Penyebab mobil bergetar bisa diakibatkan oleh beberapa faktor seperti yang paling banyak terjadi karena kebiasaan penggunaan mobil dengan cara kasar dan tidak baik. Kebiasaan buruk seperti itu bisa menyebabkan beberapa bagian komponen dari mobil cepat kendur dan bahkan menyebabkan getaran yang tidak nyaman.

Faktor Penyebab Mobil Matic Getar Secara Mendadak

Dibawah ini beberapa hal yang menyebabkan mobil bergetar.

1. Permasalahan Pada Bagian Engine Mount

Engine mount ialah bagian penting yang mempunyai peran aktif dalam hal menahan berat dari mesin itu sendiri. Apabila ditemukan terjadi masalah pada bagian engine mount, secara langsung akan berpengaruh pada mesin, dan seringkali tidak sedikit kasus menyebabkan terjadi getaran pada mesin mobil anda.

2. Permasalahan Pada Bagian Busi

Busi memang bagian yang terkenal rentan terjadi masalah. Seperti halnya kondisi fisik yang tidak baik misalnya saja kotor, itu saja sudah bisa membuatnya menjadi tidak baik dalam menjalankan fungsi utamanya. Apalagi kalau busi sampai mati, bagian mesin akan merasa pincang dan peformanya bisa secara cepat mengalami penurunan.
Efek yang paling sering terjadi dari kerusakan busi adalah adanya getaran – getaran yang tentunya membuat pengendara menjadi tidak nyaman.

3. Permasalahan Pada Bagian Piston

Jika bagian piston mengalami penurunan kemampuan karena adanya masalah seperti kurangnya tenaga, biasanya peforma dari mesin mobil akan secara perlahan akan ikut mengalami penurunan terhadap tenaga yang dihasilkan.
Permasalahan ini terjadi karena adanya kebiasaan untuk memacu kendaraan anda pada posisi kecepatan yang sangat tinggi.

4. Permasalahan Pada Bagian Shockbreaker

Bagian ini juga tidak kalah penting peranannya dalam hal menjaga kenyamanan saat berkendara. Anda sudah pasti tau bahwa peranan paling penting dari bagian shockbreaker adalah mempertahankan mobil untuk tidak bergetar pada jalanan yang tidak rata seperti halnya rusak parah, berbatu, dan terjal.
Sudah bisa dipastikan jika shockbreaker anda dalam kondisi tidak sehat akan menimbulkan banyak getaran yang membuat anda frustasi karena suara yang dihasilkan begitu mengganggu saat berkendara.

5. Permasalahan Pada Bagian Velg

Bagian Velg bisa dikatakan sebagai tumpuan utama yang menahan beban dari keseluruhan body serta komponen – komponen penting dari mobil itu sendiri. Kondisi velg yang tidak baik, tentu saja akan sangat mempengaruhi dan berakibat fatal pada rusaknya komponen lainnya.
Seringnya berkendara pada kondisi kecepatan yang terlalu tinggi bisa memicu bengkoknya bagian velg. Jika sudah begitu, getaran – getaran akan mulai timbul karena keseimbangan dari velg menjadi sulit untuk dipertahankan.

Demikian artikel kali ini tentang penyebab mobil matic bergetar. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here