Di tengah perkembangan teknologi yang cepat begini, masih ada orang yang memiliki Panther tua. Salah satu alasannya karena Isuzu Panther tua lebih murah dari yang baru. Isuzu Panther jenis baru yang bermesin 2499 cc dan bertenaga 78 hp. Fitur keamanan dilengkapi oleh kantong udara pengemudi dan power steering. Dengan mesin dan fitur seperti itu wajar saja jika harganya berkisar antara Rp 260.000.000 hingga Rp 290.000.000.

Selain itu, bodinya tidak beda jauh dengan Isuzu Panther tua. Karena dua alasan itulah cukup banyak orang yang lebih memilih Isuzu Panther tua. Sebelum membeli Isuzu Panther tua, anda perlu tahu kelebihan dan kekurangan mobil panther dan membeli mobil bekas bermesin diesel.

Namanya mobil tua, tentu kita harus memberikan perawatan dan perhatian khusus. Karena kondisi mesinnya juga sudah tua dan rapuh. Cara merawat mobil panther tua yang salah berpotensi mengakibatkan pembengkakan biaya. Biasanya, kerusakan Isuzu Panther terjadi di bearing roda, shockbreaker yang bocor, leaf spring dan saluran oli yang bocor. Agar keamanan dan kenyamanan berkendara anda terjaga, cara merawat mobil panther tua yang baik perlu diterapkan. Berikut cara merawat mobil panther tua.

Periksa Mesin dan Panasi Mesin
Cara merawat mobil panther tua pertama adalah pengecekan mesin. Periksa semua komponen mesinnya. Contohnya tali kipas pendingin. Apakah sudah kendor atau masih rapi. Kalau sudah kendor sebaiknya segera diganti. Kondisi mesin mobil yang baik tidak akan terdengar bunyi-bunyi aneh ketika mesin menyala. Misal terdengar suara ketukan ketika menyala, maka bawalah ke bengkel untuk disetel ulang.

Sebelum digunakan, alangkah lebih baik jika Isuzu Panther anda dipanasi terlebih dahulu. Untuk Isuzu Panther yang jarang dipakai, anda kira-kira butuh lima hingga sepuluh menit untuk memanasi mobil. Ketika mobil dipanasi, maka oli akan melumasi semua komponen di mesin mobil. Manfaatnya untuk mencegah keausan pada mobil. Maka efek jangka panjangnya diharapkan umur mesin mobil lebih lama. Selain untuk menjaga kesehatan mesin, manfaat lain memanasi mobil juga untuk mempertahankan performa aki.

Periksa Kondisi Oli
Cara merawat mobil panther kedua adalah selalu periksa kondisi olinya. Periksalah oli mobil Isuzu Panther sekali atau dua kali tiap bulan. Caranya cabut stik oli dan lihatlah. Jika di bawah normal, maka isilah secukupnya. Jika ingin mengganti oli, anda perlu tahu cara ganti oli mobil. Tapi ketika kondisi oli lebih sering di bawah normal waktu anda periksa, berarti ada masalah dalam mesinnya.

Kemungkinan kerusakan ada di piston, liner atau ring piston. Kompresi mesin Isuzu Panther cukup tinggi yang sering kali mengakibatkan kerusakan pada piston, liner dan juga ring piston. Nah, efeknya akan membuat oli mesin lebih cepat berkurang karena ikut terbakar waktu proses pembakaran.

Jangan lupa periksa juga apakah terjadi kebocoran. Jika tidak terjadi kebocoran, minimal anda memahami kapan harus mengganti oli. Ada beberapa bagian yang patut anda periksa. Mulai dari rembesen oli di bagian ujung kanan depan mobil, untuk tipe RWD coba periksa rembesan di tengah radiator, rembesan di bagian oli transmisi, dekat seal gardan dan gardan itu sendiri, bagian roda gigi setir dan rembesan pada ujung knalpot.

Pemeriksaan Filter
Cara merawat mobil panther ketiga adalah pemeriksaan filter. Ada tiga filter yang perlu anda periksa. Yaitu filter bahan bakar, filter udara dan filter oli. Tiga filter ini penting dan mempengaruhi performa mobil. Filter bahan bakar yang kotor bisa mengakibatkan borosnya bahan bakar, mesin nyendat dan suaranya kasar serta tarikan mesin yang kurang. Filter oli yang rusak mengakibatkan terganggunya sirkulasi oli dan mesin terkontaminasi oleh kotoran-kotoran yang tidak bisa disaring oli.

Filter bahan bakar yang rusak akan mengakibatkan mesin mobil yang susah hidup, mesin mobil yang tersendat dan tiba-tiba mati, kekuatan mesin hilang dan tercium bau menyengat. Pastikan tiga filter ini tidak rusak dan tidak tersumbat. Anda perlu tahu cara membersihkan filter bahan bakar.

Periksa Kaki-kaki
Cara merawat mobil panther tua adalah memeriksa kaki-kaki mobil. Kerusakan yang umum diderita oleh Isuzu Panther terjadi di kaki-kaki mobil. Contohnya seperti bearing, bushing, shockbreaker, master rem, master kopling, kebocoran power steering. Jika melihat ada yang rusak, maka segera perbaiki. Jika tidak mampu memperbaiki sendiri lebih baik segera bawa ke bengkel. Anda perlu lebih mengenal komponen kaki-kaki mobil, kerusakan kaki-kaki mobil dan cara merawat kaki-kaki mobil.

Periksa Baut Mobil
Cara merawat mobil panther tua terakhir adalah pemeriksaan pada baut mobil. Periksa tiap dua bulan sekali. Mobil diesel seperti Isuzu Panther sering terjadi getaran di seluruh bagian mobil. Getaran ini mengakibatkan longgarnya baut-baut mobil. Memang tidak langsung, tapi jika dibiarkan efeknya bisa mengganggu kenyamanan dan keamanan berkendara. Selain karena baut, ada beberapa penyebab mobil bergetar saat kecepatan rendah dan penyebab mobil bergetar saat kecepatan tinggi.

Demikian perawatan mobil panther tua. Ada lima poin yang harus diperiksa secara berkala. Semoga dengan informasi ini, mobil Isuzu Panther tua anda awet dan performanya tetap bagus. Pada dasarnya, panther menggunakan diesel dan anda perlu tahu perawatan mesin diesel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here