Saat Mobil sudah lambat jangan Lupa Mendeteksi Knalpot Mobil Bocor atau tidak. Jika Bocor Lantas Apa Solusinya untuk Memperbaiki Knalpot Mobil yang Bocor ?

Jika mengalami perjalanan jauh dan belum sempat Mendeteksi Knalpot Mobil bocor atau tidak, maka disini kami akan memberitahukan anda secara detail mendeteksi knalpot Mobil bocor atau tidak.

“Cara Mendeteksi knalpot Mobil bocor dilihat dari pembakaran pada knalpot. Jika knalpotnya sudah tidak bagus maka energi panas dari sisa proses pembakaran tidak bisa dimanfaatkan lagi,” kata Zaki, pemilik bengkel knalpot

Menurut Zaki, di mobil keluaran terbaru, sisa gas buang didaur ulang menjadi energi dan disalurkan ke mesin dan dimanfaatkan dalam proses pembakaran. Sehingga pembakaran di ruang bakar berlangsung sempurna dan tenaga pun semakin tok cer.

“Sehingga praktis hanya 25 persen dari panas itu yang dimanfaatkan menjadi tenaga. Jumlah yang relatif kecil tersebut semakin kecil jika knalpot bocor,” kata Zaki.

Knalpot Mobil bocor tak cuma menyebabkan Mobil menjadi Lamban, tetapi juga memicu boros bahan bakar. Pasalnya, mobil perlu tenaga ekstra untuk melaju, dan tambahan tenaga berarti juga membutuhkan asupan bahan bakar.

Cara Mengatasi Knalpot Mobil Bocor dengan mudah

Oleh karena itu, ia mewanti-wanti agar pemilik mobil melakukan perawatan knalpot, cara mendeteksi knalpot mobil bocor, serta cara untuk mengatasinya.

Bagaimana caranya? Bambang berbagi tips untuk Anda:

Air Kotor

PenyebabAda beberapa faktor yang menjadi pemicu knalpot bocor, di antaranya :Air Kotor Pada prinsipnya kebocoran terjadi karena bagian knalpot itu berkarat. Proses terjadinya karat bisa dikarenakan oleh kotoran yang bercampur dalam air kubangan dan mengenai bagian knalpot saat mobil melibas kubangan tersebut.

Beberapa bakteri yang ada di kotoran tersebut menyebabkan proses korosi di knalpot dengan memanfaatkan proses kimiawi kotoran yang menempel.

Temperatur

KondensasiPerbedaan temparatur antara bagian dalam dan luar knalpot juga dinilai turut memcu proses karat di bagian peranti tersebut. Terlebih bila mobil kerap melintas di wilayah yang memiliki kandungan garam cukup tinggi, seperti di daerah yang dekat dengan pantai.

 Cara mendeteksi Knalpot Mobil Bocor

Aktifkan mesin dan kemudian biarkan selama tiga menit, setelah itu dengarakan apakah suara mesin lebih keras dari biasanya? Bila ya, maka ada kemungkinan bagian dari knalpot bocor.

Cara lainnya, langsung melihat ke bagian knalpot. Bila ada asap yang keluar dari bagian lain selain dari lubang pipa berarti ada kebocoran.

 Pencegahan dan perbaikan Untuk mencegah terjadinya Knalpot Mobil Bocor

selain jangan sering melakukan idling (stasioner) mesin, para pemilik mobil juga sangat disarankan untuk menjaga kebersihan bagian kolong mobil. Mencuci mobil setiap selesai digunakan adalah cara yang paling baik.

Dari Sepengetahuan kami yang ada, maka kesimpulan yang dapat diambil antara lain, Jika Knalpot Mobil Bocor maka banyak sekali tindakan yang harus Dilakukan seperti, Membersihkan Area Knalpot terlebih dahulu dan Mengelas area Knalpot yang bocor, Setelah itu Didinginkan area yang telah dilas dan tunggu hasil las jika sudah tidak panas.

Itulah Artikel yang kami berikan tentang mendeteksi Knalpot Mobil Bocor dan solusi mengatasinya, Diharapkan artikel ini dapat menjadi acuan untuk pengendara mobil agar Mobil lebih aman saat dibawa berkendara. Disamping itu juga semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here