Girboks bisa dibilang sebagai nyawa dan syaraf dari mobil. Kerusakan sistem gearbox bisa membuat mobil tidak bisa berjalan. Karena itu, memeriksa penyebab kerusakan gearbox transmisi otomatis merupakan salah satu cara pengemudi untuk memeriksa merawat mobil.

Faktor Penyebab Gearbox Mobil Matic Rusak

Beberapa hal yang menyebabkan gerbox pada mobil matic rusak yang harus anda ketahui.

1. Tidak rutin memeriksa oli matic

Perawatan mobil dimulai dari perawatan oli dan cairan yang ada pada mobil. Jika terus menerus tidak melakukan pemeriksaan secara berkala, bisa saja oli transmisi matic berkurang. Tentu saja, akan menyebabkan kerusakan yang lebih parah jika kemampuan oli untuk melumasi dan mendinginkan sistem transmisi berkurang.

2. Membawa beban yang terlalu berat

Mengangkut beban melebihi batas yang ditentukan akan memaksa sistem transmisi mobil Anda bekerja ekstra. Ketika mobil membawa beban terlalu berat, sistem mobil akan bekerja lebih berat dibandingkan biasanya. Hal ini bisa membuatnya cepat panas dan mudah aus kemudian dapat merusak sistem transmisi Anda secara prematur.

3. Mengemudi ugal-ugalan

Bukan hanya akan membahayakan Anda dan pengemudi lain di sekitar Anda, tapi banyak efek buruk yang terjadi ketika Anda mengemudi secara ugal-ugalan. Hal ini akan membuat mesin bekerja sangat keras, memaksa dan menguras kinerja mesin secara terus menerus bisa membuat sistem transmisi rusak bahkan juga bisa merusak mesin mobil Anda secara keseluruhan.

4. Terus menginjak pedal gas ketika mobil terjebak dipasir atau kubangan

Sebenarnya, memutar roda dengan gigi maju atau mundur dengan cepat menciptakan panas yang luar biasa, sehingga transmisi Anda menjadi terlalu panas dalam hitungan menit. Anda cenderung merusak cengkeraman dan penahan yang mempercepat oksidasi. Karena mobil dengan transisi otomatis tidka memiliki pergantian transmisi sebagaimana mobil manual, mobil matic lebih mudah mengalami kerusakan ketika pedal gas ditekan terus-menerus.

5. Melakukan perpindahan dari D ke N tanpa menghentikan mobil

Banyak pengemudi akan meletakkan shifter mereka ke D (Drive) sebelum berhenti secara tiba-tiba dan sebaliknya. Kebiasaan buruk ini pada akhirnya menyebabkan gigi di dalam transmisi pecah. Jika ini terjadi, transmisi Anda rusak. Banyak dari kita melakukan ini secara tidak sadar atau terburu-buru, jadi lain kali Anda kembali keluar dari jalan masuk rumah Anda, pastikan Anda berhenti setelah mundur sebelum kembali pada posisi ke D (Drive).

Demikian artikel tentang penyebab gearbox mobil matic rusak. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here