Seperti yang sudah kita ketahui bersama, pada setiap mobil manual tentunya pasti ada yang disebut dengan komponen kopling. Setuju ya sobat? Bagi sobat pecinta otomotif tentunya sudah tidak asing lagi dengan komponen yang satu ini ya sobat.

Namun yang harus sobat ketahui adalah apa saja yang merupakan bagian – bagian dari kopling mobil tersebut beserta fungsinya. Untuk itu, pada kesempatan kali ini, penulis akan menjelaskan secara gamblang buat sobat semua agar anda mengetahui secara detail tentang bagian – bagian dari kopling mobil tersebut berikut cara kerja kopling mobil manual. Yuk sobat, masi kita simak dengan seksama.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, kopling merupakan salah satu komponen yang terdapat pada mobil manual yang terletak diantara mesin dan transmisi, yang akan mengurangi putaran mesin saat dilakukan perpindahan gigi transmisi sehingga gigi transmisi dapat masuk dengan mudah. Walaupun terlihat sepele nih sobat semua, namun hal penting yang harus anda tau adalah bagian – bagian beserta fungsi kopling mobil dari setiap bagian yang ada pada kopling tersebut.

Bagian – bagian dari kopling mobil

Berikut ini adalahkomponen kopling mekanik atau bagian – bagian dari kopling mobil berserta fungsinya, serta cara pemakaian atau penggunaanya agar awet. Berikut ulasannya untuk anda.

1. Pedal Kopling

Pedal kopling terletak disebelah kiri dan diinjak mengguakan kaki kiri secara bertahap. Fungsinya adalah sebagai berikut :

Mengatur jarak kopling denagn flywheel atau roda gila.
Untuk meneruskan atau memutuskan aliran mesin ke sistem penggerak.
2. Master Kopling Atas

Adapun fungsi dari master kopling atas pada mobil ini adalah sebagai meneruskan tekanan secara perlahan dari pedal kopling ke master kopling bawah, dalam master kopling terdapat perapat karet yang berfungsi untuk mencegah kebocoran pada minyak kopling, serta agr bisa menampung minyak kopling tersebut di dalamnya.

3. Master Kopling Bawah

Jika ada master kopling atas , tentunya ada juga master kopling bawah ya sobat. Adapun fungsi dari kopling bawah ini adalah sebagai berikut :

Sebagai komponen yang berfungsi untuk meneruskan pekerjaan dai master kopling atas
Setelah master kopling bawah menerima tekanan dari master kopling atas, lalu akan diteruskan kedalam garpu pembebas ata fork kopling untuk mendorong maju dan membebaskan plat kopling dari himpitan matahai kopling dengan flewheel tersebut.
4. Garpu Pembebas Atau Fork Kopling

Adapun fungsi dari komponen atau bagian dari kopling yang satu ini adalah sebagai berikut :

Merupakan suatu komponen pada kopling mobil yang berfungsi sebagai penghubung dari release kopling dengan release bearing yang akan bergerak maju dan juga bgergerak mundur.
Komponen yang berfungsi untuk menekan cover clutch dan akan membebaskan putaran mesin ketika seorang pengemudi menginjak pedal kopling tersebut.
5. Release Bearing Kopling

Release bearing kopling ini merupakan suatu bantalan tertutup dengan tipe pelumas permanen yang artinya tidak akan bisa dibuka ataupun dibersihkan, sehingga di bagian dalamnya tidak akan bisa diberi pelumas dan juga tidak akan bisa dibongkar. Jadi, intinya sudah permanent tersematkan didalam kopling tersebut ya sobat. Adapun fungsinya adalah sebagai berikut :

Meneruskan dorongan dari fork kopling menuju pegas diafragma pada saat kopling diinjak oleh seornag pengemudi
Cara klerja release bering ini tidak hanya sekedar menekan, tetapi juga harus berfungsi sebagi pemutar.
6. Cover Cluth

Cover cluth ini biasanya disebut juga dengan nama matahari kopling yang terpasang atau dibautkan dengan flywherl sehingga memiliki fungsi sebagai komponen yang berfungsi sebagai dudukan dari plat kopling lalu menekan plat kopling ke flywheel untuk menerukan tenaga tersebut ke mesin.

7. Plat Kopling

Pada umumnya bentuk dari plat kopling adalah berupa piringan berbahan dasar asbes dengan campuran logam yang memiliki perawatan khusus supaya tidak cepat aus atau rusak. Karena pada umumnya jika plat kopling aus akan berbau menyengat seperti bau terbakar, dan apabila dibiarkan terlalu lama akan terbakar. Adapun fungsi dari plat kopling tersebut adalah untuk meneruskan tenaga dari mesin dari flywheel ke transmisi.

Cara Penggunaaan Kopling Agar Awet

Selain bagian – bagian serta fungsi dari kopling tersebut, ada juga harus mengetahui cara penggunaan kopling tersebut agar lebih awet dan penyebab kampas kopling mobil cepat habis penyebab. Berikut ulasannya untuk anda.

Tidak meletakkan kaki pada pedal kopling secara terus menerus pada saat mobil dalam keadaan melaju karena akan mengakibatkan keausan pada plat matahari kopling pada clutch cover dan release bearing.
Ketika berada pada jalan yang menanjak, sebaiknya tidak usah menggunakan teknik setengah kopling secara terus menerus, karena plat kopling akan lebih cepat tipis dan tentunya akan memperpendek umurnya.
Tidak melepas kopling dengan kasar, karena akan mengakibatkan keausan pada plat kopling, karena plat koplng yang tidak rata akan mengakibatkan kopling akan bergetar.
Oke sobat semua, sekian informasi mengenai kopling mobil yang bisa penulis share pada kesempatan kali ini. Sebaiknya anda juga paham mengenai jenis jenis kopling mobil untuk menambah wawasan. Sampai jumpa diartikel selanjutnya tentunya dengan pembahasan yang tidak kalah menarik ya sobat. Salam hangat, salam otomotif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here