Kelistrikan Ini adalah salah satu penyebab mobil tidak bisa distarter yang paling sering terjadi.Kondisi ini bisa dideteksi jika saat anda menstarter mobil anda, tetapi tidak ada arus listrik sama sekali. Bisa ditandai dengan tidak adanya bunyi starter, atau berbunyi sangat pelan dan tidak wajar.

Jika mobil anda tidak bisa distarter karena masalah kelistrikan, biasanya masih bisa dinyalakan dengan didorong.Namun perlu diingat bahwa tidak semua mobil bisa dinyalakan dengan didorong.

Untuk masalah kelistrikan, anda bisa memeriksanya pada beberapa bagian. Beberapa bagian yang perlu anda periksa adalah :

  1. Aki

Aki atau Accu adalah sumber utama kelistrikan, saat terjadi permasalahan kelistrikan, bagian utama yang perlu anda curigai adalah bagian aki.Penyebab aki tidak berfungsi bermacam-macam, namun biasanya karena aki sudah tidak layak pakai.Sudah terlalu tua atau kotor.

  1. Kabel Sikring Utama

Setelah anda memeriksa aki namun kinerjanya normal, selanjutnya anda perlu memeriksa kabel sikring utama.Umumnya kabel sikring utama berada di dekat aki pada bagian positif.Jika kabel putus, maka harus diganti dan diperbaiki.

  1. Socket Dan Kunci Kontak

Setelah anda memeriksa aki dan kabel sikring utama, namun tidak menemukan kerusakan, selanjutnya anda perlu memeriksa bagian socket dan kunci kontak.Ini bisa menjadi biang utama mobil tidak bisa distarter.Socket yang kendor bisa menjadi penyebab mobil tidak bisa distarter. Jika anda menstarter mobil anda dan tidak ada suara dari dynamo starter sama sekali, maka kemungkinan besar adanya gangguan pada socket dan kunci kontak. Anda bisa memperbaikinya dengan mengencangkan dan memastikan socket dan kunci kontak dalam keadaan yang seharusnya.

Itulah beberapa penyebab mobil tidak bisa distarter, untuk mengatasinya sudah sedikit dijelaskan pada poin-poin di atas.Jika tidak bisa diatasi sendiri, ada baiknya anda membawa mobil anda ke bengkel atau mengundang montir yang ahli.

  1. Kerusakan Mesin

Jika kelistrikan pada mobil anda normal, starter juga normal, namun tidak bisa dinyalakan.Kemungkinan besar adanya kerusakan mesin.Kerusakan mesin yang menyebabkan mobil tidak bisa menyala terjadi pada beberapa bagian mesin mobil.Berikut beberapa di antaranya.

  1. Platina

Pada mobil yang masih menggunakan platina, kerusakan platina bisa menyebabkan mobil tidak bisa dinyalakan.

  1. Karburator

Mobil yang belum menggunakan teknologi injeksi, paling rentan terjadi permasalahan pada bagian karburator.Karburator yang berkendala bisa menyebabkan mesin mobil tidak bisa dinyalakan.

  1. Pompa Bensin

Jika pompa bensin mengalami kendala, aliran bensin tidak lancar.Hal ini yang menyebabkan mesin terganggu, mungkin masih bisa dinyalakan, namun beberapa saat kemudian mati dan seterusnya.

  1. Busi

Jika mesin mobil anda tidak bisa dinyalakan, ada baiknya anda memeriksa pada bagian busi.Jangan lupa untuk mencari kerusakan pada jalur busi, seperti kabel dan bagian koil.

  1. CDI

Meskipun jarang terjadi permasalahan pada bagian ini, namun CDI yang kinerjanya sudah tidak optimal bisa menjadi penyebab mesin mobil tidak bisa dinyalakan.Jika sudah demikian, jalan satu-satunya yang harus dilakukan adalah dengan mengganti CDI tersebut.

Demikian adalah ulasan mengenai penyebab dan cara mengatasi mobil tidak bisa distarter dan beberapa hal yang berkaitan. Untuk mengatasi kendala pada mobil, sebaiknya memang langsung ditangani oleh tenaga ahli, pasalnya untuk mencari bagian yang rusak pada mobil cukup sulit dideteksi.Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda. Jika anda ingin bertanya silahkan isi kolom komentar. Terima kasih.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here