Cara mengatasi pedal kopling, bagi anda yang memiliki kendaraan terutama kendaraan mobil, pasti anda pernah mengalami masalah kopling pada mobil anda. Terutama pada bagian pedal kopling mobil anda yang tiba – tiba keras dan berat. Hal ini sangat sering di alami oleh pengguna mobil yang bertansmisi manual. Apabila hal ini terjadi pasti anda merasa tidak nyaman, belum lagi jika anda terjebak dengan kemacetan. Anda bisa merasakan kaki pegal karena harus sering memainkan pedal kopling mobil anda yang keras. Selain anda merasakan pegal pada kaki anda maka bahaya yang lain nya juga akan timbul seperti hal nya anda tidak fokus atau konsentrasi anda menurun saat mengemudi mobil.

Konsentrasi adalah hal yang paling utama saat berkendara karena jika anda kurang konsentrasi bisa terjadi hal – hal yang tidak di inginkan. Tentu hal – hal yang seperti ini adalah hal yang sangat dan wajib di hindari. Sehingga jika anda mengalami pedal kopling maka di sini akan dijelaskan cara mengatasi pedal kopling dengan mudah seperti berikut ini.

Di lihat dari pengalaman jika kopling mobil anda mengalami berat dan keras, ternyata belum tentu kampas kopling mobil anda itu habis atau sudah tipis. Tetapi masih banyak faktor lain yang bisa menyebabkan pedal kopling anda mengalami masalah sehingga kopling anda terasa keras dan berat saat di injak di bagian pedal kopling nya. Memang benar jika di lakukan pengukuran terhadap tekanan pada pedal kopling bisa menunjukkan angka 16 kgf dan kopling mobil anda memang sudah terasa berat akan tetapi jika plat kopling sudah turun, kondisi kampas kopling mobil masih memiliki ukuran yang tebal dan jika di lihat dari riwayat memang masih memiliki jarak beberapa ribu kilometer setelah melakukan penggantian plat kopling.

Cara Mengatasi Pedal Kopling

Dengan adanya masalah – masalah yang sering terjadi pada kopling mobil yang dialami oleh beberapa kendara yaitu dengan kopling mobil yang dirasa berat jika digunakan untuk berkendara. Maka anda juga harus mengetahui bagaimana cara mengatasi masalah seperti ini yang sering terjadi pada kendaraan mobil anda.

Plat Kopling Tipis
Untuk plat kopling mobil yang sudah mulai tips maka anda juga bisa menggantinya dengan yang baru, selain plat kopling yang membuat pedal kopling menjadi keras maka kampas kopling atau clutch yang juga sudah mulai menipis maka harus di ganti dengan yang baru juga. Jika anda mengabaikan hal ini maka akan berakibat yang fatal juga. Plat kopling atau kampas kopling yang sudah mulai menipis bisa juga anda ganti langsung dengan cover cluth yang sudah satu paket dengan release bearing. Kenapa anda harus mengganti ini karena hal ini memiliki tujuan tersendiri yaitu agar tidak akan terjadi turun atau naiknya kopling mobil anda dalam waktu yang cepat.

Misal nya saja ketika kopling mobil anda sudah mengalami slip, maka plat kopling mobil anda akan di ganti akan tetapi dengan release bearing dan cober clutch tidak perlu diganti maka tak jauh jaraknya releasi bearing mobil anda juga akan rusak dan selanjutnya mobil anda kopling nya akan turun seperti semula. Jika anda bisa maka hal ini juga akan menjadi lebih baik kalau saat kopling mobil anda menurun maka langsung saja anda mengganti seal crankshaft yang di bagian belakang. Tujuan pergantian ini juga sama dengan yang lain nya, agar kopling mobil anda tidak turun terutama jika oli mobil anda rembas yang berasal dari crankshaft bagian belakang.

Karena kalau untuk mengganti seal crankshaft bagian belakang maka mobil anda juga harus turun kopling. Dengan mengetahui letak seal as mesin mobil anda ini berada di balik roda maka akan ada kesulitan untuk menggantinya.

Untuk mengatasi kopling mobil yang selanjutnya yaitu dengan mengetahui penyebab yang terjadi pada release bearing mobil anda. Apabila anda sebagai pemilik mobil baru yang masih awam dengan masalah – masalah yang sering terjadi pada kendaraan mobil baru anda. Kopling bisa bermasalah walaupun mobil anda masih terhitung baru. Hal yang sering terjadi yaitu kopling mobil baru anda terasa berat, hal ini bisa di sebabkan karena adanya grease yang keras dari beberapa bantalan yang luncur release baring pada mobil baru anda.

Terutama jika anda sering melakukan seperti hal berikut ini yaitu meletakkan kaki anda di pedal kopling mobil anda sehingga akan memepercepat kehausan mobil anda dari matahari kopling mobil anda dan ada serbuk besi yang timbul dari akibat keasuan matahari ini sehingga akan menempel pada bantalan release bearing mobil yang anda gunakan. Dan jika hal ini terjadi maka anda bisa langsung mengatasinya, bagaimana cara mengatasi hal ini maka anda langsung , saja menyemprotkan ke mobil anda dengan cairan anti karat. Penyemprotan dilakukan tetapi jangan berlebihan, penyemprotan pada bantalan lucur dengan tidak menurunkan kopling tetapi bisa melalui karet boot yang ada di fork kopling.

Melakukan penyemprotan tidak bisa dilakukan dengan sendiri, tetapi anda bisa meminta bantuan kepada orang lain. Orang lain tersebut bisa membantu anda untuk menekan pedal kopling mobil anda secara berulang – ulang. Hal ini dilakukan agar kotoran yang ada di dalam nya yang menyebabkan menghambat pergerakan kopling bisa di release bearing agar hilang.Sehingga kopling mobil anda yang tadi nya terasa berat akan berubah menjadi ringan.

Penyebab Kopling Mobil Berat
Anda juga harus mengetahui apa saja yang membuat kopling anda menjadi berat saat anda gunakan untuk berkendara. Terutama jika anda ingin menginjak kopling dan kopling berasa keras, itu yang akan membuat anda tidak nyaman dalam berkendara. Maka di bawah ini ada beberapa penyebab kopling mobil anda menjadi berat dan keras :

Plat kopling yang mulai menipis
Greasing atau pelumas yang kehausan

Greasing yang sudah mengering dan juga serbuk keausan maka plat kopling juga akan mengalami keausan per matahari yang juga ikut menempel pada duduk luncur release bearing dan dalam waktu yang lama juga akan mengikis dudukan tersebut sehingga bisa mengakibatkan tipisnya permukaan dan permukaan juga tidak akan rata sehingga membuat releasing bearing akan bergerak seperti mendorong difragma pada kopling mobil anda dengan posisi miring dan kopling akan mengeras jika di paksa.

Diagnosa Kolpling Berat

1. Plat Kopling Menipis

Apabila plat kopling mobil anda sudah mulai menipis, dan menipisnya karena keausan maka bentuk dari difragma spring mobil anda atau pegas matahari akan terlihat cembung dan mengarah keluar. Kenapa diafragma bisa mengembung ke arah luar maka akan mengakibatkan tenaga yang akan di keluarkan nanti akan digunakan untuk mendorong diafragma juga lebih banya jadi jika pedal kopling di ijak akan terasa berat.

2. Greasing Mengeras

Apabila greasing mobil anda atau pelumas yang berada di dudukan release bearing mobil anda mulai mengeras dan juga di tambah adanya serbuk keausa n pada plat kopling mobil anda yang menempel di bantalan luncur releasing bearing terjadi maka akan menghambat pergerakan pada mobil anda, yaitu menghambat release bearing dan hal ini akan menyebabkan kopling mobil anda akan menjadi keras. Pedal kopling yang keras akan terasa saat anda akan memulai menginjak pedal kopling.

Harga Komponen Kopling

Jika anda ingin mengganti spare part mobil anda yang sudah mengalami turun kopling maka anda bisa menyiapkan budget terlebih dahulu. Dibawah ini adalah kisaran budget yang harus anda siapkan, karena setiap toko akan memiliki harga yang berbeda – beda juga.

Harga plat kopling mobil yang kurang lebih sekitar Rp. 500.000
Harga Cover Clutch mobil yang harga nya sekitar Rp. 500.000
Releasi mobil sekitar Rp. 200.000
Harga Seal Crankshaft belakang sekitar Rp. 250.000
Perlu di ingat bahwa harga di atas adalah harga perkiraan agar anda bisa menyiapkan budget untuk mengganti komponen yang berada di dalam mobil anda. Dengan adanya harga kisaran juga akan membantu anda untuk menabung dan menggantinya tepat waktu sebelum mobil anda mengalami kerusakan.

Berikut adalah cara mengatasi pedal kopling dan juga apa penyebab pedal kopling rusak sehingga anda bisa lebih waspada dalam kesehatan mobil anda. Karena jika masalah di biarkan maka mobil anda akan semakin banyak juga mengalami masalahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here