Mengingat BBM merupakan salah satu kebutuhan primer mobil, dan harganya pun terus naik, maka banyak cara yang dilakukan hanya demi penghematan BBM.
Jika Anda juga kesulitan menghemat anggaran BBM bagi mobil kesayangan, Finansialku mengajak Anda melihat beberapa cara penghematan BBM mobil agar super irit berikut ini:

Inilah Cara Membuat Irit Mobil Carry Dengan Tepat

Berdasarkan Kondisi Mobil

1 . Memastikan Ban Terpompa dengan Benar
Tahukah Anda bahwa ban yang terpompa dengan benar akan mengurangi pemakaian bahan bakar hingga 3%? Nyatanya, tekanan ban mobil Anda akan berkurang 1 PSI setiap bulannya. Selain itu, suhu yang rendah juga bisa mempengaruhi tekanan bank mobil.
Oleh karena itu, lakukan pengecekan secara berkala terhadap kondisi tekanan ban minimal sebulan sekali. Selain menghemat BBM, ban yang dipompa dengan benar akan mengurangi risiko ban cepat aus.

2. Tune Up secara Rutin

Mesin mobil yang di tune up secara rutin mengakibatkan performa mobil lebih maksimal. Namun sayangnya, mekanik bengkel terkadang melupakan faktor penghematan bahan bakar, sehingga biasanya akhir-akhirnya akan memakan bahan bakar untuk tenaga yang besar.
Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengingatkan mekanik bengkel untuk mengupayakan penghematan bahan bakar.

3. Rutin Membersihkan Filter Udara

Rutinitas selanjutnya adalah pada perawatan filter udara. Filter udara yang kotor dapat memboroskan pemakaian bahan bakar lho. Selain itu, juga dapat menyebabkan mesin mobil Anda mati pada saat idle.

4. Mengurangi Beban

Beban mobil dapat menjadi penyebab utama pemborosan bahan bakar. Hal ini dikarenakan beban yang berat dapat menghilangkan energi kinetik pada mobil non hybrid.

5. Menggunakan Ban yang Sesuai dengan Kebutuhan

Cobalah untuk memilih ban mobil yang memiliki hambatan gelinding kecil. Hal ini dapat menghemat bahan bakar hingga beberapa persen.

6. Memilih Oli Sintetis

Penggunaan oli sintetis akan membuat konsumsi bahan bakar mobil Anda menjadi lebih hemat 5%. Selain itu, Anda juga akan merasakan pergantian oli tidak terlalu sering di lakukan.

Berdasarkan Cara Mengemudi

1. Mobil Berinjeksi
Pada mobil berinjeksi, selalu pastikan untuk mengecek sensor oksigen, sistem emisi mobil, dan saluran pembuangan dalam kondisi yang cukup baik.
Terkadang menyalanya lampu check engine menunjukkan kurang baiknya sistem dalam mobil. Sebagai contoh, kerusakan pada sensor oksigen dapat meningkatkan pemakaian bahan bakar hingga 20%.
2. Mematikan AC saat Jalanan Macet
Saat terjebak kemacetan, pemakaian AC menjadi salah satu penyebab pemborosan BBM. Alasannya adalah karena saat AC dinyalakan terus menerus maka kerja mesin akan semakin berat, yang secara otomatis akan mengonsumsi banyak bahan bakar.
Itulah beberapa Cara Membuat Irit Mobil Carry Dengan Tepat. Semoga bermanfaat ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here