Selain dikarenakan oleh mesinnya, kebiasaan pengemudi ketika mengendarai kendaraannya juga menjadi salah satu penyebab mobil menjadi boros bbm. dan kali ini kita akan membahas tentang kebiasaan pengemudi yang menyebabkan mobil menjadi boros bbm.

Penyebab :

  1. Berpindah-pindah Jalur

Percayalah, berpindah-pindah jalur hanya memberi ilusi seolah Anda lebih cepat. Padahal kenyataannya, Anda sedang membakar lebih banyak BBM. Sekaligus mengeluarkan usaha lebih dan hanya memangkas waktu tempuh sangat sedikit, bahkan cenderung tidak sama sekali.

  1. Ngebut Selepas Lampu Merah

Di jalan tol, mungkin Anda bisa ngebut. Karena di beberapa jalan tol kecepatan minimal yang diperbolehkan 60 kpj saja. Tapi di jalan perkotaan, Anda pasti berjalan jauh lebih perlahan. Ini tentu saja menggoda Anda untuk menginjak pedal gas dalam-dalam jika ada kesempatan.

  1. Mengangkut Penumpang Melebihi Kapasitas

Tidak jarang MPV (Multi Purpose Vehicle) 7-seater digunakan untuk membawa 9-10 penumpang sekalipun. Biasanya mobil jenis ini dimodifikasi khusus oleh pemiliknya, ditujukan sebagai kendaraan angkutan umum atau omprengan. Belum lagi barang bawaan yang diikat di atap. Semakin berat beban yang harus ditanggung mesin, semakin haus mesin minum bahan bakar.

  1. Tekanan Angin Ban Kurang

Dikombinasikan dengan friksi yang dialami ban saat berkendara, tekanan angin di dalam ban bisa berkurang. Ban yang tekanan anginnya kurang, memberi efek negatif pada kenyamanan, kemudi dan pastinya konsumsi BBM.

  1. Tidak Mengikuti Jadwal Servis Rutin

Tak mengindahkan jadwal perawatan berkala itu mengundang masalah. Memeriksa, mengganti atau menyetel ulang komponen mobil Anda di waktu yang tepat, sama pentingnya dengan mengisi bensin.

 

Alangkah baiknya jika kita mengendarai kendaraan kita harus bersabar dan selalu menaati aturan lalu lintas agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan dan selamat sampai tujuan. Nah, sekian beberapa penjelasan dari kami. Jika anda memiliki kritik, saran, dan pertanyaan silahkan tulis dikolom komentar. Terimakasih telah mengunjungi website kami.

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here