobil ketika hendak bepergian jauh. Adapun beberapa masalah tersebut di antaranya adalah:

  1. Mobil Kehabisan Bensin

    Pastikan anda mengetahui titik-titik mana saja SPBU akan ada. Dengan demikian anda bisa mengestimasi berapa banyak bensin yang diperlukan, kapan harus isi bensin, dan di mana harus isi bensin.

    Banyak loh kejadian karena pom bensin kelewatan, akhirnya mobil mogok karena SPBU selanjutnya ternyata lokasinya cukup jauh.

  2. Overheating

    Suhu mesin yang tidak terkendali ini kerap terjadi, khususnya pada mobil yang sudah lama tidak ganti oli. Juga terjadi pada mobil yang radiatornya tidak dirawat dengan baik. Salah satu cara menjaga performa radiator adalah dengan menggunakan coolat sebagai cairan isi radiator.

    Sayangnya, masalah saat mudik seperti overheat ini kerap terjadi karena pemilik mobil hanya menggunakan air biasa di radiator mobilnya. Alhasil, mobil jadi lebih cepat panas karena kemampuan air dalam mendinginkan sangatlah terbatas.

  3. Gak Kuat Nanjak

    Masalah lain yang kerap muncul adalah mobil yang tiba-tiba kehilangan performanya. Akibatnya, mobil jadi tidak kuat nanjak dan menghasilkan masalah-masalah lainnya. Nah, jika ngerasa akhir-akhir ini mobil punya masalah di tenaga, mending dibawa dulu ke tempat service untuk diperbaiki.

    Masalah tenaga mobil ini banyak sekali penyebabnya. Oleh sebab itu, pastikan mencari tahu penyebab masalah mobil secara mendetail.

Itulah beberapa hal yang kerap jadi masalah yang muncul saat mobil dibawa mudik. Oleh sebab itu, persiapan mudik yang matang wajib dilakukan. Tujuannya adalah untuk memastikan apapun resiko yang terjadi, masalah tidak akan muncul. Ada beberapa persiapan mudik yang bisa dilakukan.

Persiapan Untuk Menghindari Adanya Masalah Mobil saat Mudik

Banyak sekali persiapan mudik yang perlu dipersiapkan. Untuk mobil, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan demi kenyamanan berkendara. Namun yang terpenting, sebelum bepergian jauh pastikan mobil dibawa ke bengkel mobil untuk mendapatkan:

  1. Pengecheckan Menyeluruh

    Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan seluruh komponen mobil dalam kondisi baik dan bekerja dengan semestinya. Pastikan bengkel mobil yang anda pilih memang spesialis dengan jenis mobil anda.

  2. Tune UP

    Mobil yang hendak dibawa bepergian jauh atau mudik sebaiknya diberi tune UP untuk memastikan kondisi sistem pembakaran optimal. Dengan tune UP, tenaga mobil bisa kembali maksimal, konsumsi bahan bakar juga jadi lebih irit.

  3. Penggantian Part yang Bermasalah

    Komponen pada mobil yang dirasa memang bermasalah wajib untuk diganti. Dengan demikian, kondisi part selama berkendara dalam kondisi prima. Masalah saat mengemudipun menjadi tidak ada.

  4. Service Rutin

    Penggantian oli dan service rutin wajib dilakukan. Dengan demikian, mobil benar-benar bekerja dalam kondisi idealnya.

Nah ternyata banyak juga ya masalah saat mudik ketika menggunakan mobil. Oleh sebab itu, kami berharap masalah tersebut tidak terjadi pada anda karena persiapan matang memang sudah anda lakukan. Semoga bermanfaat.

Konsep Otomatis

0
Beberapa Penyebab Mobil Matic Gak Bisa Mundur
Beberapa Penyebab Mobil Matic Gak Bisa Mundur

Jika mobil tidak bisa bergerak ke belakang atau tak bisa mundur, tentu saja akan menyulitkan anda ketika sedang berkendara. Mobil yang tidak mampu bergerak mundur biasanya sering terjadi dikarenakan ada komponen mekanikal atau elektrik yang ada di sistem transmisi.

Beberapa Penyebab Mobil Matic Gak Bisa Mundur

Mobil matic yang tidak bisa mundur memang menjadi salah satu gejala kerusakan mobil matic yang cukup parah. Biasanya penyebab mobil matic tidak bisa mundur dipicu karena sistem mekanik yang ada pada sistem transmisi memang sedang bermasalah. Berikut ini beberapa penyebab mobil matic tidak bisa mundur.

1. Switch mobil yang sudah rusak biasanya akan terlihat beberapa tanda, seperti mobil yang diam ataupun berada di dalam mode parking.

2. Untuk sistem transmisi matic elektrik, biasanya terjadi kerusakan pada perangkat elektronik tepatnya pada kabel selenoid yang putus ataupun kehilangan stroom. Untuk mengecek kondisi ini, anda bisa mencoba untuk melepas beberapa sensor yang bertujuan agar bisa menciptakan kondisi eror di sistem elektriknya.

3. Untuk sistem transmisi matik yang masih konvesional, biasanya dikarenakan ada kerusakan pada komponen mekanikal transmisi. Biasanya yang sering terjadi adalah rasio gigi mundur atau reverse gear ratio, ataupun return shift nya patah.

Selain itu, anda juga harus melakukan perawatan sistem transmisi mobil matic secara rutin.

1. Periksa Dengan Rutin Oli Transmisi

Banyak kerusakan yang terjadi pada sistem transmisi mobil matic disebabkan karena pengguna kendaraan tidak mengganti dan memeriksa dengan rutin kondisi dari oli sistem transmisi. Sehingga anda harus melakukan pengecekan dengan rutin. Waktu yang tepat untuk melakukan pengecekan adalah saat pagi hari sebelum mobil akan digunakan.

Anda bisa menggunakan tongkat indikator untuk bisa melihat apakah oli transmisi masih dalam kondisi yang baik atau tidak. Bila oli sudah berwarna kecoklatan apalagi sudah ada serbuk besi halus, maka menandakan jika ada masalah pada sistem transmisi mobil matik anda.

2. Perhatikan Bila Terjadi Suara-Suara Yang Mengganggu

Cobalah untuk memperhatikan dengan baik bila terjadi suara-suara aneh yang cukup mengganggu di kendaraan anda. Bisa jadi suara-suara ini menjadi tanda atau sinyal jika terjadi masalah pada mobil anda. Awalnya bisa jadi suara-suara tersebut seperti suara mesin pada umumnya, namun lama kelamaan bila anda menyimak dengan teliti maka suara yang keluar bverbeda dan akan cukup mengganggu ketika mobil digunakan.

3. Test Drive

Setelah kondisi sistem transmisi dicek dengan rutin, maka anda juga perlu melakukan test drive untuk menguji kerja dari sistem transmisi mobil matik anda. Anda bisa melakukannya dengan cara memindahkan posisi gigi dengan perlahan mulai dari kondisi mobil yang berhenti. Jika terasa agak berat bahkan hingga menghentak, maka terjadi masalah pada sistem transmisi mobil anda.

Nah itu tadi beberapa penyebab mobil matic tidak bisa mundur. Kondisi seperti ini tak bisa hanya dibiarkan begitu saja karena akan mengganggu kenyamanan dan keamanan dalam berkendara. Menggunakan mobil matic memang lebih praktis dan menyenangkan namun tentunya anda harus juga melakukan perawatan intensif agar mobil tetap bisa dikendarai dengan baik. Semoga bermanfaat.

Apa Penyebab Mobil Matic Mogok Secara Tiba-tiba

0
Apa Penyebab Mobil Matic Mogok Secara Tiba-tiba
Apa Penyebab Mobil Matic Mogok Secara Tiba-tiba

Penyebab mobil mati mendadak atau tiba-tiba mogok memang banyak sekali penyebabnya sehingga tiap mobil memiliki kasus yang berbeda, akan tetapi secara umum mobil yang mati mendadak biasanya disebabkan oleh beberapa hal.

Apa Penyebab Mobil Matic Mogok Secara Tiba-tiba

Pada artikel ini akan dibahas hal yang menyebabkan mobil matic mogok secara tiba-tiba. Dibawah ini beberapa penyebabnya.

  1. Gangguan pada sistem pengapian mobil
Gangguan pada sistem pengapian ini biasanya ditandai dengan tidak adanya percikan api pada busi, penyebabnya macam-macam misalnya busi sudah soak (minta diganti), kabel busi putus sampai kerusakan coil.

Biasanya pemilik mobil sudah mengetahui kondisi pengapian mobil misalnya busi terbakar, sudah lama tidak diganti, busi kotor, delco terkena air, kabel bermasalah, sampai coil yang bermasalah.

Gangguan pada sistem pengapian ini biasanya diawali dengan mobil mbrebet atau sering mati ketika bekerja keras.

2. Gangguan pada sistem kelistrikan mobil

Sistem kelistrikan mobil yang terganggu akan menyebabkan tersendatnya arus/ hilangnya arus listrik yang menuju koil untuk membuat bunga api, otomatis jika sistem kelistrikan mobil mati maka sistem pengapian juga mati (tidak ada pembakaran dalam mesin) mobil tidak bisa berjalan.

Sistem kelistrikan pada mobil dimulai dari Accu (aki), kabel, alternator, sampai koil (Tips Periksa dan Rawat Kondisi Aki Sebelum Rusak). Sebenarnya lampu-lampu, wiper, sistem audio dll, juga terhubung dengan sistem kelistrikan mobil, tapi kali ini yang dipentingkan adalah yang berhubungan dengan sistem pengapian mobil.

3. Gangguan sistem pasokan bahan bakar

Tersumbatnya saluran bahan bakar juga bisa menjadi penyebab mobil mati mendadak Jika bensin/ solar tersendat/ terhambat di slang (saluran bahan bakar) maka apa yang terjadi? bensin tidak mengalir ke karburator dan tidak mengalir ke ruang bakar….lalu apa yang mau dibakar. Pastikan saluran bahan bakar tidak ada masalah, yang sering terjadi adalah bensin di tangki BBM sudah habis padahal indikator bensin masih banyak.

4. Temperatur tinggi atau mesin mobil (Overheat)

Faktor Faktor yang menyebabkan terjadinya overheat:

  1. Kipas radiator pendingin mesin rusak, rusaknya kipas radiator ini akan membuat mesin cepat sekali panas karena pendingin tidak berfungsi (cek putaran kipas, berputar atau tidak)
  2. Air radiator habis, nah ini juga sering terjadi dimana pemilik mobil lupa mengecek air radiator dan tidak menjaganya. Air radiator habis/ tinggal sedikit menyebabkan fungsi pendinginan mesin tidak berfungsi
  3. Temperatur mesin mobil tinggi atau (overheat) terjadi karena salah satu komponen pada cooling system tidak bekerja dengan baik, seperti contoh di atas, air radiator habis karena selang radiator pecah dan air radiator terbuang, atau kipas radiator tidak berputar jika menggunakan fan elektrik, belt water pump putus.

Nah itulah beberapa hal yang menyebabkan mobil matic mogok secara tiba-tiba. Semoga bermanfaat.

Penyebab Mobil Matic Bergetar Saat Kecepatan Tinggi

0
Penyebab Mobil Matic Bergetar Saat Kecepatan Tinggi
Penyebab Mobil Matic Bergetar Saat Kecepatan Tinggi

Memiliki kendaraan adalah impian semua orang. Namun bagaimana jika mobil yang anda beli ada masalah. Kenyamanan berkendara anda terganggu. Biasanya kenyamanan yang sering dialami jika anda memacu kendaraan dalam keadaan berkecepatan tinggi adalah mobil anda bergetar.

Penyebab Mobil Matic Bergetar Saat Kecepatan Tinggi

Dibawah ini beberapa hal penyebab mobil matic bergetar saat kecepatan tinggi.

1. Ban

Keausan pada ban juga bisa menjadi pelaku utama jika mobil anda bergetar selalu perhatikan kondisi ban anda jika anda sudah merasa ban anda sudah aus segeralah mengganti dengan ban baru karena selain mobil yang bergetar juga akan membuat ketahanan ban anda berkurang. Sewaktu-waktu bisa membuat ban anda meletus di tengah jalan.

2. Mesin

Mesin juga bisa menjadi penyebab mobil bergetar saat kecepatan tinggi. Komponen mesin mobil lengkap bisa anda ketahui dengan mudah. Coba melakukan pengecekan pada penyuplai bahan bakar atau filter bensin anda. Sistem kelistrikan juga harus di perhatikan akan mengganggu kinerja mesin, Kopling yang habis dan setelan mobil yang kurang tepat akan menggangu performa mesin.

3. Rem

Jika mobil anda mengalami masalah saat berkecepatan tinggi dan disaat melakukan pengereman akan bergetar. Maka sumber masalahnya ada pada rem anda. Perhatikan keadaan cakram rem anda.

Kampas rem dengan kualitas abal-abal juga bisa membuat mobil bergetar. Selalulah membeli semua komponen mobil anda sesuai spesifikasi merek mobil anda. Kebanyakan pabrikan mobil mempunyai spare part tersendiri untuk setiap kendaraan yang dibuatnya.

4. As Roda

As roda yang mengalami kerusakan akan membuat perputaran roda tidak stabil makanya mobil akan mengalami getaran saat berkecepatan tinggi. Kerusakan As roda bukanlah kerusakan umum. Biasanya as roda akan mengalami kerusakan jika mobil anda memiliki riwayat kecelakaan yang berdampak pada as roda.

5. Velg

Velg juga bisa menjadi pemicu bergetarnya mobil saat kecepatan tinggi. Biasanya velg yang bengkok dan mengalami kerusakan dalam bentuk akan membuat mobil anda bergetar. Kerusakan ini akan membuat ban anda tidak bulat sempurna dan menganggu keseimbangan. Velg juga akan mengalami kekurangan daya tahan beban yang semestinya di didapatkan dan membuat velg ban yang baik akan mengalami kelebihan kerja.

6. Piston

Piston juga bisa menjadi pemicu mobil anda bergetar kekurangan tenaga dengan piston akan membuat tenaga gerak mobil anda menjadi turun dan jika dipaksakan akan membuat getaran di mesin dan berimbas ke bodi mobil jika dipacu dengan kecepatan tinggi. Kerusakan piston juga bisa disebabkan karena oli mobil yang tidak rutin diganti karena kotor. Pilihlah jenis oli mobil yang bagus untuk kendaraan anda.

7. Busi

Busi mati bisa membuat mesin menjadi pincang. Biasanya mobil memiliki busi sebanyak empat buah jika salah satu mati sebaiknya diganti semua agar performa mesin anda baik. Jika performa mesin sedang tidak baik maka akan ada gejala ketidaknyamanan jika anda sedang berkendara. paling lazim adalah mesin mobil bergetar.

Selalu perhatikan kondisi komponen diatas agar dapat menghindari getaran mobil saat kecepatan tinggi. Karena hal ini akan mengganggu kenyamanan anda berkendara. Semoga artikel ini bermanfaat ^^

Kenali Tanda Penyebab Mobil Matic Tidak Bisa Distarter

0
Kenali Tanda Penyebab Mobil Matic Tidak Bisa Distarter
Kenali Tanda Penyebab Mobil Matic Tidak Bisa Distarter

Mobil terkadang tidak semudah dinyalakan seperti biasanya. Terutama pada mobil yang berusia tua, mobil terkadang tidak bisa dinyalakan. Hal ini tentu mengganggu kenyamanan ketika akan berkendara.

Kenali Tanda Penyebab Mobil Matic Tidak Bisa Distarter

Ada beberapa hal yang harus anda ketahui apa penyebab mobil tidak bisa di starter :

1. Masalah pada Aki

Sumber tenaga mobil terletak pada aki. Oleh karena itu, ketika ada masalah dengan aki, mobil tidak bisa distarter dan sulit dinyalakan. Saat mobil tidak bisa dinyalakan, hal pertama yang seharusnya anda cek adalah kondisi akinya.

2. Kerusakan pada Dinamo Starter

Penyebab mobil tidak bisa distarter adalah adanya kerusakan pada dinamo. Kerusakan dinamo ini terjadi karena adanya pemakaian yang tidak bisa diterima oleh kondisi mesin, terutama dinamo. Kerusakan ini ditandai dengan mobil biasanya dapat dinyalakan pada pagi hari, namun saat mesin benar-benar panas, maka mobil sudah tidak bisa distarter lagi. Ketika ini terjadi, maka kerusakan disebabkan oleh dinamo starter. Kerusakan ini biasanya terjadi karena ada masalah pada gulungan, bendix, ataupun arang nya habis.

Jika ingin menyalakan mobil dalam kondisi ini, maka kita harus menunggu hingga temperature suhu mobil menjadi dingin, baru bisa dinyalakan kembali. Namun, agar kejadian seperti ini tidak terjadi lagi, segera bawa mobil anda ke bengkel yang terpercaya.

3. Koil Bermasalah

Koil memiliki fungsi untuk menaikkan tegangan listrik ke aki. Jika koil ini panas dan bermasalah, maka dapat berdampak pada mobil yang tidak bisa distarter, karena tegangan listrik yang dihasilkan koil ke aki ini dapat mencapai ribuan volt. Arus listrik ini selanjutnya akan mengalir ke busi dan mengeluarkan pijaran bunga api.

4. Komponen Busi Mengalami Masalah

Biasanya jika busi bermasalah mobil sampai tidak bisa dinyalakan sama sekali. Saat kondisi busi tidak baik, maka mobil hanya dapat dihidupkan jika mesin mobil dingin. Kondisi busi memang sering aus, sehingga harus diganti minimal tiga bulan sekali. Jika mobil digunakan ke luar kota atau dengan jarak tempuh yang jauh, maka pergantian busi ini harus lebih sering lagi.

5. Masalah pada Injektor Bahan Bakar

Injektor atau aliran bahan bakar ini merupakan sebuah sistem di mobil yang merupakan tempat agar bahan bakar tersimpan secara aman. Pada aliran bahan bakar ini juga untuk menyalurkan bahan bakar ke mesin dan agar bahan bakar terkabutkan dan bercampur dengan udara. Jika terdapat masalah pada injektor, maka akan membuat suplai bahan bakar bermasalah dan berdampak pada mesin yang tidak bisa menyala.

6. Kendala pada Kompresi Bahan Bakar

Kompresi bahan bakar biasanya mengalami masalah karema adanya hambatan aliran bahan bakar yang terlalu rendak. Akibatnya, mobil jadi tidak bisa menyala. Agar dapat kembali menyala, maka perlu dibawa ke bengkel agar segera membaik.

Demikian artikel mengenai Penyebab Mobil Matic Tidak Bisa Distarter. Semoga bermanfaat.

Inilah Penyebab Mobil Matic Mundur Di Tanjakan

0
Inilah Penyebab Mobil Matic Mundur Di Tanjakan
Inilah Penyebab Mobil Matic Mundur Di Tanjakan
Mobil matic adalah solusi yang tepat untuk kendaraan di perkotaan yang memang melelahkan untuk menghadapi jalanan yang harus stop and go terus menerus. Tinggal gas dan rem membuat mobil matic pun sekarang semakin di gemari banyak orang.
Tapi ada satu hal yang menjadi image pada mobil matic adalah kurangnya tenaga saat tanjakan. Walaupun tidak semuanya, karena bisa jadi karena kurang sehatnya mesin, skil mengendara dan beban yang di bawa oleh mobil tersebut. Namun ada sebab lain yang tak banyak orang tahu.

Inilah Penyebab Mobil Matic Mundur Di Tanjakan

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab terjadinya masalah ini. Beberapa di antaranya dapat anda tangani sendiri. Namun beberapa hal lainnya memerlukan penanganan profesional, khususnya bengkel mobil terlatih.
Ukuran Ban
Tak dapat dipungkiri, mobil jenis apapun akan mengalami kurang tenaga jika menggunakan ban yang tidak sesuai ukuran. Jika menggunakan ban terlalu kecil, penggunaan bahan bakar akan jauh lebih boros. Sementara itu, jika menggunakan ban yang terlalu besar, tenaga mobil akan berkurang sangat drastis.
Oleh sebab itu, menyesuaikan ukuran ban yang sesuai sangatlah penting. Jika anda tidak tahu ukuran ban mobil yang tepat, silahkan mintakan saran pada bengkel mobil yang tepat.
Spesifikasi dan HP Mesin Mobil
Jika spesifikasi mobil rendah, tidak mengherankan jika mobil matic anda kurang tenaga terutama ketika di tanjakan.
Untuk mengatasi hal ini, anda dapat melakukan beberapa cara. Di antaranya adalah mengganti mesin mobil dengan mesin yang berspesifikasi lebih tinggi, memodifikasi mobil (terutama berat mobil), setting torsi, ataupun melakukan remap pada ECU mobil.
Beban pada Mobil yang Berlebihan
Kapasitas mobil akan meningkatkan berat mobil. Semakin berat mobil, semakin besar konsumsi penggunaan BBM, dan semakin berkurang tenaga mobil. Pada akhirnya, hal inipun menjadi penyebab mesin mobil kekurangan tenaga saat menanjak.
Untuk menyelesaikan masalah ini bisa dengan tidak terlalu mengisi mobil terlalu penuh. Bisa juga dengan mengganti beberapa komponen mobil dengan komponen berbahan yang lebih ringan.
Sistem Penggerak Mobil
Setiap sistem penggerak memiliki fungsi yang berbeda-beda sehingga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.
Ada sistem penggerak mobil matic yang cocok untuk jalan yang menanjak, licin, ataupun berbatu. Penggunaan mobil yang tidak sesuai dengan peruntukan medan akan menyebabkan mobil terasa kurang menanjak.
Kerusakan pada Mesin Mobil
Mesin mobil ketika rusak bagaimanapun akan mengakibatkan mobil kehilangan tenaga. Untuk mengetahui adanya masalah pada mesin, anda dapat melihat gejala yang muncul. Beberapa gejala tersebut seperti mobil mengeluarkan asap berlebihan, mesin cepat panas, mengeluarkan suara berisik, atau tiba-tiba terasa ngempos.

Solusi Mengatasi Mobil Matic Yang Mundur Di Tanjakan

  1. Perkecil Diameter Roda (Velg dan ban mobil)
  2. Modifikasi final geer ratio
  3. Kurangi beban mobil
  4. Pelajari trik mengendarai mobil matic di tanjakan
Demikian artikel mengenai Penyebab Mobil Matic Mundur Di Tanjakan. Semoga bermanfaat.

Inilah Penyebab Mobil Matic Bunyi Secara Mendadak

0
Inilah Penyebab Mobil Matic Bunyi Secara Mendadak
Inilah Penyebab Mobil Matic Bunyi Secara Mendadak
Mobil matic memang memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat karena mudah dan nyaman dikendarai terutama bagi yang masih pemula maupun wanita. Sehingga tak heran jika setiap tahunnya penjualan mobil matic terus meningkat setiap tahunnya. Namun meskipun mudah dan nyaman, sayangnya sistem transmisi matic agak rumit dalam perawatan dan rentan mengalami kerusakan.

Inilah Penyebab Mobil Matic Bunyi Secara Mendadak

Suara yang muncul dari mobil matic ini dapat dikarenakan oleh beragam faktor, diantaranya.
1. Suara Berisik Ketika Kondisi Netral
Suara berisik ini muncul dikarenakan kondisi bearing-bearing yang sudah mengalami keausan, terutama pada bagian input shaft. Jika kondisi ini terjadi pada mobil anda maka segera bawa mobil anda untuk dilakukan pengecekan lebih dalam.
2. Bunyi Gemeretak Ketika Transmisi Dipindahkan
Kondisi pelat kopling yang sudah aus atapun kondisi pelat yang sudah tidak sempurna lagi. Saat pedal ditekan, tetap menempel pada flywheel yang mana menyebabkan gigi transmisi yang sulit dipindah-pindah. Kerusakan ini lah yang menyebabkan munculnya suara kasar atau gemeretak ketika gigi transmisi dipindahkan. Untuk menghindari resiko pedal kopling yang aus, tentunya penting untuk mengetahui cara merawat kopling mobil yang baik. Sehingga kopling mobil lebih awet dan tahan lama dipakai.
3. Bunyi Dari Bak Persneling
Kendala mobil matic ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, faktor pertama disebabkan karena kondisi mobil yang kekurangan minyak pelumas ataupun penggunaan oli yang kurang tepat. Faktor kedua disebabkan karena adanya kerusakan pada komponen yang ada di dalam bak persneling.
Jika bunyi-bunyi tersebur mulai terdengar dari bak persneling ketika dikendarai, maka berhentikan mobil anda pastikan untuk menginjak pedal. Jika bunyi menghilang, maka kerusakan berasal dari bak persneling. Maka selanjutnya periksakan kondisi minyak pelumas yang ada di dalam bak persneling. Jika memang volumenya kurang, maka anda bisa menambahkan oli hingga sampai pada batas maksimum.
4. Bunyi Menderu Dari Bagian Bawah Mobil
Ada 3 hal penyebab yang memungkinkan kondisi ini terjadi pada mobil anda, entah itu kerusakan yang terjadi pada bantalan universal joiny, kelonggaran pada baut sambungan yang ada pada poros penggerak, dan kondisi gerigi poros yang aus. Bunyi yang menderu ini menunjukkan jika terjadinya gangguan dan kerusakan pada komponen di dalam sambungan dalam poros penggerak.
5. Bunyi Menderu Pada Kecepatan Sedang
Penyebab transmisi bunyi ini kemungkinan diakibatkan oleh beberapa hal mulai dari roda-roda gigi differensial yang pasangannya kurang tepat, bantalan rusak, ataupun kekurangan minyak pelumas pada roda gigi differensial. Kondisi mobil seperti ini harus segera diperiksakan dan dilakukan perbaikan.
Demikianlah artikel tentang mobil matic bunyi. Semoga bermanfaat.

Inilah Penyebab Mobil Avanza Matic Tidak Bisa Mundur

0
Inilah Penyebab Mobil Avanza Tidak Bisa Mundur
Inilah Penyebab Mobil Avanza Tidak Bisa Mundur

Mobil matic yang tidak bisa mundur memang menjadi salah satu gejala kerusakan mobil matic yang cukup parah. Jika kondisi ini terjadi pada mobil anda, maka anda tidak bisa asal melepas tangan ketika berkendara.

Inilah Penyebab Mobil Avanza Matic Tidak Bisa Mundur

Biasanya penyebab mobil matic tidak bisa mundur dipicu karena sistem mekanik yang ada pada sistem transmisi memang sedang bermasalah. Berikut ini beberapa penyebab mobil matic tidak bisa mundur, antara lain:

a. Kondisi tuas gigi yang memang sudah rusak. Switch mobil yang sudah rusak biasanya akan terlihat beberapa tanda, seperti mobil yang diam ataupun berada di dalam mode parking.

b. Untuk sistem transmisi matic elektrik, biasanya terjadi kerusakan pada perangkat elektronik tepatnya pada kabel selenoid yang putus ataupun kehilangan stroom. Untuk mengecek kondisi ini, anda bisa mencoba untuk melepas beberapa sensor yang bertujuan agar bisa menciptakan kondisi eror di sistem elektriknya.

c. Untuk sistem transmisi matik yang masih konvesional, biasanya dikarenakan ada kerusakan pada komponen mekanikal transmisi. Biasanya yang sering terjadi adalah rasio gigi mundur atau reverse gear ratio, ataupun return shift nya patah.

Selain itu, anda juga harus melakukan perawatan sistem transmisi mobil matic secara rutin, antara lain adalah:

1. Periksa Dengan Rutin Oli Transmisi

Banyak kerusakan yang terjadi pada sistem transmisi mobil matic disebabkan karena pengguna kendaraan tidak mengganti dan memeriksa dengan rutin kondisi dari oli sistem transmisi. Sehingga anda harus melakukan pengecekan dengan rutin. Waktu yang tepat untuk melakukan pengecekan adalah saat pagi hari sebelum mobil akan digunakan.
Anda bisa menggunakan tongkat indikator untuk bisa melihat apakah oli transmisi masih dalam kondisi yang baik atau tidak. Bila oli sudah berwarna kecoklatan apalagi sudah ada serbuk besi halus, maka menandakan jika ada masalah pada sistem transmisi mobil matik anda.

2. Perhatikan Bila Terjadi Suara-Suara Yang Mengganggu

Cobalah untuk memperhatikan dengan baik bila terjadi suara-suara aneh yang cukup mengganggu di kendaraan anda. Bisa jadi suara-suara ini menjadi tanda atau sinyal jika terjadi masalah pada mobil anda. Awalnya bisa jadi suara-suara tersebut seperti suara mesin pada umumnya, namun lama kelamaan bila anda menyimak dengan teliti maka suara yang keluar berbeda dan akan cukup mengganggu ketika mobil digunakan.

3. Test Drive

Setelah kondisi sistem transmisi dicek dengan rutin, maka anda juga perlu melakukan test drive untuk menguji kerja dari sistem transmisi mobil matik anda. Anda bisa melakukannya dengan cara memindahkan posisi gigi dengan perlahan mulai dari kondisi mobil yang berhenti. Jika terasa agak berat bahkan hingga menghentak, maka terjadi masalah pada sistem transmisi mobil anda.

Nah itu tadi beberapa penyebab mobil Avanza matic tidak bisa mundur. Kondisi seperti ini tak bisa hanya dibiarkan begitu saja karena akan mengganggu kenyamanan dan keamanan dalam berkendara. Semoga Bermanfaat ^^

Inilah Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas Saat Di Jalankan

0
Inilah Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas Saat Di Jalankan
Inilah Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas Saat Di Jalankan

Mesin mobil yang cepat panas atau overheating menunjukkan jika terdapat masalah pasa mesin kendaraan anda. Sehingga perlu diketahui dengan pasti penyebabnya sehingga anda bisa segera melakukan perbaikan pada mesin kendaraan.

Inilah Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas Saat Di Jalankan

Umumnya kondisi seperti ini biasanya terjadi pada mobil yang sudah tua, namun tak menutup kemungkinan ini bisa juga terjadi pada mobil yang masih baru. Sehingga anda tak boleh meremehkannya begitu saja. Nah berikut ini ada beberapa penyebab mesin mobil cepat panas yang perlu anda ketahui.

1. Radiator dan Selang Radiator

Salah satu hal yang menjadi penyebab mesin mobil menjadi cepat panas yaitu pada radiator dan selang radiator yang mengalami kebocoran. Sehingga pastikan jika kondisi radiator dan selang selalu dalam kondisi baik serta tidak mengalami penyumbatan. Jika terjadi kerusakan pada radiator mobil anda ataupun hal lainnya yang menyebabkan mesin menjadi cepat panas maka anda harus segera membawanya ke spesialis radiator agar bisa mengatasi kerusakan yang ada pada radiator dan selang radiator.

2. Penggunaan Cairan Radiator Yang Tidak Tepat

Penyebab lain dari kondisi mesin yang menjadi cepat panas adalah pada penggunaan cairan di dalam radiator yang tidak tepat. Jika anda menggunakan air biasa sebagai cairan pengisi radiator maka tentu saja membuat kondisi di dalam radiator menjadi cepat kotor. Mengapa? Hal ini dikarenakan kandungan yang ada di dalam air biasa menyebabkan banyak logam, mineral ataupun unsur lainnya yang akan menyebabkan kerak di dalam elemen radiator.

3. Sirkulasi Radiator Yang Tidak Lancar

Dikarenakan sirkulasi air yang ada di dalam radiator kurang lancar. Hal ini bisa disebabkan karena penggunaan cairan radiator yang kurang tepat. Sehingga malah membuat adanya karat ataupun kotoran yang menempel di dalam komponen radiator yang akan membuat sirkulasi cairan radiator menjadi kurang lancar.

Sehingga anda perlu melakukan perawatan secra rutin pada kondisi radiator anda. Untuk itu lakukan penggantian cairan radiator ketika telah menempuh 20.000 km. Jika kondisi radiator terlalu parah, maka anda bisa mencoba mengganti kisi-kisi yang ada pada radiator.

4. Kualitas Oli Mobil

Kualitas dari oli mobil yang digunakan akan menjadi penyebab dari mesin mobil yang cepat panas. Oli dengan kualitas yang rendah akan cepat menyebabkan mesin mengalami overheating, bahkan membuat mesin mobil dapat mati mendadak ketika sedang dikendarai. Hal ini dikarenakan oli berkualitas rendah biasnaya tidak terlalu memiliki kemampuan yang tinggi untuk bisa menahan panas yang berlebihan.

Sehingga pentingnya menggunakan oli yang memang berkualitas serta sesuai dengan spesifikasi mobil yang anda miliki agar membuat kinerja mobil menjadi lebih maksimal.

5. Thermostat Yang Rusak

Thermostat merupakan komponen yang berfungsi sebagai pengukur suhu pada mesin kendaraan, dapat dikatakan jika thermostat adalah komponen yang cukup vital pada sistem engine cooling. Sehingga jika kondisi thermostat mengalami kerusakan, maka tentu saja menyebabkan kerja thermostat sebagai pengukur temperatur menjadi tidak tepat. Sehingga lakukan pengecekan secara berkala untuk mengetahui jika kondisi thermostat baik baik saja atau tidak. Jika kondisi thermostat mengalami kerusakan, maka sesegera mungkin untuk membawanya ke bengkel agar tidak memperparah kerusakan yang ada.

6. Kipas Mengalami Trouble

Penyebab lainnya bisa berasal dari kondisi kipas radiator yang mengalami trouble ataupun tidak bekerja pada umumnya. Tentunya kinerja yang tidak maksimal ini membuat sensor switching yang ada tidak akan dapat membaca tindakan yang ada. Misalnya saja jika seharusnya switching bisa menerima sensor agar dapat menyalakan kipas pendingin, namun saat sensor sedang mengalami kerusakan maka membuat kipas pendingin tidak dapat berputar seperti normalnya. Sehingga periksa selalu kondisi dari kipas radiator serta lakukan pengecekan rutin dan bersihkan dari hal-hal yang dapat menganggu kinerja dari kipas semisal kotoran, debu dan lainnya.

Mengatasi Mesin Yang Cepat Panas

  1. Saat terjadi overheat pada mesin kendaraan, maka akan lebih baik jika anda segera memberhentikan mobil anda di pinggir jalan. Kemudian matikan mesin agar mencegah terjadinya kerusakan yang lebih parah lagi. Setelah itu barulah perhatikan jarum temperatur yang ada.
  2. Buka kap mesin agar panas yang ada tidak terperangkap pada mesin kendaraan. Namun anda perlu hati hati saat membukanya, dikarenakan tuas berada di dekat radiator yang dapat membuat anda bisa terkena panas dari radiator.
  3. Jangan sesekali membuka tutup radiator langsung di saat kondisi mesin masih panas. Hal ini akan menyebabkan uap serta air yang bertekanan tinggi terlepas dan menyebabkan luka bakar serius jika mengenai kulit anda.
  4. Setelah mesin mulai dingin, anda bisa mencoba memeriksa tabung cadangan air radiator.
  5. Perhatikan volume cairan radiator, apakah kurang atau tidak. Jika air di dalam radiator kurang maka anda bisa mengisinya hingga pada posisi garis atas. Kekurangan cairan pada radiator dapat membahayakan mesin kendaraan.
  6. Jika radiator mengalami kerusakan, maka mungkin saja terjadi kebocoran di dalam sistem pendingin mobil. Jika anda memahami mesin, maka anda bisa mencoba untuk memeriksa radiator apakah terjadi kebocoran atau tidak.
    Namun jika anda kurang paham, akan lebih baik untuk segera membawa kendaraan ke bengkel terdekat.

Nah itu tadi beberapa penyebab mesin mobil cepat panas yang dapat anda ketahui. Kondisi mesin yang menjadi cepat panas tentu bukanlah hal yang tidak bisa dibiarkan begitu saja. Semoga Bermanfaat ^^

Inilah Penyebab Aki Mobil Tekor Yang Harus Diketahui

0
Inilah Penyebab Aki Mobil Tekor Yang Harus Diketahui
Inilah Penyebab Aki Mobil Tekor

Mobil sangat memerlukan aki agar bisa menyala dan berjalan. Selain itu, lampu dan beberapa komponen listrik lainnya juga membutuhkan aki agar bisa menyala. Tentu ini berpengaruh ke kenyamanan berkendara. Sehingga menjadikan aki sebagai bagian yang sangat penting dan vital dalam mobil. Aki yang sudah lemah atau sudah tidak bagus bisa mengakibatkan mobil tidak bisa distarter dan bagian lainnya tidak bisa menyala.

Inilah Penyebab Aki Mobil Tekor Yang Harus Diketahui

Berikut beberapa penyebab aki tekor pada mobil dan solusi atau pencegahannya.

Kelalaian Penggunaan

Penyebab aki tekor pada mobil pertama adalah kelalaian pengguna. Meninggalkan komponen listrik menyala bisa membuat aki cepat habis apalagi dibiarkan dalam jangka waktu yang lama. Biasanya kondisi semacam ini terjadi ketika pengemudi terburu-buru. Pencegahannya yaitu pastikan semua komponen mobil yang terhubung ke listrik sudah mati sebelum anda tinggal dalam waktu yang lama. Biasanya jika dibiarkan maka power audio mobil cepat panas.

Konslet Pada Aki

Konslet adalah mengalirnya arus listrik dari kutub positif ke kutub negatif tanpa melewati hambatan. Jika tidak ada hambatan, maka arus listrik akan mengalir dalam jumlah yang tidak terkontrol. Arus yang tidak terkontrol semacam ini bisa mengakibatkan kebakaran. Dan peluang terjadinya kebakaran semakin besar jika arus listrik lebih besar daripada luas penampang kabel. Untuk pencegahan konslet, sebaiknya ada sekring pengaman dan melakukan perawatan.

Lama Tidak Dipakai

Mungkin anda heran padahal tidak pernah dipakai tapi malah habis sendiri. Fenomena ini dikenal dengan nama self discharge. Self discharge adalah reaksi kimia yang terjadi di dalam aki mengurangi persediaan listrik meskipun tidak terhubung dengan elektroda. Sebenarnya fenomena kimiawi ini tidak hanya terjadi di aki tapi juga terjadi di baterai. Laju pengurangan berbeda sesuai dengan komponen atau unsur kimia penyusunnya. Pencegahannya yaitu panasi mobil sekali dalam beberapa hari.

Umur Aki yang Sudah Tua

Penyebab aki tekor pada mobil keempat adalah umur aki anda yang sudah tua. Solusinya tentu isi ulang atau ganti aki. Umur aki bervariasi. Tergantung jenis aki dan bagaimana cara perawatan aki. Dengan asumsi pemakaian normal, umur aki kurang lebih satu hingga dua tahun. Biasanya dealer mobil yang resmi memberi garansi aki selama dua tahun. Tapi jika anda mengetahui tips dan trik perawatan aki yang benar, maka umur aki bisa tiga hingga empat tahun. Dengan begitu anda bisa mencegah pemborosan aki.

Terlalu Banyak Memakai Listrik

Penyebab aki tekor terakhir adalah terlalu banyak penggunaan listrik. Perawatan yang buruk dan pemakaian yang boros bisa mengakibatkan berkurangnya umur aki. Sebaiknya kurangi pemakaian alat-alat yang membutuhkan banyak listrik. Dengan kata lain alat-alat yang bersifat sekunder. Seperti lampu dan klakson aksesoris. Selain itu juga pemasangan perangkat video dan audio. Jika memang anda ingin menambah beberapa aksesoris sekunder ini, maka tambahlah daya kapasitas aki. Tapi tetap perhatikan sebelum menambah kapasitas aki. Jangan terlalu jauh dari titik maksimal kapasitas aki.

Demikian beberapa penyebab aki tekor pada mobil beserta solusi atau pencegahannya. Semoga Bermanfaat ^^

Recent Posts