Sebagai pemilik mobil tentu anda akan mengenali kondisi mobil anda. Apalagi jika anda sering mengendarai mobil. Baik jarak jauh maupun dekat. Ketika mengendarai, jika terjadi masalah atau keanehan pada mobil, tentu anda akan merasakannya.

Faktor Penyebab Mobil Matic Tidak Bisa Di Gas

Berikut ini beberapa penyebab mobil matic tidak bisa digas.
1. Masalah Pada Electric Injector
Electric injector yang bermasalah bisa membuat gas mobil kosong. Fungsi electric injector adalah untuk mengalirkan pasokan bahan bakar ke mesin mobil. Cara kerjanya seperti katup yang membuka dan menutup dalam momen yang pas. Katup ini bernama solenoid cut off. Buka tutup aliran bahan bakar mulai dari tangki hingga pompa injeksi. Kalau electric injector rusak, aliran bahan bakar tidak sempurna sehingga pasokannya kurang.
2. Mobil Overheat
Masalah overheat pada mobil pada umunya disebabkan karena radiatornya yang rusak sehingga dampaknya mengganggu sistem pendinginan. Ketika mesin bekerja, kondisi mesin mobil memanas dan memuai. Pemuaian inilah yang membuat logam-logam saling bergesekan. Pencegahan overheat pada prinsipnya menjaga suhu mobil agar tetap stabil.
3. Busi Kurang Bersih
Sebab mobil tidak mau digas ketiga bisa karena busi kurang bersih. Bersama dengan koil, busi termasuk dalam sistem pembakaran. Busi yang kotor mempengaruhi performa sistem pembakaran. Biasanya kotor karena kerak. Kerak-kerak ini menghalangi sistem pembakaran sehingga hasilnya jadi tidak maksimal. Pencegahannya tentu mengecek kebersihan busi secara rutin.
4. Filter Udara Kurang Bersih
Filter udara kurang bersih menjadi penyebab gas mobil kosong keempat. Mobil butuh asupan udara agar mobil bisa berjalan. Oksigen di udara berguna untuk mendukung proses pembakaran. Asupan udara ini tentu melewati filter udara dulu untuk disaring dari kotoran dan debu yang terbawa oleh udara. Namun, jika filter udara terlalu kotor sampai udara yang masuk di bawah optimal, maka tidak heran jika mobil anda kosong. Pencegahannya yaitu mengecek kondisi kebersihan filter udara secara rutin. Segera bersihkan jika kotor. Jika sudah rusak, maka belilah filter udara yang baru.
Demikian artikel tentang penyebab mobil matic tidak mau digas. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here