Kebiasaan yang menyebabkan mobil paling boros bbm pada saat ini

Mobil merupakan sebuah kendaraan yang paling nyaman ditumpangi,namun beda lagi jika mobil yang ditumpangi memiliki masalah boros bbm,banyak dari anda tidak tau kebiasaan  apa saja yang menyebabkan mobil anda boros bbm,berikut ini ada beberapa kebiasaan yang sering dilakukan,sehingga membuat mobil anda boros:

Kebiasaan yang sering dilakukan.

  1. Memanaskan mesin berlama-lama.

Padahal memanaskan mesin untuk mobil-mobil baru cukup 1 menit, sedangkan mobil generasi 90an cukup 3-5 menit. Jika dipanaskan sampai 15 menit maka berapa BBM yang dikeluarkan?sungguh boros bukan?

  1. Berkendara di RPM tinggi.

Jaga putaran mesin pada 2000 sampai 3000 rpm, berkendaralah dengan bijak dengan menggunakan RPM rendah terlebih dahulu, jika tidak memungkinkan atau dirasa tidak kuat boleh kita menaikkan rpm mesin agar bisa menanjak atau menyalip.

  1. Berkendara terlalu cepat.

Mengemudi yang hemat BBM adalah dengan kecepatan dibawah 90 km/jam di atas itu maka konsumsi bbm mobil akan meningkat cukup signifikan.

  1. Mengemudi Spontan.

Misalnya terlalu sering menginjak pedal gas secara spontan atau pedal rem secara spontan atau bermanuver dengan spontan dapat menyebabkan meningkatnya konsumsi bbm mobil,

  1. Beban berlebih.

Membawa beban berlebih pada mobil bisa memicu meningkatnya konsumsi bbm. Tidak usah membawa barang yang tidak diperlukan, turunkan dari mobil segera setelah selesai.

  1. Tekanan Angin Kurang

Faktanya, banyak jalanan di Indonesia yang kurang mulus, bahkan cenderung berlubang. Jadi kinerja ban jauh lebih berat dibanding kalau jalanan mulus. Dikombinasikan dengan friksi yang dialami ban saat berkendara, tekanan angin di dalam ban bisa berkurang. Ban yang tekanan anginnya kurang, memberi efek negatif pada kenyamanan, kemudi dan pastinya konsumsi BBM.

Perhatikan dan jaga tekanan angin di tiap ban selalu sesuai dengan rekomendasi manufaktur. Hampir setiap pompa bensin, saat ini melengkapi dengan stasiun pengisian angin ataupun nitrogen. Cek tekanan angin setiap ban setiap minggu.

  1. Tak Mengikuti Jadwal Servis Rutin

Tak mengindahkan jadwal perawatan berkala itu mengundang masalah. Memeriksa, mengganti atau menyetel ulang komponen mobil Anda di waktu yang tepat, sama pentingnya dengan mengisi bensin. Mobil memiliki banyak komponen bergerak yang seiring dengan pemakaian bisa aus. Bila terus digunakan dapat mengurangi efisiensi bahan bakar.

Itu dia kebiasaan yang sering dilakukan pengendara sehingga menyebabkan mobilnya boros bbm,setelah ini jangan dilakukan lagi ya kebiasaan diatas,semoga bermanfaat bagi kita semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here