Para pemakai mobil Timor SOCH ( Karburator ) sering mengalami gangguan yang disebabkan oleh masalah karburator.

Inilah Cara Membuat Irit Mobil Timor Soch Secara Mudah

Pada artikel kali ini akan dibahas Cara Membuat Irit Mobil Timur SOCH. Berikut ini adalah cara-caranya.

1. Pastikan kondisi mesinnya prima

Selalu memeriksa kendaraan setiap saat sebelum digunakan selalu melakukan service berkala sesuai dengan manual booknya yang ada.

2. Jaga putaran mesin

Artinya kita kalau mau berkendara dengan efisien mengoper giginya itu di kisaran RPM 1.500-2.200 untuk mesin bensin dan RPM 1.100-2.000 untuk mesin diesel.

3. Hindari akselerasi dan pengereman berlebihan

Prinsipnya kalau kita tidak harus ngerem ya jangan mengerem, gunakan momentum, kendaraan beriringan, kalau kita berjalan, kendaraan depan terlihat lampu remnya menyala ya kita harus mulai melepas pedal akselerator. Menggunakan momentum daya dorong daripada kita ngegas terus, nanti saja kalau udah deket baru ngerem. Boros juga

Start pelan targetnya 5 detik kecepatan mencapai 20 km jam, injak pedal secara halus buka pedal gas tidak penuh.

4. Gunakan engine break

Pengereman dengan tenaga mesin. Seperti tadi kalau kita tidak harus ngerem ya lepas pedal, pindahkan gigi secara teratur.

5. Tekanan angin

Tekanan angin yang kurang akan menyebabkan gesekan roda pada jalan lebih besar sehingga traksi berkurang dan membebani kinerja mobil. Sesuaikan tekanan angin dengan rekomendasi pabrik.

6. Gunakan bahan bakar berkualitas

Selalu mengisi bahan bakar di stasiun pengisian dengan kualitas bahan bakar yang baik, takaran akurat, nilai oktan yang sesuai dengan kebutuhan mesin kendaraan dan tidak meninggalkan kotoran atau kerak sisa pembakaran, sehingga dapat membuat kinerja mesin menjadi lebih efisien dan membuat jarak tempuh lebih jauh.

7. Matikan AC Jika Tidak Perlu

Kompresor AC memberi beban cukup besar ke mesin. Matikan jika tidak diperlukan atau saat kita melaju di cuaca yang sejuk.

8. Pengoperasian gigi transmisi yang ideal

Biasanya mobil dengan mesin bensin atau diesel akan bekerja efisien di rentang putaran mesin 1,500 – 2,500 rpm (mesin bensin) dan 1100 – 2100 rpm (mesin diesel, karena disitulah torsi optimal tersedia.

Oleh karena itu lakukan perpindahan gigi transmisi di putaran tersebut.
Paling hemat jika mobil melaju dengan konstan di putaran tersebut dengan menggunakan gigi transmisi yang tertinggi, biasanya akan tercapai kecepatan kendaraan antara 70 km/jam- 80 km/jam.

9. Gunakan momentum

Ketika kendaraan akan mendekati perempatan, pertigaan, lampu lalu lintas, atau melakukan perlambatan, angkat kaki dari pedal gas lebih awal dan biarkan kendaraan meluncur dengan momentum sebelum menginjak pedal rem.

Nah itulah beberapa cara membuat irit mobil timor soch. Semoga bermanfaat ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here