Hello guys, masih setia bersama penulis ya sobat dengan artikel – artikel yang menarik dan tentunya bisa memberikan tambahan informasi serta wawasan buat sobat semua dalam berbagai hal sesuai dengan materi atau topik pembahasan kita dalam setiap artikelnya ya sobat.

Penulis juga berharap sobat semua bisa menularkan kebiasaan membaca anda kepada orang disekitar anda ya sobat, karena seperti yang sudah kita ketahui bersama, membaca adalah alat untuk membuka dan mengetahui dunia lebih dalam. Setuju ya sobat.

Oke sobat semua, tidak jauh berbeda dengan artikel sebelumnya, pada kesempatan kali ini kita masih akan membahas mengenai otomotif beserta komponen yang ada di dalamnya. Adapun materi atau topik pembahasan yang akan kita bahas pada artikel kali ini adalah mengenai master silinder mobil. Yuk sobat semua penggemar otomotif, langsung saja kita simak ulasan berikut ini. Check It Out!

Adapun yang dimaksud dengan master silinder mobil adalah sebuah komponen hidrolik yang berfungsi untuk mengubah energi tekan dalam pedal kedalam bentuk tekanan hidrolik. Adapun komponen dari mster silinder hanya terdapat pada jenis rem hidrolik baik itu untuk motor maupun pada mobil.

Atau dengan kata lain master silinder adalah suatu bagian pada sistem hidrolik yang dapat mengubah gaya tekan mekanik menjadi tenaga hidrolik. Jadi master silinder ( master cylinder ) berfungsi untuk mengkonversi daya dorong mekanik dar pedal rem menjadi tekanan hidrolik pada minyak rem.

Adapun tekanna hidrolik tersebut terjadi karena adanya pos rod ( batang pendorong ) menekan piston di dalam ruang cylinder sehingga fluida cair di depan piston terdesak akibat adanya fluda cair yang memiliki daya dorong atau dengan bahasa otomotifnya disebut dengan istilah hidrolik. Hidrolik inilah yang nantinya akan digunakan untuk mendorong piston pada caliper rem cakram ataupun cylinder roda rem tromol pada saat pengereman.

Fungsi Master Silinder Mobil

Adapun fungsi silinder mobil antara lain adalah sebagai berikut :

Sebagai komponen yang berfungsi untuk mengubah energi tekan dari pedal rem atau tuas rem
Sebagai komponen yang berfungsi untuk tempat pedal rem yang berfungsi untuk menekan
Sebagai komponen yang berfungsi untuk ,engubah energi mekanis menjadi energi hidrolik
Sebagai komponen yang berfungsi untuk tempat refil sistem hidrolik
Nah sobat semua, selain fungsi dari master silinder mobil tersebut ada baiknya jika sobat semua juga mengetahui bagaimana cara kerja dari master silinder tersebut.

Cara kerja Master Silinder Mobil

Adapun cara kerja master silinder mobil ini hampir sama dengan silinder roda secara berkebalikan. Saat tuas atau pedal rem ditekan, maka tuas akan menekan piston yang lanjut menekan cairan hidrolik. Sedangkan saat piston bergerak menekan , maka salran menuju reservoir akan tertutup oleh dinding piston sehingga tekanan dari piston tersebut bisa diteruskan ke segala arah yang dalam hal ini akan diarahkan ke aktuaktor berupa wheel cylinder.

Cara Perawatan Master Silinder Mobil

Adapun cara perawatan pada master silinder adalah sebagai berikut :

Pengecekan Berkala
Lakukan pengecekan pada master silinder mobil anda secara ruitn dan berkala. Anda dapat melakukan pengecekan sendiri di rumah sobat. Pertama – tama adan bisa melakukan bleding atau buang angin yang mungkin saja terjebak di dalam saluran minyak rem.

Uji Coba Pengereman
Setelah minyak rem di bleding anda dapat melakukan tes jalan dan cobalah melakukan pengereman, jika rem mobil anda terasa tikka pakem, serta ketika pedal rem diinjak dan anda merasakan komponen tersebut ambles atau los , maka itulah calah satu ciri kalua master silinder mobil anda rusak.

Lakukan Perbaikan Pada Master Silinder Mobil
Langkah yang perlu anda lakukan dalam perbaikan master silinder mobil tersebut adalah dengan melakuka pembongkaran terlebh dahulu, kemudian melakuak perbaikan pada komponen yang rusak. Namun apabila anda merasa bahwasanya anda belum mahir dalam pembongkaran ataupun dalam perbaikan mster silinder mobil tersebut sebaiknya anda membawa ke bengkel saja ya sobat, agar bisa ditangani oleh para ahlinya. Namun anda harus bawa ke bengkel resmi ya sobat agar hasinya ber garansi dan terjamin.

Hanya sebagai tambahan infomasi aja nih sobat, dalam menjalankan fungsinya, ada beberapa komponen yang turut serta dalam membantu menjalankan tugas dari master silinder mobl tersebut. Adapun komponen yang dimaksud antara lain adalah sebagai berikut :

Reservoir tank, yaitu berfungsi untuk menampung minyak cadangan dan mengisi mnyak hidrolik apabila mulai berkurang.
Primary piston dan secondary piston, berfungsi untuk mengkompresikan minyak di dalam runag master silinder.
Piston seal dan atau sean piston, berfungsi untuk mencegah aliran minyak pada ruang depan master silinder.
Saluran bypass ( bypass port ), berfungsi untuk saluran diantara reservoir dan ruang master silinder
Compensating port atau saluran kompensasi, berfungsi untuk lubang kecil ynag menghubungkan antara master silinder dan berada dalm posisi bebas.
Sekian informasi mengenai master silinder mobil yang bisa penulis sajikan buat sobat semua. Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi sobat semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Jangan lupa untuk update terus perkembangan artikel – artikel terbaru berikutnya. Salam hangat selalu dari penulis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here