Mobil matic memang memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat karena mudah dan nyaman dikendarai terutama bagi yang masih pemula maupun wanita. Sehingga tak heran jika setiap tahunnya penjualan mobil matic terus meningkat setiap tahunnya. Namun meskipun mudah dan nyaman, sayangnya sistem transmisi matic agak rumit dalam perawatan dan rentan mengalami kerusakan.

Inilah Penyebab Mobil Matic Bunyi Secara Mendadak

Suara yang muncul dari mobil matic ini dapat dikarenakan oleh beragam faktor, diantaranya.
1. Suara Berisik Ketika Kondisi Netral
Suara berisik ini muncul dikarenakan kondisi bearing-bearing yang sudah mengalami keausan, terutama pada bagian input shaft. Jika kondisi ini terjadi pada mobil anda maka segera bawa mobil anda untuk dilakukan pengecekan lebih dalam.
2. Bunyi Gemeretak Ketika Transmisi Dipindahkan
Kondisi pelat kopling yang sudah aus atapun kondisi pelat yang sudah tidak sempurna lagi. Saat pedal ditekan, tetap menempel pada flywheel yang mana menyebabkan gigi transmisi yang sulit dipindah-pindah. Kerusakan ini lah yang menyebabkan munculnya suara kasar atau gemeretak ketika gigi transmisi dipindahkan. Untuk menghindari resiko pedal kopling yang aus, tentunya penting untuk mengetahui cara merawat kopling mobil yang baik. Sehingga kopling mobil lebih awet dan tahan lama dipakai.
3. Bunyi Dari Bak Persneling
Kendala mobil matic ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, faktor pertama disebabkan karena kondisi mobil yang kekurangan minyak pelumas ataupun penggunaan oli yang kurang tepat. Faktor kedua disebabkan karena adanya kerusakan pada komponen yang ada di dalam bak persneling.
Jika bunyi-bunyi tersebur mulai terdengar dari bak persneling ketika dikendarai, maka berhentikan mobil anda pastikan untuk menginjak pedal. Jika bunyi menghilang, maka kerusakan berasal dari bak persneling. Maka selanjutnya periksakan kondisi minyak pelumas yang ada di dalam bak persneling. Jika memang volumenya kurang, maka anda bisa menambahkan oli hingga sampai pada batas maksimum.
4. Bunyi Menderu Dari Bagian Bawah Mobil
Ada 3 hal penyebab yang memungkinkan kondisi ini terjadi pada mobil anda, entah itu kerusakan yang terjadi pada bantalan universal joiny, kelonggaran pada baut sambungan yang ada pada poros penggerak, dan kondisi gerigi poros yang aus. Bunyi yang menderu ini menunjukkan jika terjadinya gangguan dan kerusakan pada komponen di dalam sambungan dalam poros penggerak.
5. Bunyi Menderu Pada Kecepatan Sedang
Penyebab transmisi bunyi ini kemungkinan diakibatkan oleh beberapa hal mulai dari roda-roda gigi differensial yang pasangannya kurang tepat, bantalan rusak, ataupun kekurangan minyak pelumas pada roda gigi differensial. Kondisi mobil seperti ini harus segera diperiksakan dan dilakukan perbaikan.
Demikianlah artikel tentang mobil matic bunyi. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here