Bahan bakar merupakan salah satu kebutuhan primer mobil agar dapat bergerak, harganya pun terus naik seiring dengan berkurangnya sumber daya alam.

Inilah Cara Membuat Irit Mobil Espass Dengan Sederhana

Dengan menghemat bahan bakar mobil, berarti Anda berperan dalam menekan angka pencemaran udara dan menjaga kelestarian alam.

1. Optimalkan pembakaran

Seperti anjuran pabrikan, merawat sistem pembakaran mobil memang sangat perlu dilakukan. Sebab, selain membuat mesin lebih awet dan berumur panjang, hal itu juga membuat mobil lebih hemat bahan bakar.
Selain itu, ternyata rajin membersihkan filter udara juga dapat menghemat konsumsi bahan bakar pada mobil. Berfungsi menyaring kotoran atau debu dari udara luar, filter udara yang kotor dapat menghambat suplai udara yang masuk ke ruang bakar.

2. Oli yang tepat

Jika mengganti oli, pastikan yang direkomendasikan oleh pabrikan mobil seperti yang tertera di buku manualnya.
Misalnya, jika mobil Anda seharusnya menggunakan oli SAE 10W-30, namun Anda justru menggunakan oli SAE 5W-30, maka hal ini akan mengurangi jarak tempuh 1-2 persen sehingga mobil menjadi tidak irit. Maka dari itu, penggunaan jenis oli juga sangat penting.

3. Cek ban

Jika mobil sering melewati jalan yang rusak atau berlubang, maka hal itu berpotensi mengganggu kinerja ban. Selain cepat aus atau botak, ban pun berpotensi tidak lurus dan seimbang.
Jika mobil tetap dipaksa jalan dengan keadaan ban yang tidak lurus dan seimbang, mesin harus bekerja lebih keras dan otomatis membuat efisiensi bahan bakar turun sekitar 10 persen.

4. Kurangi beban

Dengan mengeluarkan barang-barang yang tidak perlu dari mobil juga dapat menghemat konsumsi bahan bakar. Cara menghitung daya angkut mobil agar tidak kelebihan beban dapat dilakukan rumus gross vehicle weight (GVW) dikurangi dengan curb weight (berat kosong).
Jika berlebihan dan tidak wajar, faktor keselamatan akan terancam. Tak hanya itu, kinerja suspensi dan ban mobil juga jadi tidak optimal.

5. Mengemudi efisien

Kebanyakan mobil zaman sekarang sudah dibekali dengan mode berkendara Eco dengan tujuan untuk efisiensi dan menghemat bahan bakar. Namun cara mengemudi juga harus efisien. Sebaiknya hindari deselerasi dan akselerasi yang mendadak.
Kemudikan kendaraan secara efisien dengan menjaga kecepatan. Hindari menginjak pedal gas terlalu dalam. Hal ini dapat membuat efisiensi bahan bakar menurun sekitar 19 persen.

Itulah beberapa Cara Membuat Irit Mobil Espass Dengan Sederhana. Rajin-rajinlah melakukan pengecekan pada mobil anda. Semoga artikel ini bermanfaat ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here