Mesin mobil yang tiba tiba mati secara mendadak saat di jalan sudah biasa di alami oleh setiap orang yang memiliki mobil, hal ini sudah tidak asing lagi terjadi karena setiap kendaraan pasti akan memiliki kerusakan jika umur mobil tersebut sudah semakin tua dan semakin lama apalagi jika sudah tidak di rawat lagi maka kondisi mobil akan memburuk dan akan sering terjadi gangguan pada saat di tengah tengah perjalanan.

Bahkan ada yang pernah ngalami saat di perjalanan mobil tiba tiba mati padahal awalnya mobil ini baik baik saja, lalu mobil tersebut di diamkan kurang lebih 15 menit an dan di nyalakan lagi ternyata masih bisa hidup dan bisa berjalan kembali dengan lancar tetapi setelah berjalan dalam jangka waktu yang lama dan saat mesin mobil sudah mulai panas tiba tiba mobil langsung mati.

Kewajiban bagi pemilik mobil ya memang harus mengetahui betapa pentingnya komponen mobil yang ada di dalamnya agar keamanan bisa terjaga sepenuhnya seperti membawa anak kecil saat perjalanan dan tiba tiba mobil macet maka sang buah hati akan merasa terganggu saat di perjalanan yang tidak dapat memperlancar perjalanan apalagi saat dalam perjalnanan yang tergesa gesa maka tentunya akan membuat emosi kta semakin meningkat.

penyebab mesin mobil mati mendadak saat di jalan banyak sekali, contohnya adalah sebagai berikut :

  1. Rusaknya Alternator Altenator adalah salah satu komponen vital pada mobil karena berfungsi sebagai penyuplai listrik ke aki. Rusaknya bagian ini akan membuat aki jadi tidak bisa diisi. “Biasanya kalau tiba-tiba mati karena alternatornya bermasalah, sehingga tidak bisa mengisi aki. Akibatnya mesin jadi mati,” kata didi. Menurut Didi, rusaknya alternator biasanya berbanding lurus dengan usia pakai mobil.
  2. Sekering Putus Bila salah satu sekering putus, kemungkinan ada komponen yang tidak berfungsi dengan baik, terutama yang terhubung dengan sekering tersebut.  Seperti alternator, sekering juga bisa rusak jika suplai listrik melebihi kebutuhan. Karena itu sebaiknya ukuran sekring juga disesuaikan dengan besarnya pemakaian aliran listriknya.
  3. Overheat atau Mesin Panas Overheat atau mesin terlalu panas adalah masalah yang cukup sering ditemui pada kasus mobil mati mendadak. Umumnya overheat terjadi karena lalai mengecek kondisi air radiator. Namun bisa juga karena penggunaan bahan bakar yang kadar oktannya tidak sesuai dengan yang disarankan.

Nah, pemilik kendaraan tidak usah khawatir mengenai kapan saatnya sensor-sensor pada mobil mengalami penurunan kemampuan alias mulai rusak. Kami berikan tips-tips sebagai berikut:

  1. Mobil sekarang pada umumnya sudah injeksi dan semuanya dikontrol oleh komputer alias ECU.
  2. Terdapat sistem diagnosis (mendeteksi sendiri) pada sistem ECU ketika terjadi penurunan kemampuan/kerusakan pada suatu sensor dan tersimpan di internal sistem ECU.
  3. Deteksi dini terkait kerusakan sensor-sensor dapat dirasakan dan dilihat oleh pemilik kendaraan, seperti yang disebutkan pada pertanyaan, kadang mesin tersendat, batuk-batuk, tidak bertenaga, putaran stasioner tidak stabil, dan sebagainya.
  4. Biasanya lampu Check Engine (warna kuning) pada combination meter/dashboard menyala ketika ada suatu sensor yang mengalami masalah.
  5. Nah, bila mengalami gejala yang timbul dan/atau lampu Check Engine menyala, segera membawa kendaraan ke bengkel resmi atau bengkel langganan yang tentunya mempunyai alat scanner/inteligent tester untuk mendeteksi sensor yang rusak kemudian diperbaiki/diganti dengan yang baru.

Bagi anda yang ingin mengirimkan pertanyaan silahkan isi di kolom komentar. Terima kasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here