Mobil sangat memerlukan aki agar bisa menyala dan berjalan. Selain itu, lampu dan beberapa komponen listrik lainnya juga membutuhkan aki agar bisa menyala. Tentu ini berpengaruh ke kenyamanan berkendara. Sehingga menjadikan aki sebagai bagian yang sangat penting dan vital dalam mobil. Aki yang sudah lemah atau sudah tidak bagus bisa mengakibatkan mobil tidak bisa distarter dan bagian lainnya tidak bisa menyala.

Inilah Penyebab Aki Mobil Tekor Yang Harus Diketahui

Berikut beberapa penyebab aki tekor pada mobil dan solusi atau pencegahannya.

Kelalaian Penggunaan

Penyebab aki tekor pada mobil pertama adalah kelalaian pengguna. Meninggalkan komponen listrik menyala bisa membuat aki cepat habis apalagi dibiarkan dalam jangka waktu yang lama. Biasanya kondisi semacam ini terjadi ketika pengemudi terburu-buru. Pencegahannya yaitu pastikan semua komponen mobil yang terhubung ke listrik sudah mati sebelum anda tinggal dalam waktu yang lama. Biasanya jika dibiarkan maka power audio mobil cepat panas.

Konslet Pada Aki

Konslet adalah mengalirnya arus listrik dari kutub positif ke kutub negatif tanpa melewati hambatan. Jika tidak ada hambatan, maka arus listrik akan mengalir dalam jumlah yang tidak terkontrol. Arus yang tidak terkontrol semacam ini bisa mengakibatkan kebakaran. Dan peluang terjadinya kebakaran semakin besar jika arus listrik lebih besar daripada luas penampang kabel. Untuk pencegahan konslet, sebaiknya ada sekring pengaman dan melakukan perawatan.

Lama Tidak Dipakai

Mungkin anda heran padahal tidak pernah dipakai tapi malah habis sendiri. Fenomena ini dikenal dengan nama self discharge. Self discharge adalah reaksi kimia yang terjadi di dalam aki mengurangi persediaan listrik meskipun tidak terhubung dengan elektroda. Sebenarnya fenomena kimiawi ini tidak hanya terjadi di aki tapi juga terjadi di baterai. Laju pengurangan berbeda sesuai dengan komponen atau unsur kimia penyusunnya. Pencegahannya yaitu panasi mobil sekali dalam beberapa hari.

Umur Aki yang Sudah Tua

Penyebab aki tekor pada mobil keempat adalah umur aki anda yang sudah tua. Solusinya tentu isi ulang atau ganti aki. Umur aki bervariasi. Tergantung jenis aki dan bagaimana cara perawatan aki. Dengan asumsi pemakaian normal, umur aki kurang lebih satu hingga dua tahun. Biasanya dealer mobil yang resmi memberi garansi aki selama dua tahun. Tapi jika anda mengetahui tips dan trik perawatan aki yang benar, maka umur aki bisa tiga hingga empat tahun. Dengan begitu anda bisa mencegah pemborosan aki.

Terlalu Banyak Memakai Listrik

Penyebab aki tekor terakhir adalah terlalu banyak penggunaan listrik. Perawatan yang buruk dan pemakaian yang boros bisa mengakibatkan berkurangnya umur aki. Sebaiknya kurangi pemakaian alat-alat yang membutuhkan banyak listrik. Dengan kata lain alat-alat yang bersifat sekunder. Seperti lampu dan klakson aksesoris. Selain itu juga pemasangan perangkat video dan audio. Jika memang anda ingin menambah beberapa aksesoris sekunder ini, maka tambahlah daya kapasitas aki. Tapi tetap perhatikan sebelum menambah kapasitas aki. Jangan terlalu jauh dari titik maksimal kapasitas aki.

Demikian beberapa penyebab aki tekor pada mobil beserta solusi atau pencegahannya. Semoga Bermanfaat ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here