Mobil matic adalah solusi yang tepat untuk kendaraan di perkotaan yang memang melelahkan untuk menghadapi jalanan yang harus stop and go terus menerus. Tinggal gas dan rem membuat mobil matic pun sekarang semakin di gemari banyak orang.
Tapi ada satu hal yang menjadi image pada mobil matic adalah kurangnya tenaga saat tanjakan. Walaupun tidak semuanya, karena bisa jadi karena kurang sehatnya mesin, skil mengendara dan beban yang di bawa oleh mobil tersebut. Namun ada sebab lain yang tak banyak orang tahu.

Inilah Penyebab Mobil Matic Mundur Di Tanjakan

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab terjadinya masalah ini. Beberapa di antaranya dapat anda tangani sendiri. Namun beberapa hal lainnya memerlukan penanganan profesional, khususnya bengkel mobil terlatih.
Ukuran Ban
Tak dapat dipungkiri, mobil jenis apapun akan mengalami kurang tenaga jika menggunakan ban yang tidak sesuai ukuran. Jika menggunakan ban terlalu kecil, penggunaan bahan bakar akan jauh lebih boros. Sementara itu, jika menggunakan ban yang terlalu besar, tenaga mobil akan berkurang sangat drastis.
Oleh sebab itu, menyesuaikan ukuran ban yang sesuai sangatlah penting. Jika anda tidak tahu ukuran ban mobil yang tepat, silahkan mintakan saran pada bengkel mobil yang tepat.
Spesifikasi dan HP Mesin Mobil
Jika spesifikasi mobil rendah, tidak mengherankan jika mobil matic anda kurang tenaga terutama ketika di tanjakan.
Untuk mengatasi hal ini, anda dapat melakukan beberapa cara. Di antaranya adalah mengganti mesin mobil dengan mesin yang berspesifikasi lebih tinggi, memodifikasi mobil (terutama berat mobil), setting torsi, ataupun melakukan remap pada ECU mobil.
Beban pada Mobil yang Berlebihan
Kapasitas mobil akan meningkatkan berat mobil. Semakin berat mobil, semakin besar konsumsi penggunaan BBM, dan semakin berkurang tenaga mobil. Pada akhirnya, hal inipun menjadi penyebab mesin mobil kekurangan tenaga saat menanjak.
Untuk menyelesaikan masalah ini bisa dengan tidak terlalu mengisi mobil terlalu penuh. Bisa juga dengan mengganti beberapa komponen mobil dengan komponen berbahan yang lebih ringan.
Sistem Penggerak Mobil
Setiap sistem penggerak memiliki fungsi yang berbeda-beda sehingga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.
Ada sistem penggerak mobil matic yang cocok untuk jalan yang menanjak, licin, ataupun berbatu. Penggunaan mobil yang tidak sesuai dengan peruntukan medan akan menyebabkan mobil terasa kurang menanjak.
Kerusakan pada Mesin Mobil
Mesin mobil ketika rusak bagaimanapun akan mengakibatkan mobil kehilangan tenaga. Untuk mengetahui adanya masalah pada mesin, anda dapat melihat gejala yang muncul. Beberapa gejala tersebut seperti mobil mengeluarkan asap berlebihan, mesin cepat panas, mengeluarkan suara berisik, atau tiba-tiba terasa ngempos.

Solusi Mengatasi Mobil Matic Yang Mundur Di Tanjakan

  1. Perkecil Diameter Roda (Velg dan ban mobil)
  2. Modifikasi final geer ratio
  3. Kurangi beban mobil
  4. Pelajari trik mengendarai mobil matic di tanjakan
Demikian artikel mengenai Penyebab Mobil Matic Mundur Di Tanjakan. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here