Lampu yang terdapat pada kendaraan sangat penting dalam berkendara, terutama disaat berkendara pada malam hari. Lampu sangat berguna sebagai penerangan jalan. Kemudian juga bisa digunakan sebagai simbol untuk memberitahukan pengendara lain seperti halnya saat akan berbelok, saat keadaan darurat atau pun hal lainnya. Banyak kan sobat fungsi dari lampu mobil secara umum. Lampu tembak bisa bekerja dengan baik karena andanya sistem kelistrikan pada mobil. Sehingga pengetahuan terhadap sistem kelistrikan sangat penting.

Macam Lampu Tembak

Pada kesempatan kali ini kami bermaksud untuk membahas penggunaan dan fungsi lampu tembak mobil. Untuk mengetahuinya lebih dalam lagi, anda bisa menyimak pembahasan lengkap di bawah ini, ada 2 jenis lampu pada mobil yaitu :

1. Low Beam

Low beam adalah sinar lampu menyorot ke arah bawah bagian depan jalan yang akan dilalui pengendara, atau biasa disebut lampu dekat. Lampu dekat ini sangat tepat untuk memberikan penerangan pada jalan yang anda lalui, sehingga lebih memudahkan dan membantu anda pada saat berkendara.

Contohnya saja anda bisa terhindar dari lubang – lubang jalan atau pun bisa mengetahui keberadaan polisi tidur. Tegas tidaknya lampu dipengaruhi oleh peda gas mobil yang anda gunakan. Semakin tinggi kecepatan, maka akan semakin terang nyala lampunya.

Kemudian anda tidak dianjurkan mengganti warna lampu ya sobat, karena dampak mengganti warna lampu mobil akan sangat fatal. Coba saja bayangkan jika lampu depan mobil anda diganti dengan warna merah, pengendara yang berlawanan arah akan mengira mobil bagian depan anda adalah bagian belakang, sehingga bisa menciptakan peluang besar terjadinya kecelakaan.

2. High Beam

High beam adalah sinar lampu menyorot ke arah tengah dan depan jalan yang akan dilalui pengendara (sejajar dengan posisi lampu), atau biasa disebut lampu jauh. Lampu jauh ini tidak boleh digunakan secara sembarangan. Apalagi digunakan secara terus menerus.

Yang ada akan membahayakan para pengendara lain. Kesilauan yang dihasilkan akan membuat mata pengendara menjadi terganggu dan jarak pandang mata terhadap jalan menjadi kabur sehingga bisa berdampak terjadi kecelakaan. Oleh karena itu tidak boleh digunakan secara sembarangan dan hanya bisa digunakan sebagai tanda.

Namun banyak orang yang salah kaprah terhadap penggunaan lampu itu sendiri, banyak yang masih belum mengetahui penggunan lampu terutama penggunaan lampu jauh atau high beam. Seperti halnya para kaum hawa, yang penting lampunya nyala, entah itu jarak dekat atau pun jarak jauh.

Lampu tembak atau lampu flash merupakan lampu jarak jauh, dimana pada posisi ini kedua lampu baik dekat maupun jauh sama-sama menyala. Fungsi lampu ini digunakan pada kondisi – kondisi insidensial, seperti ketika akan menyalip kendaraan dan juga kode – kode tertentu.

Karena sinar terang pada lampu jauh dapat menyebabkan pengendara di depan terganggu penglihatannya (silau), maka penggunaan lampu jauh dilarang di jalan – jalan yang lalu lintasnya padat atau pun jika ada pengendara lain dari arah yang berlawanan. Salah satu penyebab terjadinya kecelakaan yaitu penggunaan lampu jauh secara terus menerus.

Bagi orang yang memiliki gangguan mata silinder (astigmatisme), silau akan terasa lebih intens. Pada kasus tertentu, orang dengan mata silinder akan terganggu pandangannya jika berhadapan dengan cahaya terang, orang bermata silinder akan tertutup seluruh pandangannya dan pada kasus lain, sinar terang akan membuat pandangan matanya jadi gelap total.

Fungsi Lampu Tembak Pada Mobil

Di bawah ini terdapat beberapa fungsi dari lampu tembak atau flash pada mobil yang bisa anda simak dan perhatikan dengan baik ya sobat :

Sebagai Penerangan Dijalan yang Gelap
Tentu kita ketahui bahwa lampu tembak tidak dianjurkan digunakan di tempat yang ramai seperti contohnya jakarta dikarenakan lampu ini terlalu terang dan membuat silau bagi yang melihat ataupun berpapasan langsung. Selain itu akan membahayakan pengendara lain dari arah yang berlawanan sehingga kemungkinan ini akan menjadi penyebab kecelakaan.

Untuk itu jika berkendara di tempat yag ramai dianjurkan menggunakan lampu dekat atau low beam, lampu ini jauh lebih aman. Namun jika kita berkendara di tempat sepi atau di jalan yang tidak ada penerangannya sama sekali, kita boleh menggunakan lampu ini sebagai penerang jalan. penyebab lampu depan mobil mati dalam kasus ini wajib anda perhatikan ya sobat. Jika sewaktu – waktu mati anda bisa memperbaikinya sendiri sebagai penanganan pertama.

Sebagai penerang Dijalan yang Berkabut
Ketika kita berkendara di jalan yang kebetulan cuacanya sedang berkabut tebal maka kita boleh menggunakan lampu high beam atau lampu jarak jauh sebagai penerang, karena jika kita menggunakan lampu jarak dekat maka kemungkinan besar kita tidak aka bisa melihat jalanan karena tertutup kabut.

Sebagai Penanda atau Kode ke Pengendara Lain
Biasanya di arah yang berlawanan kita melihat pengendara yang akan belok, nah dalam keadaan seperti ini kita boleh menggunakan lampu tembak sebagai penanda atau kode ke pengendara dari arah berlawanan yang ingin berbelok untuk berhenti. Caranya dengan menyalakan lampu jarak jauh sejenak dibarengi dengan lampu dekat.

Selanjutnya jika anda sudah tau bagaimana penggunaan lampu tembak yang tepat, sudah menjadi kewajiban bagi anda untuk merawatnya. tips merawat lampu mobil bisa anda pelajari dengan baik ya sobat. Itulah pembahasan mengenai penggunaan dan fungsi lampu tembak mobil.

Cukup sekian pembahasan artikel kali ini, semoga membawa banyak manfaat bagi sobat semua. Sampai jumpa di lain kesempatan. Jangan lupa untuk terus update perkembangan artikel – artikel kami. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Salam hangat selalu dari penulis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here