Ada banyak faktor yang menyebabkan mobil anda boros BBM. nah, kali ini kami akan membahas faktor penyebab mobil boros BBM.

Berikut ini beberapa faktor penyebab mobil boros BBM :

  1. Saringan udara sudah kotor

Jika saluran udara sudah kotor maka aliran udara akan menjadi tersumbat sehingga kebutuhan udara didalam ruang bakar menjadi berkurang, campuran atau komposisi antara bahan bakar akan lebih banyak ketimbang udara yang dibutuhkan ( komposisi gemuk ) sehingga mesin menjadi berat tarikannya. Efek dari tarikan mesin yang berat ini adalah anda akan menginjak pedal gas lebih dalam lagi dan inilah kenapa mesin menjadi boros bahan bakar.

  1. Kompresi mesin bocor

Ring piston adalah suatu komponen yang berupa lingkaran / ring yang terpasang pada bagian tepi dari piston yang berfungsi agar oli tidak bocor kedalam ruang bakar, dan jika ring piston ini mengalami keausan maka kompresi menjadi tidak maksimal dan juga tenaga yang dihasilkan dari ledakan pembakaran tidak tersalurkan ke crangshaf dengan sempurna. Nah bila sudah diketahui ring piston nya bermasalah maka mau tidak mau anda harus menggantinya dengan cara turun setengah mesin. Selain ring piston, klep intake dan exaust yang sudah tidak presisi ( terdapat rongga ) juga bisa membuat kompresi mesin menjadi bocor. Nah biasanya ketika melakukan perbaikan ring piston satu paket dengan melakukan skir klep / grinding klep yang bertujuan untuk mengikis tepian dari klep klep tadi agar presisi kembali pada dudukan klep (shitting).

  1. Busi sudah tidak bagus

Busi yang kondisinya sudah tidak bagus biasanya percikan bunga api yang dihasilkan tidak terpusat pada satu titik melainkan menyebar sehingga kondisi ini mempengaruhi kesempurnaan dari proses pembakaran. Bila proses pembakaran saja tidak sempurna tentu saja selain membuat tarikan mobil menjadi loyo juga bisa membuat mobil kalian menjadi boros bahan bakarnya. Busi berkaitan dengan sistem kelistrikan yang mengatur kapan busi memantik dan kapan tidak, kesalahan sistem kelistrikan juga bisa berdampak pada borosnya bahan bakar.

4. Penggunaan aksesoris kelistrikan dan AC

Biasanya mobil yang menggunakan banyak sekali lampu variasi, audio variasi tanpa didukung oleh perangkat sistem converter selain membuat aki cepat sowak juga bisa membuat mobil menjadi boros bahan bakar.

5. Penggunaan velg dan ban tidak standar

Memang benar melakukan hal tersebut bisa menambah penampilan mobil menjadi lebih wah, namun melakukan perubahan seperti itu juga bisa membuat konsumsi bahan bakar menjadi boros.

 

Solusi untuk mengatasi mobil boros BBM yang pertama adalah dengan menggunakan Piggyback pro. Piggyback pro ini merupakan suatu aplikasi yang dapat membantu memaksimalkan konsumsi bahan bakar, caranya dengan memodifikasi ECU dan aki mobil. Cara ini diketahui dapat membuat konsumsi BBM pada mobil jadi lebih irit dan efisien. Selain itu, Piggyback Pro ini juga bisa membantu meningkatkan akselerasi mobil, tenaga mobil, kecepatan mobil dan torsi mobil.

Selanjutnya yaitu dengan melakukan tune up. Tune up ini adalah salah satu perawatan pada mobil yang harus dilakukan secara berkala. Dengan melakukan tune up masalah mobil boros BBM dapat diatasi. Tidak hanya itu, cara ini juga dapat membantu mengatasi masalah pada performa mobil yang mulai menurun, tenaga mobil yang ndut-ndutan serta mobil yang tenaganya sudah mulai berkurang.

Solusi untuk mengatasi mobil boros BBM yang terakhir adalah dengan menggunakan alat penghemat BBM. Dengan menggunakan alat penghemat BBM ini dapat membantu menghemat konsumsi BBM, sehingga penggunaannya menjadi lebih efisien. Saat ini banyak tersedia alat-alat tersebut di pasaran.

 

Nah, itu adalah sedikit penjelasan tentang faktor penyebab mobil boros BBM serta solusinya.Sekian penjelasan dari kami, semoga artikel ini dapat membantu anda. Jika anda memiliki kritik, saran serta pertanyaan silahkan tulis dikolom komentar. Terimakasih telah mengunjungi website kami.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here