Kejadian mobil terbakar memang jarang terjadi, namun bukan berarti jika hal ini tidak bisa menimpa anda. Kebakaran pada mobil dapat terjadi pada setiap mobil, entah dikarenakan konslet pada sistem kelistrikan, kebocoran, dan lainnya. Namun meskipun jarang terjadi, bukan berarti anda tidak melakukan cara-cara yang dapat mencegah masalah ini. Nah berikut ini ada beberapa penyebab mobil bisa terbakar yang perlu dihindari.

1. Ada Kabel Yang Terkelupas

Salah satu penyebab utama yang bisa menyebabkan mobil dapat terbakar adalah ada kondisi kabel yang terkelupas. Kondisi seperti ini biasanya disebabkan karena mobil yang tidak stabil sehingga menyebabkan kabel-kable yang sudah rapuh bergesekan satu sama lainnya. Hal ini lah yang menyebabkan kabel terkelupas dan kemudian memicu percikan api. Hal ni juga lah yang menjadi penyebab mobil bau sangit. Jika hal ini terjadi saat anda sedang mengendarai mobil, maka akan lebih baik untuk segera menghentikan mobil anda.

2. Ukuran Kabel Yang Tidak Sesuai

Masih pada masalah kabel, ukuran kabel yang tidak sesuai menjadi salah satu pemicu kebakaran pada mobil. Kabel adalah salah satu bagian yang cukup riskan, sehingga penting untuk menggunakan tipa atau jenis yang memang sesuai dan berkualitas. Jika anda menggunakan kabel yang asal-asalan, maka bisa menyebabkan mobil dapat terbakar. Setrum yang melewati kabel memiliki daya listrik yang berbeda, sehingga jika salah dalam pengaplikasiannya maka menyebabkan kabel memuai dan api dapat menyebar ke semua bagian mobil. Untuk mencegahnya tentu saja selalu gunakan kabel yang berkualitas dan sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

3. Kebocoran Oli dan Bahan Bakar

Di dalam mobil, ada cairan yang mudah sekali terbakar yang bersirkulasi saat mobil sedang dijalankan. Mulai dari oli mesin, bensin, solar, oli transmisi, bahkan cairan pendingin mesin. Semua cairan tersebut dapat menyebabkan mobil terbakar jika tedapat kebocoran, entah pada selang atau tangki. Sehingga tak heran jika kebocoran menjadi penyebab yang paling utama dalam kebakaran mobil.

Pada suhu 7,2 derajat celcius, bensin dapat mudah terbakar dengan percikan api kecil seperti yang berasal dari dalam ruang bahan bakar. Cara terbaik untuk emncegahnya adalah dengan selalu merawat sistem sirkulasi oli dan bahan bakar yang ada pada mobil. Jika anda mencium bau bensi di dalam mobil, maka segera cari sumber dan perbaiki segera. Penyebab mobil bau bensin bisa dikarenakan masalah pada tangki bahan bakar maupun selang yang berkaitan dengan oli dan bensin.

4. Air Filter Karburator Yang Terbuka

Jika mobil anda masih menggunakan komponen karburator mobil, maka sebisa mungkin hindari untuk menggunakan air filter yang terbuka. Hal ini dikarenakan hawa bensin bisa saja menguap dan lewat dari celah kecil yang ada pada book air filter. Sehingga ketika kondisi kabel terkelupas bahkan bergesekan satu sama lainnya menyebabkan uap yang berasal dari bensin dapat mengenai bagian kabel tersebut dan memicu kebakaran mobil.

5. Pipa Knalpot Bocor

Saluran knalpot yang ada di bawah tangki bensin yang mengalami kebocoran juga akan sangat berbahaya ketika terkena panas. Bensin yang bisa menguap menjadi penyebab terbakar nya mobil. Meskipun proses terbakarnya mobil membutuhkan waktu yang cukup lama dibandingkan lainnya. Namun tentu saja hal ini juga cukup berbahaya jika dibiarkan terus menerus.

6. Kabel Pararel Yang Bertumpuk Pada Aki

Penyebab mobil bisa terbakar lainnya disebabkan karena adanya kabel pararel yang bertumpuk pada aki mobil. Kabel pararel yang terdapat pada aki terkadang tidak terlalu kencang dalam pengkaitnya (baut) sehingga dapat menyebabkan konsleting yang memicu terjadinya kebakaran. Sehingga agar aman dan terhindar dari bahaya kebakaran, maka selalu rutin memeriksa kondisi baut atau soket yang ada pada aki mobil.

7. Kerusakan Listrik

Pemicu kebakaran bisa disebabkan karena kerusakan pada sistem kelistrikan mobil. Dalam hal ini menyangkut kondisi aki mobil. Aki mobil yang sedang bermasalah dapat menciptakan tumpukan hodrogen di dalam ruang mesin. Jika gas ini bocor, maka menyebabkan kerusakan pada bagian kabel. Percikan api yang ada pada gas ini lah yang memicu timbulnya kebakaran. Kebakaran yang diakibatkan oleh kerusakan pada bagian kelistrikan bisa terjadi hingga ke seluruh bagian mobil. Hal ini dikarenakan sistem kelistirkan tidak hanya pada bagian bawah kap mesin, namun juga pada seluruh bagian mobil seperti pintu, pendingin, sistem audio, hingga dibawah karpet.

8. Mesin Yang Mengalami Overheat
Penyebab mesin mobil cepat panas biasanya dikarenakan kerja mesin yang terlalu keras yang mana menyebabkan suhu mesin meningkat drastis atau overheat. Panas nya mesin mobil ini lah yang menyebabkan suhu oli meningkat yang kemudian mengalami kebocoran yang dapat memicu percikan api. Biasanya mesin yang mengalami overheat dapat dikarenakan kerusakan pada bagian radiator maupun katup mesin yang tidak sempurna. Kerusakan ini dapat menyebabkan mesin tidak bekerja efisien dan pembakaran kurang sempurna sehingga nantinya menyebabkan beban kerja menjadi terlalu besar. Jika mesin mobil anda mengalami kenaikan suhu yang drastis ketika dijalan, maka sebaiknya langsung pinggirkan mobil anda.

Selain itu penyebab lainnya dapat dikarenakan masalah pada catalytic converter. Komponen ini bekerja untuk bisa menyaring hidrokarbon serta polutan lainnya yang dihasilkan oleh mesin mobil. Suhu komponen ini dapat mencapai 1000 derajat celcius jika kondisinya terlalu panas sehingga menyebabkan kebakaran pada interior mobil. Biasanya mobil-mobil saat ini sudah didukung dengan indikator pada dashboard yang dapat memberitahukan jika kondisi mesin terlalu panas.

9. Mesin Mobil Yang Dimofisikasi

Bagi anda penggemar modifikasi mesin mobil, maka hal ini perlu anda perhatikan dengan baik. Mobil yang mesinnya sudah dimodifikasi maka akan lebih baik untuk menggunakan selang bensin yang memang sudah berkualitas. Apalagi jika bahan bakar yang digunakan mobil anda adalah bensin, maka sebaiknya gunakan selang yang berkualitas dengan material serat karbon baja.

10. Kecelakaan

Faktor lainnya yang memicu kebakaran pada mobil dapat dikarenakan kecelakaan. Meskipun mobil-mobil masa kini sudah didukung dengan kerangka canggih dan aman guna mengurangi dampak benturan saat terjadi kecelakaan. Namun jika kecelakaan yang dialami sangat keras bahkan hingga membuat cairan bahan bakar maupun oli dapat mengalami kebocoran, maka memicu terjadinya kebakaran pada mobil. Kecelakaan memang bukan lah hal yang diinginkan oleh setiap orang. Sehingga pastikan fitur-fitur keamanan selalu bekerja dengan baik. Patuhi segala aturan yang ada, jangan mengendarai mobil dalam kondisi yang kurang aman. Jika anda terjebak dalam situasi seperti ini maka segera jauhi kendaraan tersebut.

Nah itu tadi penyebab mobil bisa terbakar yang seringkali terjadi serta cara mencegahnya. Selain itu jaga selalu kondisi mobil anda agar tetap terjaga dengan optimal sehingga faktor-faktor yang memicu kebakaran dapat berkurang. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here