Hello sobat semua yang selalu penulis rindukan, kembali lagi bertemu dengan penulis nih sobat tentunya dengan pembahasan yang tidka kalah menarik dari artikel sebelumnya. Penulis juga berharap kebiasan membaca yang saudara terapkan dapat anda wariskan atau teruskan kepada generasi penerus anda beserta orang di sekeliling anda ya sobat. Karena ada kata pepatah mengatakan “ membaca adalah jendela dunia “ . Setuju ya sobat.

Oke sobat semua, tidak jauh berbeda dari artikel yang sebelumnya, pada kesempatan kali ini penulis juga masih akan membahas mengenai otomotif. Jika kita berbicara mengenai otomotif, tentunya hal tersebut tidak terlepas dari komponen otomotif yang menyusun benda atau barang otomotif tersebut ya sobat.

Nah sobat semua, adapun salah satu komponen yang akan kita bahas dalam kesempatan kali ini yaitu mengenai kabel rem parkir pada mobil. Bagi sobat semua pecinta otomotif atau sobat yang menegrti akan komponen mobil, tentunya komponen yang satu ini bukanlah suatu yang baru lagi ya buat sobat semua.

Namun jika ada diantara sobat yang belum mengerti atau memahami komponen yang satu ini ada baiknya sobat menyimak ulasan berikut ini, agar wawasan serta informasi anda bertambah. Yuk sobat, mari langsung saja kita simak ulasan berikut ini. Check It Out !

Kabel rem parkir atau kerap disebut sebagai rem tangan merupakan salah satu piranti yang cukup penting dan tergolong vital fungsinya dalam sebuah kendaraan bermotor. Sebuah rem tangan pada kendaraan biasanya dioperasikan untuk dengan menggunakan tangan dengan cara menarik tuasnya.

Namun sesungguhnya, emergency braje atau yang kerap disebut dengan e – brake atau yang dikenal juga dengan parking brake ini karena tidak selamanya ebrada di tangan, terkadang ditemukan juga di bagian ruang kaki pengendara.

Kabel rem parkir pada mobil ini terdiri atas dua tipe, yaitu tipe rem parkir roda belakang, dan rem parkir tipe center brake. Pada rem parkir tipe rem parkir roda belakang ini, rem parkir terhubung dengan roda belakang, ketika rem parkir diaktifkan maka roda belakang kan mengerem secara otomatis. Tipe rem parkir dengan roda belakang ini banyak digunakan pda kendaraan kecil dan penumpang.

Fungsi Rem Parkir Pada Mobil

Adapun fungsi dari rem parkir pada mobil antara lain adalah sebagai berikut :

Sebagai piranti yang berfungsi untuk melakukan pengereman pada saat kendaraan parkir atau berhenti atau dengan kata lain digunakan pada saat kendaraan tersebut tidak dibutuhkan untuk berjalan.
Sebagai piranti yang berfungsi sebagai rem tangan pada kendaraan.

Cara Kerja Kabel Rem Parkir Pada Mobil

Nah sobat semua, selain mengetahui apa saja fungsi dari kabel rem parkir pada mobil tersebut, ada baiknya sobat semua juga mengetahui bagaimana cara kerjanya. Adapun cara kerja dari kabel rem parkir pada mobil, adalah sebagai berikut :

Adapun mekanisme dari rem parkir pada tipe pengereman roda belakang dan tipe center brake ini pada dasarnya hampir sama. Tuas res parkir diletakkan dekat dengan tempat duduk pengemudi sehingga pengemudi akan mudah untuk menekan tuas rem parkir ketika ingin mengaktifkan rem parkir.
Ketika pengemudi menarik tuas parkir maka kabal rem parkir tersebut akan memindakhkan gaya tarik dari tuas ke rem.
Pada tipe rem parkir roda belakang , pada bagian tengah kabel dilengkapi dengan equalizer yang berfungsi untuk menyamakan gaya pengereman pada kedua roda belakang. Pada mekanisme ini, sambungan rem parkir ini juga dilengkapi dengan tuas intermediate atau intermediate lever yang berguna untuk menambah daya pengoperasian rem nya.
Cara Perawatan Kabel Rem Parkir Pada Mobil

Setelah mengetahui bagaimana mekanisme atau cara kerja dari kebel rem parkir pada mobil tersebut, ada baiknya sobat semua juga harus mengerti bagaimana cara perawatannya. Berikut ini adalah cara perawatan kebel rem parkir pada mobil.

1. Perhatikan Kapan Kabel Rem Parkir Pada Mobil Anda Harus Digunakan

Cara merawat kabel rem parkir mobil yang pertama adalah dengan cara memperhatikan kapan penggunaan rem tersebut. Seperti yang sudah penulis jelaskan diatas, rem parkir ini digunakan pada saat kendaraan anda berhenti, namun perhatikanlah durasi pemakaian rem parkit tersebut, tidak dianjurkan untuk digunakan berhari – hari karen akan merusak disk brake nya.

2. Perhatikan Cara Penggunaan Kabel Rem Parkir Pada Mobil Anda

Cara perawatan yang kedua adalah dengan memperhatikan cara pengguanaan kabel rem parkir pada mobil anda. Ketika anda menggunakan rem parkir pada mobil anda, pastikan anda selalu menekan tombol release untuk meminimalkan gerakan gear atau gerigi. Tujuannya adalah untuk menjaga gear dalam keadaan baik, dan juga menjaga keawetan rem parkir mobil anda secara keseluruhan.

Setelah membaca ulasan di atas tentunya sobat semua sudah tau ya sobat bahwasanya kabel rem parkir pada mobil ini memiliki fungsi yang cukup vital. Untuk itu ada baiknya kita rawat secara rutin. Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi sobat semua yang membacanya.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Jangan lupa untuk update terus perkembangan artikel – artikel terbaru berikutnya. Salam hangat selalu dari penulis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here