Bila anda membaca beberapa buku, majalah, siaran TV dan referensi tentang otomotif dan teknologinya, mungkin anda familiar atau minimal pernah mendengar tentang turbocharger. Biasanya turbocharger ini terdapat di kendaraan bermesin diesel. Seperti truk atau beberapa varian mobil. Komponen bernama turbocharger ini memberikan fungsi turbo pada mobil diesel. Maksudnya adalah memberikan tambahan tenaga pada truk atau mobil diesel. Tanpa turbocharger, truk atau mobil diesel ini tidak akan punya power yang kuat.

Dengan turbocharger, mesin diesel mendapatkan energi tambahan dengan cara memberikan sistem induksi tenaga di pembakaran internal mesin. Di masa awal turbocharger, biasanya diletakkan di mobil balap. Seiring perkembangan jaman, kini sudah banyak truk dan mobil diesel biasa menggunakan turbocharger. Artikel ini akan menjelaskan hal-hal, proses dan fungsi turbo pada mobil diesel. Para pemilik mobil diesel juga perlu tahu perawatan mobil kijang diesel dan perawatan mesin diesel.

Definisi Turbocharger
Turbocharger adalah komponen yang berfungsi untuk meningkatkan pasokan udara ke dalam mesin mobil ketika langkah hisap. Dengan begitu, tenaga mesin bisa lebih besar. Sudah cukup lama mesin diesel menggunakan turbocharger. Seiring perkembangan teknologi, turbocharger semakin berkembang canggih pula. Contohnya ada label VNT (variable nozzle turbocharger), VGT (variable geometry turbocharger) dan VCDI (variable geometric common rail direct injector). Bentuk turbocharger mirip seperti rumah keong. Dipasang di ujung saluran exhaust.

Macam Turbocharger
Ada tiga macam turbocharger yang beredar di dunia ini yaitu supercharger, turbocharger dan electrich turbo. Akan kita bahas satu per satu mulai dari supercharger. Bentuk supercharger tidak begitu jauh beda dengan turbocharger. Penggerak turbinnya menggunakan pulley mesin. Suhu udara intakenya lebih rendah dari turbocharger. Untuk turbocharger penggera turbinnya menggunakan gas buang. Suhunya memang lebih tinggi dari supercharger tapi kemampuan untuk memompanya lebih tinggi. Terakhir, electric turbo kelebihannya ada di penataan letaknya. Electric turbo bisa diletakkan dimanapun dan tidak menghambat tenaga mesin. Memang ada perbedaan jenis dan fungsi turbo pada mobil diesel.

Proses Kerja Turbocharger
Cara kerja turbocharger mirip mesin jet. Di satu poros ada dua turbin yang memiliki fungsi berbeda yaitu drive turbin dan driven turbin. Untuk drive turbin fungsinya untuk memutar dan driven turbin sebagai yang diputar oleh drive turbin. Kerjanya juga mirip kompresor. Percepatan aliran udara yang terjadi karena putaran turbin masuk ke salah satu arah. Drive turbin berada di antara aliran udara intake. Jadi, ketika driven turbin bekerja, udara di intake mengalir cukup cepat ke ruang bakar.

Mungkin anda bertanya bagaimana bisa turbin itu bergerak. Sumber tenaga turbin berasal dari mesin mobil. Gas sisa pembakaran ternyata masih menyisakan energi berupa tiupan. Tiupan ini berenergi kuat dan biasa disebut dengan gas buang. Turbin yang berada di tengah aliran gas buang akan berputar. Putarannya berbanding lurus dengan tiupan gas buang.

Pembuatan driven turbin dan drive turbin dirancang di satu poros. Drive turbin ini ditaruh di exhaust manifold. Kemudian, waktu drive turbin berputar, driven turbin juga ikut berputar. Fungsi putaran driven turbin bertujuan untuk memompa udara ke mesin. Semakain cepat RPM mesin, semakin kuat pula tiupan gas exhaust. Semakin kuat tiupan gas exhaust, putaran turbin juga tambah cepat.

Biasanya, mesin turbo diberi intercooler. Intercooler bertujuan untuk mengecilkan molekul dengan cara menurunkan suhu udara intake. Semakin kecil molekul udara, maka semakin banyak pula molekul udara ke mesin. Sehingga tenaga mesin bisa lebih tinggi.

Manfaat Turbocharger
Seiring perkembangan jaman, turbochanger semakin bermanfaat untuk kita. Ada tiga fungsi turbo pada mesin diesel. Untuk lingkungan, karena pembakaran lebih sempurna karena melimpahanya pasokan udara dari luar ke dalam mesin. Bahan bakarnya bisa lebih hemat karena sisa bahan bakar bisa dimampatkan lalu dikembalikan ke ruang bakar. Lalu tentu saja berfungsi untuk meningkatkan tenaga mesin diesel menjadi lebih kuat. Jika ada masalah di turbocharger, mungkin menjadi penyebab mobil kurang bertenaga dan mobil kurang tenaga di tanjakan. Biasanya jenis mobil yang kuat di tanjakan menggunakan turbocharger.

Kelemahan Turbocharger
Di samping kelebihan, tentu turbocharger memiliki kekurangan. Kadang, mesin menjadi tidak responsif atau biasa disebut turbo lag. Turbo lag adalah ketika pedal gas diinjak, mesin tidak langsung responsif. Baru beberapa detik kemudian, mesin baru bisa menghasilkan tenaga yang lebih. Selain itu, turbocharger harus dirawat dengan hati-hati, membutuhkan banyak tempat di ruang mesin dan butuh bahan bakar yang berkualitas agar tidak knocking.

Beberapa ahli otomotif merekomendasikan anda untuk memakai turbo timer. Tujuannya adalah untuk mengurangi dampak kerusakan di komponen turbo mobil anda.

Demikian informasi tentang definisi, proses dan fungsi turbo pada mobil diesel. Semoga bisa menambah wawasan anda tentang dunia otomotif khususnya fungsi turbo pada mobil diesel. Mobil sport termahal juga menggunakan turbocharger. Biasanya mobil paling irit dan bandel dan mobil cowok murah, di antaranya menggunakan tenaga diesel. Jika anda suka dengan mobil diesel, maka anda perlu tahu mobil diesel yang cocok untuk keluarga dan membeli mobil bekas bermesin diesel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here