Mash membahas seputar dunia otomotif nih sobat, nah sobat semua yang merupakan penggemar otomotif ada biakny amerapat nih sobat dengan penulis melalui artikel kali ini, karena pada kesempatan kali ini kita akan membahas salah satu komponen otomotif yang terdapat pada mobil anda.

Adapun yang akan menjadi topik atau materi pembahasan kita pada kali ini adalah mengenai katup pada mobil. Apakah sobat semua sebelumnya sudah pernah mendengar komponen yang satu ini, jika belum ada baiknya menyimak ulasan berikut ini ya sobat, karena penulis akan menjelaskannya secara rinci buat sobat semua. Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini. check It Out !

Seperti yang sudah sobat penggemar otomotif ketahui , adapun ynag dimaksud dengan katup pada mobil atau yang disebut dengan klep atau valve, merupakan suatu komponen pada mesin yang terpasang pada bagian kelapa silinder yang bergerak sesuai dengan langkah piston. Oleh karena itu sobat, keberadaan komponen yang satu ini sangatlah penting bagi kendaraan kita. Pada umunya ada dua jenis katup atau klep yang terdapat pada mobil, yakni klep masuk dan yang kedua adalah klep buang.

Pada umumnya, katup ini terbuat dari bahan yang tahan panas dan karat ( stainless steel ) . Untuk mobil keluaran sekarang, kebanyakan menggunakan 4 kelp pada setiap silindernya. Hal ini dilakuakn untuk mempertunggi efisisensi volumetric, sehingga pemanfaatan BBM dapat lebih efektif dan daya yang dihasilkan pun semakin besar untuk mesin yang memiliki silsinder yang sama. Oleh karena itu sobat, apabla suatu mesin memiliki 4 silinder maka jumlah klep masuk dan buang adalah berjumlah 16 katup.

Fungsi Katup Pada Mobil

Berikut ini adalah fungsi katup pada mobil, antara lain :

Katup IN ( intake ) merupakan komponen pada mobil yang berfungsi untuk mengatur masuknya campuran udara dan bahan bakar ke mesin
Katup EX ( Exhaust ) merupakan komponen pada mobil yang berfungsi untuk mengatur keluarnya gas buang sisa pembakaran dari mesin.
Ada perbedaan diantara kedua jenis katup ini, yakni :

Diameter katup ini lebih besar dari pada diameter katup ex. Yang bertujuan untuk memaksimalkan aliran bahan bakar yang masuk ke dalam mesin.
Sedangkan diameter katup ex lebih kecil karena gas buang lebih mudah keluar dari mesin karena dorongan piston. Selain itu, gas buang juga bertekanan tinggi , jadi tidak akan sulit keluar dari meisn meskipun diameter katup ex kecil.
Cara Kerja Katup Pada Mobil

Berikut ini adalah cara kerja dari katup/ klep atau valve movil tersebut.

Pada saat piston bergerak dari TMA ke TMB atau melakukan langkah hisap, katup in membuka dan mengalirkan campuran udara dan bahan bakar masuk ke ruang bakar.Katup in ini akan menutup saat piston melakukan langkah kompresi. Selanjutnya, bahan bakar akan dibakar dan piston akan melakukan langkah usaha dan disinilah katup ex akan terbuka dan gas buang sisa pembakaran terdorong keluar dari mesin.
Setelah proses pembuangfan selesai, maka piston akan melakukan langkah hisap serta melakukan langkah pembukaan untuk memasukkan campuran udara dan bensin yang sudah mengabut menuju mesin untuk setipa dua putaran poros engkol ( crank shaft ) pada mesin berkontruksi kelp samping dan katup – katup ini akan digerakkan oleh penekan katup itu sendiri.
Cara Perawatan Katup Pada Mobil

Berikut ini adalah cara perawatan katup pada mobil yang wajib anda perhatikan. Lakukan penyetelan katup sesuai dengan standarnya. Untuk mengetahu berapa celah pengaturan katup tersebut anda bisa melihatnya di buku manual mobil anda. Mesin mobil yang memiliki celah katup yang longgar akan mengakibatkan adanya suara yang berisik dari dalam meisin anda.

Dan sebaliknya apabila celah katup terlalu rapat mesin akan hidup namun akna bergoyang pada saat melakukan putaran idle, dan yang paling tidak mengenakkkan sobat, ada kemungkina daun dari katup mobil tersebut kana terbakar. Selain itu apabila celah katupnya terlalu rapat, akan mengurangi tenaga dari mobil anda secara keseluruhan.

Beikut ini terdapat dua jenis mekasisme pada katup mobil, antara lain :

1. Jenis OHV ( Overhead Valve )

Jenis OHV yaitu rangkaian katup yang cukup terbilang rumit, karena letak katup berada di dalam blok silinder. Hal ini karena camshaft yang terhubung langsung dengan sprocket roda gigi crank shaft harus menekan valve flter dan push rod sebelum menggerakkan katup.

2. Jenis OHC ( Overhead Camshaft )

Jenis yang kedua ialah jenis OHC. Pada rangkaian ini katup dan camshaft berada di kepala silinder mesin yang membuat rangkaian ini cukup mudah ditangani. Sistem ini dirangkai untuk menggantikan sistem OHV yang rangkaiannya cukup rumit.

Oke sobat semua yang terkasih, sekian informasi mengenai katup pada mobil yang bisa penulis share pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi sobat semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung dan juga meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Jangan lupa untuk update terus perkembangan artikel – artikel terbaru berikutnya. Salam hangat selalu dari penulis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here