Salah satu komponen yang ada di sistem pengapian pada mobil adalah busi. Secara umum, fungsi busi pada mobil berguna untuk menyalakan mesin mobil. Hampir semua kendaraan bermotor, seperti sepeda motor dan mobil, membutuhkan busi.

Busi adalah komponen yang sangat vital karena jika busi anda rusak atau bermasalah, mobil dan sepeda motor tidak akan bisa dinyalakan. Bisa dibayangkan, jika anda akan berangkat ke kantor, mobil malah tidak mau menyala gara-gara busi mobilnya bermasalah. Mungkin anda segera marah dan menyebut semua nama hewan di kebun binatang. Karena itulah anda wajib merawat busi mobil secara rutin agar mobil tidak terganggu dan selalu bisa menyala ketika dibutuhkan. Gunakan amplas untuk menghilangkan beberapa kerak hitam yang menempel di busi. Kerusakan pada busi bisa menjadi penyebab mobil susah distarter.

Umumnya, banyak orang sudah memahami manfaat busi tapi tidak dengan caranya bekerja. Di sistem pembakaran, busi memercikkan bunga api kemudian membakar campuran bahan bakar yang telah dikompres dan udara. Koil pengapian membangkitkan arus listrik bertegangan tinggi dan mengalirkannya ke distributor hingga ke busi. Ketika di busi, terjadi lomptan arus listrik dari elektroda tengah ke negatif. Lompatan itu menghasilkan bunga api yang membakar campuran bahan bakar dan udara.

Selain menghasilkan bunga api, masih ada beberapa lagi fungsi busi pada mobil. Berikut dibahas beberapa fungsi busi pada mobil.

Menstabilkan Mesin
Busi yang bagus dan tidak bermasalah berpengaruh ke kestabilan mesin mobil. Entah secara langsung atau tidak. Kadang kala, busi yang sudah waktunya ganti bisa membuat mesin mobil agak terganggu. Bisa juga mesin malah tidak bisa dinyalakan. Lebih baik anda segera membawa mobil ke bengkel.

Cadangan Listrik
Manfaat busi pada mobil bisa sebagai cadangan listrik pengganti aki. Biasanya, sumber listrik berasal dari aki. Tapi aki memiliki umur tersendiri. Tentu dari waktu ke waktu performa dan keandalan aki semakin berkurang. Ketika aki sudah tidak bisa diandalkan lagi, anda masih memiliki busi.

Busi berpotensi sebagai penghasil listrik. Karena ada elektroda yang terhubung ke koil pembakaran dan ini mampu menghasilkan listrik. Meski kemampuannya tidak sekuat aki. Tapi janagan terus-terusan mengandalkan pada busi. Sama seperti aki, lama-lama umur busi juga akan berkurang. Lebih baik segera lakukan penggantian aki ketika dirasa aki sudah soak. Harga aki mulai dari Rp 600.000 hingga Rp 1.500.000. Anda perlu tahu tanda aki kering mobil soak dan tips memilih aki mobil.

Pembakar Bensin
Tujuan busi adalah untuk membakar bensin. Dari pembakaran itu maka mesin mobil dapat menyala. Masalahnya, jika businya buruk takutnya malah mobil tidak menyala. Atau bisa juga menyala tapi malah jalannya agak tersendat. Seperti sebelumnya, lebih baik bawa mobil anda ke bengkel untuk diperbaiki businya.

Penghasil Listrik
Biasanya manfaat busi pada mobil yang satu ini bisa dilihat ketika menguji busi. Ketika ada percikan busi waktu didekatkan logam berarti busi masih layak dipakai. Tentu waktu mesin dihidupkan. Percikan barusan terjadi karena temperatur. Karena temperatur inilah percikan listrik terbentuk. Dengan listrik yang dihasilkan busi, mobil bisa menyala dan dijalankan. Anda perlu tahu cara mengatasi mobil brebet.

Menyalakan Mesin
Fungsi busi pada mobil yang paling umum adalah untuk menyalakan mobil. Sudah dijalankan sebelumnya di poin ketiga dan keempat bagaimana kombinasi listrik dan bahan bakar mampu menyalakan mobil. Salah satu penyebab performa mobil yang tidak maksimal kemungkinan ada di businya. Bersihkan businya agar kerusakannya tidak menular ke bagian yang lain. Biasanya kalau busi bermasalah maka akibatnya mobil seperti tersendat. Jika anda memiliki mobil Toyota Avanza, maka anda perlu tahu penyebab mobil avanza nyendat. Juga penyebab starter mobil lemah dan mobil tersendat saat di gas. Di dalam busi ada platina dan anda perlu tahu cara menyetel platina mobil.

Anda sekarang sudah memahami proses dan pentingnya fungsi busi pada mobil terutama pada sistem pengapian. Umumnya, busi diganti setiap 20.000 kilometer. Jangan paksa busi yang sudah habis umurnya untuk bekerja. Memaksa busi yang sudah usang bisa berakibat seperti mesin pincang, mati sendiri, tidak bertenaga, terjadi pembakaran tidak sempurna dan mesin sulit menyala. Anda perlu tahu tanda busi mobil harus ganti. Jika anda ada waktu, maka sebaiknya bawa ke bengkel untuk dilakukan penggantian sekalian beli yang baru.

Harga busi baru bervariasi. Harga busi biasa kira-kira tidak sampai Rp 40.000. Kalau busi iridium memang mahal. Harga minimalnya mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 350.000. Karena busi iridium memiliki banyak kelebihan dibandingkan besi biasa. Banyak keunggulannya mulai respon gasnya cepat, tegangan listriknya rendah sehingga kemungkinan berhasilnya tinggi, busi iridium lebih tahan panas, pembakarannya efisien dan konsisten, busi iridium lebih awet sepuluh kali lipat daripada busi biasa, bahan elektrodanya lebih kecil dari busi biasa, lebih irit bahan bakar tapi tetap tergantung gaya mengemudi, berpotensi menaikkan tenaga mesin hingga tiga persen dan kualitas emisi gas buang yang ramah lingkungan.

Demikian informasi tentang proses kerja dan manfaat busi pada mobil. Diharapkan setelah membaca artikel ini, anda memahami pentingnya busi pada mobil. Juga mampu merawat busi mobil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here