Faktor utama yang menyebabkan boros bbm adalah kondisi mesin anda,dan dibawah inilah faktor penyebab mobil anda boros,dan cara menanganinya.

Penyebab mobil boros bbm.

  1. Saringan udara sudah kotor

Salah satu komponen yang paling vital yang ada didalam kendaraan adalah saringan udara atau air filter, sebab saringan udara ini berfungsi sebagai penyaring udara yang nantinya akan masuk kedalam ruang bakar dari debu dan juga benda asing lain selain udara.

2.    Kompresi mesin bocor

Ring piston adalah suatu komponen yang berupa lingkaran / ring yang terpasang pada bagian tepi dari piston yang berfungsi agar oli tidak bocor kedalam ruang bakar, dan jika ring piston ini mengalami keausan maka kompresi menjadi tidak maksimal dan juga tenaga yang dihasilkan dari ledakan pembakaran tidak tersalurkan ke crangshaf dengan sempurna ( tekanan ngowos ). Nah bila sudah diketahui ring piston nya bermasalah maka mau tidak mau anda harus menggantinya dengan cara turun setengah mesin.

3.    Busi sudah tidak bagus

busi yang kondisinya sudah tidak bagus biasanya percikan bunga api yang dihasilkan tidak terpusat pada satu titik melainkan menyebar sehingga kondisi ini mempengaruhi kesempurnaan dari proses pembakaran. Bila proses pembakaran saja tidak sempurna tentu saja selain membuat tarikan mobil menjadi loyo juga bisa membuat mobil kalian menjadi boros bahan bakarnya. Busi berkaitan dengan sistem kelistrikan yang mengatur kapan busi memantik dan kapan tidak, kesalahan sistem kelistrikan juga bisa berdampak pada borosnya bahan bakar.

4.    Penggunaan aksesoris kelistrikan dan AC

Terlebih jika menggunakan AC dalam mode full, maka beban mesin akan menjadi lebih berat dalam memutar poros poros kompresor AC sehingga diperlukan extra bahan bakar untuk mampu menggerakkan poros tersebut dan hasilnya adalah konsumsi bahan bakar menjadi boros.

Itu dia yang menyebabkan mobil anda bisa boros bbm,berikut ini ada cara mengatasinya.

Solusi supaya mobil anda tidak boros bbm.

  1. Selalu Cek Mesin Kendaraan, Pastikan Kondisinya Selalu Prima
  2. Hindari Pengereman Mendadak dan Akselerasi yang terlalu Berlebihan
  3. Jaga RPM Mesin
  4. Pastikan Ban Memiliki Cukup Udara
  5. Pilih Bahan Bakar yang Berkualitas
  6. Jangan Nyalakan AC jika tidak Dibutuhkan
  7. Melakukan Pengereman dengan Engine Break
  8. Mengoperasikan Gigi Transmisi dengan Tepat
  9. Matikan Mesin saat Memungkinkan
  10. Kurangi Berat yang Harus Ditanggung Mobil

Itu dia faktor penyebab dan cara menangani mobil anda yang boros,semoga bermanfaat bagi kita semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here