Kenyamanan dan keamanan berkendara merupakan salah satu prioritas utama untuk pengendara dan terutama untuk pengemudi mobil. Salah satu aspek yang mempengaruhi kenyaman dan kemanan berkendara adalah kondisi roda.

Kondisi roda bisa berubah ketika mobil harus melalui kondisi jalan yang kurang baik seperti jalan berlubang, polisi tidur dan segala hal yang berpengaruh ke roda mobil.

Perlahan tapi pasti, jalanan yang jelek itu mampu mengubah tingkat presisi roda mobil. Karena peruban presisi pada roda mobil inilah anda harus segera melakukan balancing pada roda mobil. Berikut akan dibahas mulai dari sebab roda mobil tidak seimbang, tanda dan fungsi balancing pada mobil.

Sebelum masuk ke pembahasan fungsi balancing pada mobil, ada baiknya kita mengetahui penyebab roda mobil tidak seimbang. Biasanya penyebabnya karena sering melewati jalanan yang rusak atau tidak rata. Efeknya memang tidak langsung. Perlahan tapi pasti, jalanan yang rusak itu mampu mengubah keseimbangan roda mobil.

Ada tanda dan rasa tertentu ketika anda perlu untuk diseimbangkan. Mobil yang tiba-tiba berbelok sendiri atau berjalan miring meski anda berkonsentrasi penuh untuk membuatnya melaju lurus. Tenang, ini bukan ulah hantu, tapi karena mobil anda tidak seimbang.

Tanda yang lain seperti ketika posisi parkir tapi rodanya terlihat miring, kondisi roda yang tidak lagi sejajar, setir yang sering bergetar ketika menyentuh titik kecepatan tertentu, setir yang tidak mau dibelokkan dan kondisi ban yang sudah aus. Secara umum, roda yang miring atau tidak sejajar menunjukkan bahwa roda perlu dibawa ke bengkel untuk dibalance. Biasanya orang-orang juga sekalian melakukan spooring.

Fungsi Balancing pada Mobil

Sebaiknya anda melakakukan balancing di bengkel saja. Harganya berkisar dari Rp 100.000 hingga Rp 250.000. Karena terlalu rumit untuk dikerjakan sendiri dan membutuhkan alat-alat khusus yang jauh lebih mahal daripada biaya servis. Contohnya alat bernama penyeimbang roda yang harganya berkisar dua puluh juta. Berikut dibahas fungsi balancing pada mobil. Ada juga alat bernama width measuring gauge.

Meminimasi Biaya Perbaikan Mobil

Fungsi balancing pada mobil yang pertama, secara jangka panjang, bisa meminimasi biaya perbaikan mobil. Bagian mobil yang sudah aus atau tidak rata permukaannya dan jika tetap dipaksa untuk bekerja akan mengakibatkan pengurangan umur lebih cepat. Biasanya jalan yang tidak rata memang perlahan merusak keseimbangan roda.

Salah satu efek dari tidak seimbangnya roda bisa berpengaruh ke komponen suspensi mobil. Bicara masalah yang menimpa sistem suspensi, anda perlu tahu penyebab roda depan bunyi, bunyi geluduk di ban belakang dan penyebab kaki-kaki mobil bunyi kletek-kletek. Istilahnya mirip komplikasi jika kita meminjam istilah dari dunia medis atau kedokteran. Yang maknanya berarti penyebaran dari suatu penyakit. Dalam kasus ini, dunia otomotif tidak jauh beda dengan dunia medis.

Semakin Nyaman dan Aman Ketika Berkendara

Seperti yang dibahas di awal artikel, kenyamanan dan keamanan berkendara menjadi prioritas dalam berkendara. Akan tidak enak jika setir bergetar atau terasa berat ketika mengemudi karena akan mengacaukan kenyamanan berkendara anda. Akan menakutkan jika tiba-tiba setir mobil berbelok sendiri beberapa derajat padahal seharusnya arah mobil lurus ke depan.

Cukup banyak masalah yang timbul karena setir yang bermasalah dan kadang bergetar ketika berada di titik kecepatan tertentu atau melewati jalan rusak. Setir yang seperti ini juga mengganggu kenyamanan berkendara. Keamanan berkendara juga sangat penting karena nyawa dan kesehatan yang menjadi taruhannya.

Karena itulah salah satu fungsi balancing pada mobil meningkatkan rasa nyaman dan rasa aman ketika anda menyetir. Anda juga harus mengetahui penyebab setir mobil tidak stabil, penyebab mobil bergetar saat kecepatan tinggi, penyebab mobil bergetar saat kecepatan rendah dan setir mobil bergetar saat jalan rusak.

Bisa Menghemat Bahan Bakar

Beberapa sistem mobil yang bekerja tidak atau kurang dari standardnya, berpotensi membuat bahan bakar lebih boros. Ini terjadi karena mesin kendaraan harus bekerja lebih keras. Karena bekerja lebih keras, maka membutuhkan pasokan bahan bakar tambahan. Di kasus ini, kondisi roda juga mempengaruhi penggunaan bahan bakar. Roda yang seimbang bisa menghemat bahan bakar.

Umur Roda Lebih Tahan Lama

Fungsi balancing pada mobil ketiga bisa membuat umur roda mobil anda lebih tahan lama. Seperti yang dibahas sebelumnya, memaksa roda mobil yang usang atau bermasalah untuk bekerja merupakan ide yang sangat buruk. Sama saja seperti memaksa orang lansia atau orang sakit untuk bekerja. Bukannya malah sembuh, justru semakin mempercepat hari kematiannya.

Harga roda juga tidak murah. Tentu lebih baik anda segera melakukan balancing daripada harus mengeluarkan biaya lebih untuk membeli roda baru. Lagi pula, harga balancing juga lebih murah daripada membeli roda baru. Rutin-rutinlah untuk menyeimbangkan kondisi roda mobil.

Demikian informasi tentang fungsi balancing pada mobil. Lebih baik anda selalu menjaga keseimbangan roda agar biaya perbaikan mobil menurun, lebih aman dan nyaman dalam berkendara, menghembat bahan bakar dan memperpanjang umur roda agar lebih awet. Cukup banyak masalah seperti penyebab roda depan mobil bunyi saat belok dan penyebab mobil bergoyang pada umumnya disebabkan karena ada masalah dengan velg dan roda mobil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here