Mayoritas pengguna kendaraan mobil Timor mengeluhkan perihal konsumsi bahan bakar yang cukup boros, padahal pada umumnya penggunaan bbm untuk mesin dengan kapasitas 1500 cc dengan system fuel electrical injeksi seharusnya bisa menggunakan bbm sekitar 1:13 untuk dalam kota dan untuk luar kota bisa 1:18, sedangkan untuk mesin berjenis karburator bisa mencapai 1:11 ( dalam kota ), 1:17 ( luar kota ).

Cara Membuat Irit Mobil BBM Mobil Timor

Ada beberapa cara mengatasi mobil Timor boros bbm.

1. Setting Ulang

Mobil Timor termasuk mobil tua. Menurut wikipedia, masa produksinya di mulai sejak 1995 sampai 2005. Entah sudah berapa ratusan ribu kilometer yang sudah dilalui. Semakin banyak kilometer yang dilalui, maka semakin boroslah mobil tersebut.
Untuk mengembalikan performa mobil Timor ke performa tinggi yaitu dengan mensetting beberapa komponen penting yang menentukan performa mobil. Settinng ini juga harus tepat agar komposisinya juga tepat. Untuk mobil Timor DOCH yang rumit di tiap sensornya. Sedangkan untuk Timor SOHC yang rumit ada di bagian karburator karena SOHC sudah semi elektrik.

2. Mesin Oli kental

Semakin kental olinya maka semakin tinggi pula nilai SAE. Penggunaan keketalan oli ini bergantung pada berapa lama usia mobil. Mobil yang sudah lebih 15 tahun sebaiknya menggunakan oli yang kental.
Kalau mobil tua dipaksa menggunakan oli encer, maka mesinnya akan kasar. Karena peluang terjadinya gesekan antar mesin akan lebih besar. Sehingga tarikannya pun kasar.

3. Perawatan Mobil Rutin

Perawatan rutin sangatlah perlu untuk menjaga mobil tetap irit bensin. Terutama mobil tua seperti Timor. Pastikan udara bersih dari debu. Jangan bersihkan kerak di ruang pembakaran karena kerak melindungi volume ruang bakar.

Demikianlah artikel Cara Membuat Irit Mobil BBM Mobil Timor. Intinya adalah perawatan yang berkala dan intensif. Semoga bermanfaat ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here