Banyak pemilik mobil yang biasanya gemar mengganti dan memodifikasi komponen-komponen pada mobil dengan beragam tujuan. Ada yang ingin membuat tampilan mobil semakin keren dan menarik, meningkatkan kenyamanan, dan ada pula yang ingin meningkatkan peforma kendaraan agar semakin maksimal. Salah satu komponen pada mobil yang sering diganti atau dimodifikasi adalah knalpot mobil. Banyak orang yang mengganti knalpot dari bawaan mobil dengan knalpot-knalpot modifikasi.

Cara Memilih Knalpot dengan Benar

Tujuan dari penggantian knalpot ini memiliki standar yang berbeda-beda. Entah itu untuk mengejar penampilan, menghasilkan suara mobil yang lebih gagah, atau agar tarikan mesin bisa lebih terasa. Namun mengganti knalpot mobil anda tentunya ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Berikut ini beberapa tips memilih knalpot mobil agar dapat sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda.

1. Perhatikan Saluran Gas Buang Knalpot Mobil

Jika anda akan mengganti knalpot bawaan pada mobil dengan knalpot modifikasi agar dapat meningkat peforma mesin mobil. Maka perhatikan struktur saluran gas buang pada mobil anda. Ada beberapa komponen yang mesti anda perhatikan, mulai dari stuktur header pada gas buang, muffler, dan resonator

2. Memilih Header Knalpot Racing

Tips memilih knalpot mobil lainnya adalah dengan memiliki header knalpot racing. Jika memang anda menginkan agar mesin lebih garang, pastikan step yang satu ini jangan sampai terlewatkan. Ketika memilih header knalpot, pastikan anda sudah mengetahui konsekuensi yang akan terjadi dari model header yang akan digunakan. Biasanya model header bisa mempengaruhi peforma mobil, seperti pada tarikan bawah maupun atas. Bahkan hingga keduanya. Tak jarang pemilihan header knalpot racing yang tidak tepat juga bisa menjadi penyebab tarikan mobil terasa berat saat dikendarai.

3. Mengganti Pipa Knalpot

Jangan lupa untuk mengganti pipa knalpot jika anda memang menginginkan peforma mobil yang lebih baik lagi. Penggantian saluran gas buang ini adalah yang paling penting sehingga anda perlu menggantinya dengan komponen yang berkualitas baik. Misalnya saja anda memilih pipa knalpot dengan bentuk lekukan serta bulat sempurna. Pastikan jika tidak terdapat kelebihan material yang menonjol pada bagian di dalam knalpot mobil. Hal ini penting agar tidak menghambat gas buang yang akan keluar dari dalam mesin. Jika sampai terhambat, nantinnya akan menyebabkan munculnya permasalahan baru pada saluran gas buang anda.

4. Variasi Model Knalpot

Banyak pemilik mobil yang berusaha memodifikasi knalpot mobil agar bisa mendapatkan suara mesin yang lebih garang serta modelnya yang gagah. Cara merubah suara knalpot mobil bisa anda lakukan dengan hanya mengganti bagian mulut knalpot (muffler) nya saja. Saat memilih model muffler knalpot, pastikan jika sesuai dengan bentuk mobil dan karakter dari suara yang ingin anda hasilkan. Semakin besar ukuran mulut knalpot mobil, maka akan menghasilkan karakter hasil suara knalpot yang lebih rendah.

Selain tips-tips diatas, penting pula untuk memilih material knalpot mobil yang lebih awer, tahan lama, serta tidak mudah berkarat. Bahan knalpot yang baik biasanya berbahan dasar stainless steel yang memang terkenal tahan lama dan ringan digunakan. Memodifikasi knalpot mobil merupakan hal yang sah-sah saja dilakukan asalkan anda sesuai dengan mobil anda. Sehingga nantinya tidak terjadi masalah saat mobil dikendarai. Mengingat saluran gas buang adalah komponen yang cukup penting dalam sebuah mobil. Nah itu tadi tip memilih knalpot mobil yang dapat anda lakukan. Semoga bermanfaat untuk anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here