Sama seperti sistem kemudi dan sistem indikator, fungsi tombol pada dashboard mobil berada di jangkauan pengemudi. Tentu agar pengemudi lebih mudah mengendalikan atau mengatur kondisi mobil. Tapi untuk pengemudi mobil yang pemula yang tidak terbiasa menyetir mobil belum tentu memahami fungsi tombol pada dashboad mobil.

Anda perlu tahu cara merawat dashboard mobil dan cara membersihkan dashboard mobil yang kusam. Berikut akan dibahas letak dan fungsi tombol pada dashboard mobil agar anda yang tergolong pengemudi pemula bisa menggunakannya.

Tombol Klakson

Tomblon klakson merupakan salah satu fungsi tombol pada dashboard mobil yang mudah dipahami. Jika anda menekan tombol klakson, maka mobil akan mengeluarkan bunyi yang biasa anda dengar di jalanan. Tapi anda juga memodif suaranya. Gunakan tombol ini agar orang yang berada di depan anda menyingkir atau untuk menyapa teman yang kebetulan bertemu di jalan. Anda perlu tahu cara menjaga performa klakson mobil. Jika klakson tidak terdengar, anda perlu tahu penyebab klakson mobil tidak menyala.

Tombol Audio

Tombol audio merupakan salah satu fungsi tombol pada dashboard mobil. Mobil keluaran terbaru biasanya juga melengkapi setir dengan tombol audio. Mulai dari volume, pengubah channel radio, memainkan lagu sebelum dan sesudahnya, menghentikan lagu dan lain-lain. Dengan adanya fungsi ini anda tidak perlu susah-susah mejangkau perangkat audio yang berada di bagian tengah mobil. Ketika audio mulai panas, power audio mobil cepat panas. Anda bisa mengatur audio sambil tetap konsentrasi menyetir. tips memilih audio mobil perlu dipertimbangkan jika anda ingin membeli audio baru. Atau mungkin hanya perlu modifikasi audio mobil.

Tuas Wiper

Wiper berguna untuk menyapu air hujan di kaca yang menghalangi pandangan anda ketika menyetir. Letak tuas wiper berada di belakang setir. Bersama dengan tuas lampu. Baik terletak di depan maupun belakang mobil. Kalau wiper mobil anda rusak dan sedang turun hujan deras, bisa dibayangkan bahayanya. Ada dua pilihan untuk anda agar aman, yaitu menghentikan perjalanan atau mengemudi pelan-pelan. Rawatlah wiper dengan cara merawat wiper mobil dan cara memperbaiki wiper mobil.

Untuk menjaga wiper tetap tahan lama, maka angkatlah wiper ketika cuaca sedang terik dan terkena sinar matahari. Sinar matahari berpotensi mengakibatkan karet wiper mengeras. Kalau wiper mengeras, maka wiper bisa menggores kaca. Jika sudah terlanjur tergores, anda perlu tahu cara menghilangkan baret kaca mobil.

Tuas Lampu

Dengan bantuan tuas lampu, anda bisa mengaktifkan lampu-lampu yang membantu perjalanan anda. Tuas lampu berada di belakang lingkar setir. Bersama dengan tuas wiper. Anda bisa menyalakan lampu utama dan lampu sore. Selain itu juga bisa mengaktifkan lampu sein sebelum berbelok ke kanan atau kiri.

Paddle Shift

Fungsi paddle shift adalah membuat mobil transmisi otomatis jadi manual. Sekarang, teknologi otomotif yang semakin berkembang sudah menambahkan paddle shift. Biasanya mobil keluaran terbaru dilengkapi teknologi ini. Contohnya seperti Mazda, Pajero Sport, Innova, Sienta, Jazz dan beberapa mobil lain. Paddle shift ini berguna agar pengemudi bisa memindahkan gigi secara manual.

Mobil yang dilengkapi paddle shift cenderung memiliki tingkat torsi dan percepatan yang tinggi. Perancangannya juga ergonomis. Jika mobil anda masih tergolong mobil baru tapi tidak ada paddle shiftnya, mungkin bisa ditambahkan dengan cara berkonsultasi dengan mekanik mobil.

Tuas paddle shift berada di belakang setir. Caranya kita mengoperasikan dua posisi paddle shift. Ada dua posisi yaitu transmisi S atau sport dan transmisi D atau drive. Waktu tuas berada di posisi S, pengemudi bisa mengoperasikan mobil dengan gaya transmisi manual. Waktu tuas berada di posisi D, operasi mobil menjadi semi manual dan dimana langsung menjadi otomatis ketika mesin mendeteksi pergantian gigi tapi pengemudi tidak perlu menekan tuas.

Paddle shift ada dua jenis yaitu paddle shift yang tidak mengikuti gerak kemudi (biasa disebut statis) dan paddle shift yang mengikuti pergerakan kemudi. Contoh pabrik yang menciptakan paddle shift adalah Mitsubishi. Sementara Honda menggunakan paddle shift yang mengikuti gerakan kemudi.

Tombol Cruise Control

Sama seperti paddle shift, cruise control ini termasuk fitur yang biasa muncul di mobil baru. Bisa disebut autocruise atau speed control. Cruise control berguna untuk menstabilkan laju mesin tanpa perlu menginjak pedal gas. Cruise control ini berguna untuk mencegah agar kaki-kaki anda tidak terlalu lelah atau kaku gara-gara terus menginjak pedal gas tanpa henti. Dengan fungsi ini, anda bisa mengistirahatkan kaki dan hanya perlu berkonsentrasi pada kemudi. Teknologi ini membuat anda lebih nyaman dan santai. Tapi anda harus tetap berkonsentrasi pada jalan.

Cara mengaktifkan cruise control cukup mudah. Pertama, paculah mobil pada kecepatan yang anda inginkan. Misal 40 km/jam. Setelah kecepatan mobil menyentuh 40 km/jam, tekan tombol cruise control. Secara otomatis, kecepatan mobil akan selalu pada titik 40 km/jam. Anda bisa mengistirahatkan kaki anda. Hanya perlu konsentrasi pada kemudi.

Biasanya kecepatan minimal untuk cruise control adalah 40 km/jam. Cruise control tidak akan bisa diaktifkan jika kecepatan mobil berada di bawah 40 km/jam. Fitur ini berguna untuk melalui jalan tol dan tidak bisa digunakan di jalan biasa karena risiko menabrak. Kecuali mobil anda sudah dilengkapi dengan sensor laser yang mampu mencegah tabrakan dengan cara mendeteksi kendaraan lain yang berada di depan anda. Ketika jarak sudah dekat, maka secara otomatis mobil akan berhenti. Ketika masih jauh, maka mobil masih mempertahankan kecepatanya.

Demikian informasi tentang fungsi tombol pada dashboard mobil. Semoga bermanfaat terutama untuk anda yang pemula.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here