Mobil terkadang tidak semudah dinyalakan seperti biasanya. Terutama pada mobil yang berusia tua, mobil terkadang tidak bisa dinyalakan. Hal ini tentu mengganggu kenyamanan ketika akan berkendara.

Kenali Tanda Penyebab Mobil Matic Tidak Bisa Distarter

Ada beberapa hal yang harus anda ketahui apa penyebab mobil tidak bisa di starter :

1. Masalah pada Aki

Sumber tenaga mobil terletak pada aki. Oleh karena itu, ketika ada masalah dengan aki, mobil tidak bisa distarter dan sulit dinyalakan. Saat mobil tidak bisa dinyalakan, hal pertama yang seharusnya anda cek adalah kondisi akinya.

2. Kerusakan pada Dinamo Starter

Penyebab mobil tidak bisa distarter adalah adanya kerusakan pada dinamo. Kerusakan dinamo ini terjadi karena adanya pemakaian yang tidak bisa diterima oleh kondisi mesin, terutama dinamo. Kerusakan ini ditandai dengan mobil biasanya dapat dinyalakan pada pagi hari, namun saat mesin benar-benar panas, maka mobil sudah tidak bisa distarter lagi. Ketika ini terjadi, maka kerusakan disebabkan oleh dinamo starter. Kerusakan ini biasanya terjadi karena ada masalah pada gulungan, bendix, ataupun arang nya habis.

Jika ingin menyalakan mobil dalam kondisi ini, maka kita harus menunggu hingga temperature suhu mobil menjadi dingin, baru bisa dinyalakan kembali. Namun, agar kejadian seperti ini tidak terjadi lagi, segera bawa mobil anda ke bengkel yang terpercaya.

3. Koil Bermasalah

Koil memiliki fungsi untuk menaikkan tegangan listrik ke aki. Jika koil ini panas dan bermasalah, maka dapat berdampak pada mobil yang tidak bisa distarter, karena tegangan listrik yang dihasilkan koil ke aki ini dapat mencapai ribuan volt. Arus listrik ini selanjutnya akan mengalir ke busi dan mengeluarkan pijaran bunga api.

4. Komponen Busi Mengalami Masalah

Biasanya jika busi bermasalah mobil sampai tidak bisa dinyalakan sama sekali. Saat kondisi busi tidak baik, maka mobil hanya dapat dihidupkan jika mesin mobil dingin. Kondisi busi memang sering aus, sehingga harus diganti minimal tiga bulan sekali. Jika mobil digunakan ke luar kota atau dengan jarak tempuh yang jauh, maka pergantian busi ini harus lebih sering lagi.

5. Masalah pada Injektor Bahan Bakar

Injektor atau aliran bahan bakar ini merupakan sebuah sistem di mobil yang merupakan tempat agar bahan bakar tersimpan secara aman. Pada aliran bahan bakar ini juga untuk menyalurkan bahan bakar ke mesin dan agar bahan bakar terkabutkan dan bercampur dengan udara. Jika terdapat masalah pada injektor, maka akan membuat suplai bahan bakar bermasalah dan berdampak pada mesin yang tidak bisa menyala.

6. Kendala pada Kompresi Bahan Bakar

Kompresi bahan bakar biasanya mengalami masalah karema adanya hambatan aliran bahan bakar yang terlalu rendak. Akibatnya, mobil jadi tidak bisa menyala. Agar dapat kembali menyala, maka perlu dibawa ke bengkel agar segera membaik.

Demikian artikel mengenai Penyebab Mobil Matic Tidak Bisa Distarter. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here