Pentingnya mencegah dan Cara mengatasi Ban Bocor pada Mobil dapat membantu pengendara agar lebih berhati hati dan lebih aman dalam berkendara.

Pada kesempatan kali ini, akan dibahas bagaimana cara mencegah dan mengatasi Ban Bocor pada Mobil ?

Terkadang Pengendara mobil saat berkendara tidak mengecek ban mobilnya bocor  sehingga mengganggu pengendara untuk sampai ketujuannya, atas hal tersebut sebelum berkendara sebaiknya mengecek terlebih dahulu ban mobilnya.

            Mencegah Ban Bocor pada Mobil

Ban mobil sangat penting untuk menunjang berkendara oleh karena itu jangan sampai ban mobil bocor,  Cara Mencegah Ban Bocor pada mobil antara lain :

            Cek Ukuran Angin Ban

Sebelum berpergian untuk menaiki kendaraan mobil, jangan lupa untuk cek angin kendaraan dan apabila ban kempes atau kurang angin dipaksakan dinaiki maka akibatnya ban bisa melipat bentuk garis dan akan menyebabkan bocor.

            Gunakan Cairan Anti Bocor

Jika menggunakan cairan anti bocor akan membantu untuk berkendara, adapun dengan adanya Cairan Anti Bocor maka jika paku tertusuk Paku secara otomatis akan menutup lubang yang kena paku.

Pada bagian diatas sudah diberikan cara mencegah Ban Bocor pada Mobil, kemudian nanti akan dibahas cara  Mengatasi Ban Bocor pada Mobil. Hal ini sangat penting jika sudah terlanjur Ban Bocor dijalan atau saat berkendara.

 

            Mengatasi Ban Bocor pada Mobil

Ban Mobil yang sudah Bocor sering kali menjadi suatu keresahan pada Pengendara hal tersebut dapat memperlambat perjalan pengendara sampai tujuan. Oleh karena itu, Bagaimana Cara mengatasari Ban Bocor pada Mobil :

            Ambilah peralatan yang dibutuhkan beserta ban cadangannya

Sambungan tangkai pemutar dongkrak di bawah jok tengah. Dongkrak ditempatkan khusus, untuk menghindari kemungkinan terlempar pada saat terjadi kecelakaan.

Putar persambungan dongkrak dengan tangan. Untuk melepaskan: putar berlawanan dengan arah jarum jam.

Untuk menyimpan : putar persambungan dongkrak pada arah 2 sampai dongkrak terikat dengan aman untuk untuk mencegahnya terlempar ke depan pada saat terjadi tabrakan atau pengereman mendadak.

Untuk melepaskan ban cadangan : masukkan ujung sambungan handle dongkrak ke dalam sekrup penurun ban dan putarlah berlawanan putaran jarum jam.

Hal ini merupakan prosedur awal cara mengatasi ban bocor pada mobil.

          Melepas Ornamen Roda

Cara Mengatasi Ban Bocor pada Mobil berikutnya yaitu Ungkit dengan menggunakan ujung yang pipih pada alat pembuka ornamen (ujung yang berlawanan dengan kunci roda). Jangan mencoba menarik ornamen dengan tangan, karena dapat mengakibatkan luka pada diri anda.

 

            Lepas Mur Roda dan Ganti Ban

Cara Mengatasi Ban Bocor pada mobil yang terpenting yaitu melepas mur roda dan ganti ban. Angkat ban yang kempes lurus ke atas dan tariklah menyamping. Gelindingkan roda cadangan ke posisinya dan tepatkan lubang pada roda dengan baut-baut roda.

Angkat roda dan masukkan sekurang-kurangnya baut yang paling atas terlebih dahulu. Gerakkan roda dan tekan terhadap baut yang lainnya.

            Pasang kembali Mur dan kencangkan mur

Pasang kembali mur roda (bagian yang tirus menghadap ke dalam) dan kencangkanlah semuanya sekuat tangan anda. Dorong roda ke dalam dan kencangkan kembali mur-mur tersebut.

          Pasang Kembali Dop (ornamen) roda

Cara Mengatasi Ban Bocor pada Mobil yang terkahir yaitu, Pasang ornamen roda pada posisinya dan pukullah sedikit dengan sisi atau tumit tangan anda, agar masuk pada tempatnya.

Pada artikel ini tentang cara mencegah dan  mengatasi Ban Bocor pada Mobil  dapat disimpulkan bahwa dengan mencegah lebih awal akan mempermudah pengendara untuk sampai tujuan tetapi jika ban sudah bocor jangan panik telebih dahulu melainkan gunakan cara diatas untuk memperbaiki ban bocor pada mobil. Semoga Artikel ini bermanfaat untuk pembaca dan pengendara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here