Hello guys, apa kabar? Semoga sobat semua selalu dalam keadaan baik – baik saja dan dalam keadaan berbahagia ya sobat. Nah sobat semua yang gemar akan otomotif, yuk langsung merapat saja dengan penulis nih sobat, karena pada postingan kali ini kita masih akan membahas seputar otomotif, dan salah satunya adalah komponen dalam mobil.

Jadi buat soabt semua yang memiliki kendaraan yang satu ini ada baiknya jika sobat tidak hanya mengerti mengendarai saja ya sobat, namun akan lebih keren jika sobat juga mengerti satu persatu dari komponen pada mobil tersebut.

Oke sobat semua, adapun materi atau pembahasan yang akan kita kaji pada kesempatan kali ini yakni mengenai komponen dalma mobil, yaitu gearbox. Bagi sobat semua yang gemar akan otomotif dan senang mengoprek – oprek kendaraan anda, mungkin bagi anda komponen yang satu ini bukanlah suatu komponen yang asing lagi.

Namun jika sobat semua ada yang ingin lebih mengetahui lagi apa itu gearbox mobil, yuk sobat silahkan merapat, karena pada postingan kali ini penulis akan menjelaskannya secara terperinci buat anda. Check it out. Dalam beberapa untuk mesin, kita mengenal berbagai komponen pemindah tenaga yang salah satunya adalah gearbox.

Adapun fungsi dari gearbox ini yakni sebagai komponen dalam mesin kendaraan anda yang bertugas untuk menyalurkan tenaga atau daya mesin kesalah satu bagian mesin yang lainnya, sehingga unit ini dapt bekerja dan bergerak menghasilkan sebuah pergerakan baik itu berupa putaran maupun berupa goresan.

Gearbox ini merupakan suatu alat khusus yang diperlukan oleh mesin kendaraan anda untuk menyesuaikan day atau torsi ( moment / daya ) dari motor yang berputar, selain itu gearbox ni juga merupakan komponen yang bergerak dan berputar untuk menghasilkan tenaga yang lebih besar sesuai dengan yang dibutuhkan oleh mesin kendaraan anda.

Untuk lebih jelasnya mengenai fungsi gearbox ini pada kendaraan anda sobat, berikut ini penulis akna menjabarkannya untuk anda. Berikut ulasannya. Seperti yang sudah penulis “sonding“ di atas, bahwasannya gearbox atau transmisi ini merupakan salah satu komponen utama dari mobil anda yang disebut sebagai komponen pemindah tenaga. Berikut ini beberapa fungsi dari gearbox itu sendiri.

Sebagai komponen yang berfungsi untuk mengubah moment punter yang akan diteruskan ke spindel mesin kendaraan anda.
Sebagai komponen yang berfungsi untuk menyediakan rasio gigi yang sesuai dengan beban mesin kendaraan anda.
Sebagai komponen yang berfungsi untuk menghasilkan putaran pada mesin tanpa adanya slip.
Sebagai komponen yang berfungsi untuk menyediakan dan mengubah tenaga dari motor yang berputar , yang digunakan untuk memutar atau melakukan gerakan feeding.
Sebagai komponen yang berfungsi untuk mengatur kecepatan gerak dan torsi serta berbalik putaran, sehingga kendaraan anda dapat bergerak maju dan mundur.
Selain mengetahui fungsi dari gearbox mobil tersebut sobat, ada baiknya jika sobat semua juga mengerti dan mengetahui bagaimana cara kerja dari gearbox mobil tersebut. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak ulasan berikut ini. Check It Out!

Pada umumnya, prinsip kerja dari gear box ( kotak roda gigi ) ini adalah untuk memindahkan gaya dan putaran pada mesin pada gerakan roda – roda. Adapun yang dinamakan transmisi adalah semua komponen – komponen yang memberikan sesuatu kerja dan usaha atau tenaga pada kendaraan anda. Dalam proses pemindahan tenaga tersebut, sebagian dari poros dan roda menerima suatu gaya tertentu.

Nah pada saat inilah sobat diperlukan daya tenaga putar yang besar secara berganti – ganti satu dengan yang lainnya. Pada suatu kondisi tertentu, kadang – kadang tenaga penggerak sangat tinggi dan tenaga penggerak yang mempunyai kekuatan besar pada kondisi jalanan yang memang terjal. Nah sobat semua, pada saat kondisi seperti inilah sangat dibutuhkan tenaga yang besar atau daya yang besar.

Dalam menjalankan tugasnya yang sangat penting tersebut dalam kendaraan anda, tentunya gearbox tersebut memiliki beberapa komponen yang membantunya untuk melakukan tugas dan fungsinya tersebtu sebagai peminda daya atau tenaga. Adapun komponen yang dimaksud tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

Input shaft cover, yakni komponen yang berfungsi untuk penerus putaran dari motor penggerak.
Oil seal, yakni komponen yang berfungsi sebagai penahan oli supaya tidak terjadi kebocoran.
Oli hole cover, yakni komponen yang berfungsi sebagai saluran pemasukan oli.
Worm shaft, yakni komponen yang berfungsi sebagai penerus putaran dari worm wheel ke output dhft.
Out cover, yakni komponen yang berfungsi sebagai penutup lubang outpust shaft.
Frame, yakni komponen yang berfungsi sebagai rumah dari gear box.
Paking, yakni komponen yang berfungsi sebagai penahan oli supaya tidak bocor.
Nah sobat semua, alangkah pentingnya bukan komponen yang satu ini ? Untuk itu sudah seharunsya kita menjaga dan merawat komponen gearbox mobil ini dengan rutin dan teratur ya sobat. Semoga artikel ini bisa membantu dan membawa banyak manfaat bagi sobat semua. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Jangan lupa untuk terus update perkembangan artikel – artikel baru berikutnya. Salam hangat selalu dari penulis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here