Hello sobat semua yang selalu penulis rindukan, semoga sobat semua dalam keadaan bahagia dan dalam keadaan baik – baik saja ya sobat, sama seperti penulis selalu dalam keadaan bahagia ketika menulis artikel ini buat sobat semua.

Penulis juga senantiasa selalu setia menemani waktu luang anda dengan keluarga tercinta dengan menyajikan berbagai ulasan menarik yang tentunya bisa menambah wawasan serta informasi buat sobat semua dalam berbagai hal melalui artikel demi artikel. Semoga anda dan keluarga tetap semangat membaca ya sobat.

Agak berbeda dari artikel yang sebelumnya, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai otomotif nih sobat, jadi jika sobat semua adalah salah satu penggemar otomomif ada baiknya sobat semua menyimak ulasan berikut ini, agar informasi serta pemahaman anda mengenai ototmotif tersebut bertambah ya sobat.

Jika berbicara mengenai otomotif sudah barang tentu kita juga akan membahas mengenai komponen penyusun dari benda otomotif tersebut. Setuju ya sobat. Nah sobat semua, adapun materi atau topik tentang otomotif yang akan kita bahas dalam artikel kali ini adalah mengenai komponen listrik pada mobil yang tidak kalah penting seperti halnya komponen radiator atau pun komponen kopling mobil. Itu semuanya saling melengkapi komponen satu dengan yang lainnya.

Karena seperti yang sudah kita ketahui bersama, komponen kelistrikan mobil ini sangatlah penting dan tergolong memiliki fungsi atau peranan yang dianggap vital dalam mobil tersebut. Untuk itu yuk sobat semua langsung saat kita simak ulasan berikut ini dengan seksama. Check It Out !

Bagian – Bagian Komponen Listrik Mobil

Seperti yang sudah kita ketahu bersama, ada beberapa komponen kelistrikan yang terdapat pada mobil dan menjadi sebuah kebutuhan yang wajib. Dengan kata lain, semua sistem yang memanfaatkan energi listrik masuk ke dalam sistem elektrikal mobil. Nah sobat semua, apa saja yang menjadi komponen kelistrikan tersebut. Sebelum membahas lebih dalam mengenai komponen listrik mobil, sebaiknya anda mengetahui bagian – bagian komponen listrik mobil terlebih dahulu.

Suplai Arus
Komponen yang pertama adalah penyuplai arus. Komponen penyuplai arus ini memiliki fungsi yang cukup penting, yakni untuk menghidupkan berbagai sistem elektrikal atau pun sistem kelistrikan pada mobil maka perlu disediakan arus listrik.

Input
Komponen listrik pada mobil yang kedua adalah sistem input. Adapun fungsi dari input ini adalah sebagai komponen yang berfungsi untuk mendeteksi kapan sebuah sistem akan aktif. Misalnya saklar, komponen starter mobil ataupun sensor pada mobil.

Sistem Control
Komponen listrik pada mobil yang ketiga adalah sistem control. Untuk jenis mobil yang mempunyai sistem “computerized analytic “ akan ditemukan sistem control ini. Yaitu mobil yang menggunakan rangakaian prossesor computer untuk mengaktifkan kinerja komponen mesin mobil dan bodi mobil.

Output
Komponen listrik pada mobil yang keempat adalah output. Jika di atas tadi ada sistem input, maka pastinya ada sistem output juga ya sobat. Adapun fungsi dari komponen yang satu ini adalah sebagai komponen aktivasi sistem elektrikal pada mobil anda.

Wiring Harness
Komponen listrik pada mobil yang kelima adalah wiring harness. Wiring harness atau komponen rangkaian kabel ini mempunyai fungsi untuk mengalirkan listrik dari baterai menuju seluruh bagian elektrikal pada mobil. Sehingga sistem kelistrikan bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

Cara Kerja Komponen Listrik Pada Mobil

Setelah mengetahui apa saja yang menjadi bagian dari komponen kelistrikan pada mobil, berikut ini adalah cara kerja dari komponen kelistrikan mobil tersebut. Cara kerja dari komponen listrik pada mobil yaitu dengan cara mengoperasikan saklar utama sistem penerangan.

Pada saat saklar utama bagian sebelah kanan anda putar satu kali, maka lampu kota haruslah hidup, dan apabila diputra dua kali, maka lampu kota dan lampu kepala harus hidup. Jika saklar bagian depan anda geser ke bagian belakang, maka lampu tanda belok sebelah kanan haruslah menyala sesuai dengan standarnya, dan bila di gerser ke dapan, maka lampu tanda belok sebelah kiri yang akan menyala. Tombol menghidukan lampu hazard terletak disebelah depan saklar utama.

Cara Perawatan Komponen Listrik Pada Mobil

Berikut ini adalah bagaimana cara perawatan komponen listrik pada mobil, antara lain :

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, perawatan , merupakan salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kondisi barang agar tetap dalam keadaan baik dan tentunya bisa jadi awet. Begitupun dengan sistem atau komponen listrik dalam mobil tersebut, perlu kita lakukan pengecekan secara berkala terhadap komponen listrik tersebut agar kita sebagai pemilik mobil bisa mengetahui atau mengecek sejak dini apakah ada masalah atau tidak pada komponen listrik pada mobil itu sendiri.

Apabila memang pada saat pengecekan ada hal – hal yang kurang wajar atau ada komponen yang membutuhkan perawatan atau service, maka kita sebagai pemiliki mobil bisa mengambil langkah atau tindakan perbaikan agar tidak mendatangkan masalah yang lebih besar nantinya. Dengan melakukan pengecekan secara rutin, diharapakan dapat mengantisipasi masalah sejak dini.

Oke sobat yang terkasih semua, sekian dulu pembahasan mengenai komponen listrik pada mobil yang bisa penulis share dan bisa penulis sajikan buat sobat semua penggemar otomotif. Penulis mengucapkan terima kasih bagi sobat semua yang sudah meluangkan waktunya untuk membaca atikel ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat semua yang sudah membacanya. Sampai ketemu diartikel selanjutnya ya sobat, tentunya dengan pembahasan yang tidak kalah menarik. Salam hangat selalu dari penulis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here