Salah satu masalah yang kerap muncul pada mobil matic adalah masalah mobil yang tidak bisa dibawa mundur. Hal ini akan sangat merepotkan, terutama ketika hendak memarkirkan mobil.
Faktor Penyebab Mobil Matic Tidak Bisa Mundur
Pada umumnya, mobil yang tidak bisa jalan ke belakang disebabkan karena sistem mekanik yang ada pada sistem transmisi sedang bermasalah. Dibawah ini beberapa hal yang menyebabkan mobil tidak bisa mundur :
1. Tuas Gigi yang Rusak
Tanda bahwa kerusakan terjadi pada tuas gigi / switch mobil adalah adanya tanda mobil berada dalam mode parking, padahal mobil sedang berjalan di jalan raya.
2. Masalah pada Kabel Selenoid
Mobil bertransmisi matic elektrik akan menggunakan kabel selenoid untuk menghubungkan perintah yang anda minta dengan berbagai perangkat elektronik pada mobil. Masalah pada kabel ini tidak hanya menyebabkan kendaraan tidak dapat bergerak mundur, namun juga masalah-masalah lainnya.
Anda dapat mengecek kabel mana yang bermasalah dengan cara mencabut beberapa kabel. Ini untuk melihat sensor mana yang akan bermasalah pada mobil ketika kabel tersebut dicabut.
3. Reverse Gear Ratio atau Return Shift Patah
Jika mobil matic anda adalah tipe mobil lama bertipe konvensional, masalah tidak bisa mundur dapat terjadi karena reverse gear ratio ataupun return shift yang mengalami kerusakan. Umumnya mengalami patah.

SOLUSI

Jika masalah mobil matic yang tidak bisa mundur terjadi pada kendaraan kesayangan anda, solusi terbaik adalah dengan membawa mobil tersebut ke bengkel untuk dilakukan pengecheckan dan tindakan lebih lanjut.
Namun jika anda ingin mencoba memperbaikinya sendiri, anda dapat mencoba dengan cara:

1. Mengecheck penyebab munculnya masalah ini dan komponen apa saja yang rusak

2. Mengganti komponen yang bermasalah dengan yang baru

3. Sangat tidak disarankan untuk mencoba memperbaiki komponen yang sudah rusak. Lebih baik mengganti dengan yang baru agar masalah serupa tidak terjadi kembali.

Itulah beberapa penyebab dan cara memperbaiki masalah mobil matic yang tidak bisa mundur. Namun jika masalah belum juga teratas, ada baiknya anda segera membawa mobil anda ke bengkel yang terpercaya. Semoga Bermanfaat ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here