Busi adalah salah satu komponen yang sangat penting pada sebuah kendaraan. Busi sangat penting untuk sistem pengapian mesin mobil dan juga motor.

Inilah Penyebab Mobil Boros Busi Yang Perlu Diketahui

Bagian ini memiliki fungsi dan tugas untuk memercikan api pada ruang pembakaran, sehingga bahan bakar dan udara bercampur menjadi gas kemudian terbakar dan menghasilkan tenaga yang keluar lewat percikan api tersebut.

1. Bahan Bakar yang masuk berlebihan.

Bahan bakar berlebihan ini terjadi pada isapan sebuah mesin dimana piston bergerak dari TMA ke TMB dan menghisap bahan bakar serta udara. Setingan bahan bakar pada karburator yang sangat besar ini bisa menjadikan sebuah busi cepat mati. Busi menjadi basah sehingga tidak menghasilkan percikan yang baik. Ini sering dialami oleh kendaraan yang masih menggunakan karburator.

2. Oli Masuk di Pembakaran.

Masuknya oli ke runag pembakaran karena piston atau dinding piston yang sudah mengalami goresan. Ini membuat oli dari mesin masuk kedalam ruang pembakaran. Ini bisa menghambat pembakaran dan juga membuat busi menjadi cepat mati. Biasanya ciri-ciri oli yang masuk keruang pembakaran muncul asap putih tebal pada knalpot saat mesin dinyalakan.

3. Konsleting di sistem pengapian bisa menjadi penyebab busi cepat mati.

Kondisi ini bisa merembet ke bagian lainnya seperti koil, CDI, dan spul yang membuat cepat mati. Perawatan pada sistem pengapian juga harus dilakukan secara berkala agar supaya tidak terjadi pada komponen lainnya yang menyebabkan mobil anda tidak bisa lagi dinyalakan.

Nah, itulah beberapa hal yang menyebabkan mobil boros busi. Semoga bermanfaat ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here