Sebuah mobil memiliki sistem dan mekanisme yang memiliki tujuan yang sama, yaitu mewujudkaan pengendara atau pengemudi yang nyaman pada saat digunakan. Tetapi dalam prakteknya, sering kali kita menemukan sebuah kondisi dimana ketika sedang mengendarai atau mengemudikan mobil anda yang anda rasakan tarikan mobil tersebut begitu terasa berat dan berbeda dengan keadaan seperti biasanya.

Faktor Penyebab Gas Mobil Matic Terasa Berat

Ada beberapa faktor yang menyebabkan gas mobil matic terasa berat, diantaranya.

1. Kampas Kopling yang Menipis

Faktor utama penyebab tarikan mobil terasa berat adalah menipisnya kopling kendaraan anda. Hal yang paling umum terjadi pada saat timbul gejala seperti mesin yang meraung dan pergerakan yang cukup berat tidak lain dan tidak bukan adalah masalah koplingya.
Adapun solusi untuk menangani masalah ini adalah : sebaiknya anda mengganti plat kopling mobil anda dengan yang baru. Apabila penggantian kopling anda terlambat, saat komponen tersebut sudah tipis, maka akan berpotensi merusak flywheel dan pressure plate.

2. Cengkraman Rem Terlalu Kuat

Cengkraman disini maksudnya adalah ketika terjadi keseretan ban yang nantinya akan mempengaruhi beban kendaraan anda saat dijalankan. Tetapi dalam kasus ini bersal dari sistem rem yang terlalu kencang cengkramannya, sekalipun anda belum menginjak pedal rem nya.
Solusi untuk menangani maslah ini adalah lakukanlah penyetelan ulang terhadap rem tromol mobil anda agar tidak terlalu mencengkram dan membuat tarikan mobil anda menjadi berat.

3. Turbo Vane Macet

Penyebab tarikan mobil terasa berat selanjutnya yakni bagian turbo vane macet. Pada mesin diesel kendaraan turbo itu merupaka hal yang sangat penting. Karena biasanya untuk mesin – mesin dengan kompresi tinggi, turbo charger dianggap sangat berpengaruh untuk mendongkrak torsi dan power yang terdapat dalam mesin.

4. Bearing Pada Roda Sudah Seret

Bearing rida terletak di poros roda yang berfungsi sebagi bantalan roda terhadap steering knucle. Atau biasa juga disebut demgan laher, komponen ini berbentuk silsinder yang agak tirus. Saat fungsionalitas laher terganggu, maka bisa dipastikan roda kendaraan anda akan bersa seret yang mengakibatkan tarikan mobil anda akan terasa berat.

5. Sirkulasi AC Bermasalah

Penyebab tarikan mobil terasa berat yang terakhir adalah karena sirkulasi ac bermasalah. Saat AC kendaraan anda hidup, maka akan terhubung dengan tarikan mesin mobil anda. Apabila tekanan pemakain AC menguat, makan berpotensi untuk membuat tarikan mesin anda semakin berat.

Demikian artikel ini tentang penyebab gas mobil matic terasa berat dan solusinya. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here