Persiapan matang adalah kunci menghindari adanya masalah saat mudik menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil. Apa saja yang perlu disiapkan? Artikel kali ini sekiranya bisa menjadi jawaban.

Ada banyak sekali hal-hal yang kerap ditemukan menjadi masalah atau kendala ketika bepergian jauh. Masalah ini tidak hanya menyebalkan namun juga menyebabkan pengeluaran membengkak dan waktu perjalanan menjadi molor. Oleh sebab itu, persiapan yang baik sangat diperlukan. Baik itu persiapan fisik anda, maupun keadaan kendaraan.

Masalah saat Mudik yang Kerap Dialami Pemilik Mobil

Cukup banyak masalah yang kerap dikeluhkan pemilik mobil ketika hendak bepergian jauh. Adapun beberapa masalah tersebut di antaranya adalah:

  1. Mobil Kehabisan Bensin

    Pastikan anda mengetahui titik-titik mana saja SPBU akan ada. Dengan demikian anda bisa mengestimasi berapa banyak bensin yang diperlukan, kapan harus isi bensin, dan di mana harus isi bensin.

    Banyak loh kejadian karena pom bensin kelewatan, akhirnya mobil mogok karena SPBU selanjutnya ternyata lokasinya cukup jauh.

  2. Overheating

    Suhu mesin yang tidak terkendali ini kerap terjadi, khususnya pada mobil yang sudah lama tidak ganti oli. Juga terjadi pada mobil yang radiatornya tidak dirawat dengan baik. Salah satu cara menjaga performa radiator adalah dengan menggunakan coolat sebagai cairan isi radiator.

    Sayangnya, masalah saat mudik seperti overheat ini kerap terjadi karena pemilik mobil hanya menggunakan air biasa di radiator mobilnya. Alhasil, mobil jadi lebih cepat panas karena kemampuan air dalam mendinginkan sangatlah terbatas.

  3. Gak Kuat Nanjak

    Masalah lain yang kerap muncul adalah mobil yang tiba-tiba kehilangan performanya. Akibatnya, mobil jadi tidak kuat nanjak dan menghasilkan masalah-masalah lainnya. Nah, jika ngerasa akhir-akhir ini mobil punya masalah di tenaga, mending dibawa dulu ke tempat service untuk diperbaiki.

    Masalah tenaga mobil ini banyak sekali penyebabnya. Oleh sebab itu, pastikan mencari tahu penyebab masalah mobil secara mendetail.

Itulah beberapa hal yang kerap jadi masalah yang muncul saat mobil dibawa mudik. Oleh sebab itu, persiapan mudik yang matang wajib dilakukan. Tujuannya adalah untuk memastikan apapun resiko yang terjadi, masalah tidak akan muncul. Ada beberapa persiapan mudik yang bisa dilakukan.

Persiapan Untuk Menghindari Adanya Masalah Mobil saat Mudik

Banyak sekali persiapan mudik yang perlu dipersiapkan. Untuk mobil, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan demi kenyamanan berkendara. Namun yang terpenting, sebelum bepergian jauh pastikan mobil dibawa ke bengkel mobil untuk mendapatkan:

  1. Pengecheckan Menyeluruh

    Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan seluruh komponen mobil dalam kondisi baik dan bekerja dengan semestinya. Pastikan bengkel mobil yang anda pilih memang spesialis dengan jenis mobil anda.

  2. Tune UP

    Mobil yang hendak dibawa bepergian jauh atau mudik sebaiknya diberi tune UP untuk memastikan kondisi sistem pembakaran optimal. Dengan tune UP, tenaga mobil bisa kembali maksimal, konsumsi bahan bakar juga jadi lebih irit.

  3. Penggantian Part yang Bermasalah

    Komponen pada mobil yang dirasa memang bermasalah wajib untuk diganti. Dengan demikian, kondisi part selama berkendara dalam kondisi prima. Masalah saat mengemudipun menjadi tidak ada.

  4. Service Rutin

    Penggantian oli dan service rutin wajib dilakukan. Dengan demikian, mobil benar-benar bekerja dalam kondisi idealnya.

Nah ternyata banyak juga ya masalah saat mudik ketika menggunakan mobil. Oleh sebab itu, kami berharap masalah tersebut tidak terjadi pada anda karena persiapan matang memang sudah anda lakukan. Semoga bermanfaat.

BAGIKAN
Berita sebelumyaKonsep Otomatis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here