Hello sobat smeua yang terkasih kembali lahi bertemu dnegan penulis nih sobat tenunya dengan berbagai ulasan menarik yang tentunya bisa menambah wawasan serta informasi buat sobat semua melalui postingan yang akan penulis sajkan kali ini.

Oke sobat semua, tidak jah berbeda dari artikel yang sebelumnya, pada kesempatan kali ini penulis juga masih akan membahas mengenai otomotif ya sobat, dan seperti yang sudah penulis utarakan dalam postingan sebelumnya, bahwasanya jika kita berbicara mengenai otomotif tentunya hal tersebut tidak akan terlepas dari komponen serta fitur – fitur canggih dalma otomotif tersebut.

Nah sobat semua, adapun materi atau topik yang akan kita bahas dalam artikel kali ini adalah mengenai komponen dinamo starter mobil. Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama. Pada zaman yang semakin canggih ini, tentunya sudah banyak produsen mobil yang menciptakan sistem dengan serba ototmatis, seperti hal nya pada sistekm starter pada mobil.

Diaman cukup hanya dengan memutar kunci kontak atau menekan tombol maka mesin mobil anda sudah dapat dihidupakan, bahkan ada yang lebih cangguh lagi, yakni hanya dengan menggunakan remote control. Semua hal tersebut diciptakan khusus untuk memenuhi semua keinginan pelanggan, termasuk anda ya sobat.

Adapun fungsi dari starter mobil itu sendiri yakni untuk menghidupakn putaran awal mesin flywheel sehingga mesin kendaraan anda dapat hidup. Hal ini tentu bisa terjadi karena system terrsebut bekerja dengan mengguankan tenaga elektromagnetik yaitu dengan cara mengubah energy listrik dari sumber tegangan daya menjadi energi gerak dengan bantuan magnet.

Sehingga energi gerak yang dihasilkan tersebut dapat memberikan tekanan awal mesin pada flywheel. Nah sobat semua dalam menjalankan fungsi dari starter tersebut, komponen dinamo di dalamnya tidak terlepas peranaan di dalamnya, begitupun dengan komponen dynamo starter mobil tersebut.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah komponen dinamao starter mobil beserta fungsinya. Antara lain adalah sebagai berikut :

1. Solenoid

Komponen dinamo starter mobil yang pertama adalah solenoid. Komponen solenoid ini disebut juga dengan saklar magnet yang berfungsi untuk menghubungkan dan melepaskan gigi pinion ke ring gear flywheel, sekalaligus mengalirkan arus listrik yang besar pada starter melalui terminal utara.

2. Komutator

Komponen dinamo starter mobil yang kedua adalah komutator. Komponen yang satu ini juga berperan penting dalam menjalankan fungsi dynamo starter mobil anda. Adapun fungsi dari komponen yang satu ini adalah sebagai piranti yang berfungsi untuk mengalirkan arus listrik yang besar pada starter melalui aliran listrik ke armature sehingga terjadilah putarana.

3. Armature

Komponen dinamo starter mobil yang ketiga adalah armature. Armature juga sangat memiliki peran penting nih sobat, yakni sebagai piranti yang berfungsi untuk mengubah energy listrik menjadi energy mekanik ( energi gerak ) dalam bentuk gerakan yang berputar. Nah sobat, aarmature ini juga memiliki beberapa komponen di dalamnya yng juga tentunya membantunya untuk menjalankan peran dan tugasnya sebagai salah satu komponen dinamo starter mobi. Adapun komponen yang dimaksud adalah antara lain seabgai berikut :

Poros armature
Kumparan armature
Inti armature
Komutator armature.
ads
Dan keempat komponen tersebut memiliki fungsi yang berbeda – beda satu dengan yang lainnya namun memiliki tujuan yang sama, yakni untuk menjalankan fungsi armature tersebut sebagai salah satu dari komponen dinmo starter mobil.

4. Sikat

Komponen dinamo starter mobil yang keempat adalah sikat. Adapun komponen yang satu ini merupakan komponen yang berfungsi untuk mengalirkan listrik dari kumparan medan ke armature, kemudian nantinya armature akan akan melanjutkannya ke massa dengan menggunakan komutator yang ada di dalamnya. Pada umumnya donamo starter mobil memiliki dua sikat, yakni :

Sikat positif, yakni komponen yang berfungsi untuk menghubungkan arus dari field coil ke armature
Sikat negatif, yakni komponen yang berfungsi untuk menghubungkan arus listrik dari armature ke massa.
5. Kumparan Medan

Komponen dinamo starter mobil yang kelima adalah kumparan medan. Kumparan medan atau yang bisa disebut dengan field coil ini adalah komponen yang dilitkan pada sebuah inti kutub yang terbuat dari besi untuk menghasilakn medan magnet ketika arus mengalir.

Nah sobat semua, dinamo starter ini akan mengubah energi listrik DC dari aki menjadi energi gerak atau kinetik putar yang selanjutnya putaran dinamo starter ini akan memutar fly wheel kendaraan. Dengan berputarnya fly wheel ini maka siklus kerja dari sebuah mesin akan terpicu dan berkelanjutan.

Cara Merawat Komponen Dinamo Starter Mobil

Adapun cara yang bisa anda lakukan untuk merawat komponen dinamo starter mobil ini adalah dengan cara melakuakn pengecekan secara rutin apakah komponen tersebut masih berfungsi dengan baik satu dengan yang lainnya. Dengan melakukan hal ini, maka anda bisa mengantisipasi keruskaan sejak dini.

Oke sobat semua yang terkasih, sekian informasi yang bisa penulis sajikan buat sobat semua mengenai komponen dinamo starter mobil. Semoga informasi ini bermanfaat buat sobat smeua yang sudah membacanya. Sampai ketemu diartikel selanjutnya ya sobat, tentunya dengan pembahasan yang lebih menarik lainnya. Salam hangat selalu dari penulis untuk sobat semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here