Kopling mobil memiliki fungsi yang cukup penting dalam sebuah mobil, kopling berfungsi untuk menyalurkan tenaga yang berasal dari mesin menuju sistem transmisi. Terdapat 2 jenis kopling yang biasa digunakan dalam sebuah mobil, yaitu kopling mekanis dan kopling hidrolis.

Perbedaan ini berdasarkan dari sistem kerja yang digunakan untuk mendorong alat dari pembebas kopling. Kopling hidrolis lebih menggunakan cairan minyak seddangkan kopling mekanin mengandalkan kabel. Kali ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai kopling hidrolik.

Dinamakan jenis kopling hidrolis dikarenakan dalam melakukan pemindahan daya menggunakan tenaga hidrolis. Tenaga hidrolis ini didapatkan dengan cara menempatkan cairan dalam sebuah wadah yang diputar sehingga cairan tersebut nantinya akan terlempar serta bersirkulasi dikarenakan gaya sentrifugal karena fluida memiliki tenaga hidrolis. Fluida bertenaga inilah yang kemudian dikenal sebagai pemindah dan penerus tenaga.

Ada 3 komponen utama yang ada dalam sebuah kopling hidrolik, antara lain adalah:

Pump Impeller
pompa yang memiliki fungsi sebagai pembangkit tenaga hidrolis yang ada di dalam fluida

Turbin Runner
mekanisme penangkap tenaga yang berasal dari hidrolis fluida yang dibangkitkan pump impeller

Stator
mekanisme pengatur yang berasal dari arah aliran fluida sehingga tidak akan ada aliran-aliran yang merugikan bahkan akan menguntungkan karena dapat meningkatkan momen atau torsi.

Kelebihan Kopling Hidrolis

Kopling hidrolis biasanya digunakan pada mobil-mobil dengan komponen transmisi otomatis. Jika dibandingkan dengan kopling mekanik, tentu saja ada perbedaan yang tampak terutama dari cara kerja kopling hidrolik yang lebih mengandalkan cairan minyak dibandingkan cara kerja kopling mekanik yang menggunakan kabel. Nah selain itu ada beberapa kelebihan kopling hidrolik pada mobil yang juga perlu anda ketahui.

1. Penempatan Posisi Tenaga Lebih Baik

Jika dibandingkan dengan kopling mekanik yang memiliki kelemahan pada bagian penempatan posisi tenaga sistem transmisinya, berbeda dengan kopling hidrolik yang tenaganya tersalurkan dan ditempatkan di setiap tempat. Sehingga tenaga yang dihasilkan kopling hidrolik bisa lebih fleksibel dari segi penempatan tenaga transmisi.

2. Gaya Yang Dibutuhkan Kecil

Dalam cara kerja kopling hidrolik, gaya yang dibutuhkan sangat kecil untuk dapat mengangkat dan menggerakan beban yang berat sekalipun. Cara kerjanya adalah dengan mengubah sistem perbandingan luas pada penampang silinder. Hal ini dikarenakan kemampuan dari komponen-komponen dalam kopling hidrolik pada tekanan dan kecepatannya yang sangat tinggi.

3. Menggunakan Minyak Mineral

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kelebihan kopling hidrolik pada mobil adalah penggunaan minyak mineral sebagai media untuk memindahkan gaya. Di dalam sistem hidrolik, bagian-bagian yang saling bergesekan akan terselimuti dengan lapisan minyak. Sehingga bagian-bagian tersebut nantinya secara tidak langsung akan terlumasi. Hal ini yang kemudian dapat mengurangi gesekan yang terjadi.

4. Beban Mudah Dikontrol

Kelebihan lainnya yaitu terletak pada beban yang dapat dengan mudah dikontrol menggunakan relief valve atau katup pengatur tekanan. Jika beban yang berlebihan tidak segera teratasi, maka tentu saja akan merusak komponen-komponen yang ada di dalam kopling. Saat beban melebihi kapasitas kemampuan pada penyetel katup, maka pemompaan akan langsung diantarkan menuju tangki pada batasan tertentu terhadap gayanya.

5. Beban Dapat Berhenti Otomatis

Menggunakan kopling hidrolik akan membuat beban berhenti otomatis dan terkunci di posisi manapun ketika pompa tidak mampu untuk mengangkat.

6. Mudah Dalam Pemasangan

Kopling hidrolik memiliki kelebihan mudah dalam pemasangan dibandingkan dengan kopling mekanik.

7. Sedikit Perawatan

Bagi anda yang kurang rajin melakukan perawatan mobil, maka kopling hidrolik memberikan kemudahan tersendiri. Hal ini karena kopling hidrolik yang memang minim dalam perawatan.

Meskipun memiliki banyak kelebihan, bukan berarti jika kopling hidrolik tidak memiliki kekurangan. Ada beberapa kekurangan pada sistem kopling hidrolik yang perlu anda perhatikan. Pertama harganya yang cukup mahal karena penggunaan fluida cairan yaitu oli. Dan yang kedua adalah ketika terjadi kebocoran maka akan mengotori sistem yang di dalamnya. Sehingga perlu diperhatikan lebih lanjut jika anda menemukan tanda-tanda terjadinya kebocoran. Nah itu tadi beberapa kelebihan kopling hidrolik pada mobil yang dapat anda ketahui. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here