Mobil klasik termahal di dunia, Saat ini tak hanya mobil baru saja yang digemari oleh banyak orang, mobil-mobil klasik juga diminati banyak orang bahkan dijadikan sebagai salah satu koleksi mobil mereka. Meskipun mobil-mobil ini diproduksi dalam waktu yang lama, namun tak menurunkan minat dari kolektor mobil-mobil klasik. Bahkan mobil-mobil klasik ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal dibandingkan dengan mobil-mobil terbaru saat ini.

Namun masih banyak orang yang belum memahami perbedaan mengenai mobil antik dan mobil klasik. Banyak orang berpendapat bila kedua jenis mobil ini sama saja. Namun faktanya dua jenis mobil ini memiliki artian yang berbeda.

Mobil antik dapat dikatakan sebagai mobil yang benar-benar sudah tua umurnya. Beberapa orangberpendapat bila mobil antik merupakan mobil yang usianya lebih dari 45 tahun, namun di beberapa Negara terkadang menerapkan mobil tersebut termasuk mobil antik atau tidak bukan dilihat dari umurnya. Selain itu kondisi mobil dan aksesorisnya juga harus sama sesuai dengan awal pembuatannya, tidak diganti ataupun berubah secara keseluruhan.

Sedangkan mobil klasik, tidak selalu mobil yang berusia sangat tua. Pada umumnya mobil klasik berusia minimal 20 tahun hingga 40 tahun. Namun ada juga pendapat yang mengatakan bila mobil klasik adalah mobil yang diproduksi diatas tahun 1925. Untuk itu, tak semua mobil klasik masuk ke dalam jenis mobil klasik namun mobil antik bisa masuk ke dalam mobil klasik. Nah berikut ini beberapa mobil klasik termahal di dunia yang perlu anda ketahui.

5. Oldsmobile F-88 ($3,5 Juta)
Mobil klasik termahal lainnya adalah Oldsmobile F-88. Mobil klasik ini memang tidak diproduksi secara meluas karena memang masih berupa konsep. Menurut beberapa sumber yang ada, Oldsmobile F-88 ini diluncurkan pada tahun 1954 dan hanya diproduksi sekitar 5 unit kendaraan saja. Hal inilah yang membuat harganya melambung tinggi.

Mesin mobil ini menggunakan mesin berkapasitas 5,3 liter mesin super 88 V8 yang menggunakan karburator empat barel. Panel instrumen yang digunakan pda F-88 ini menggunakan sebuah Cutlass. Sehingga banyak orang yang berpendapat bila F-88 menjadi mobil yang bergaya era baru. Pada tahun 2005, mobil ini dilelang oleh Barret-Jackson Collector Car kepada John dan Mureen Hendricks dengan harga mencapai 3,5 juta US Dollar atau sekitar 42 Milyar rupiah.

Mobil ini memang didesain dengan ukuran yang menyerupai Corvette dengan bodi mobil yang ringan serta terbuat dari fiberglass. Untuk itulah F-88 diakui sebagai salah satu tonggak penting di dalam industri otomotif USA dengan penggunaan struktur bodi yang ringan. F-88 cukup beruntung meskipun hanya berupa mobil konsep. Karena pada umumnya mobil-mobil konsep akan dihancurkan setelah debut mereka di GM Motorama, namun F-88 dapat bertahan hingga saat ini.

4. Ferrari 330 TRI/LM 1962 ($6,5 Juta)
Pada akhir tahun 1950, Ferarri menjadi sangat dominan di dalam ajang balapan kelas internasional pada seri Testarossa yang menggunakan mobil sport dengan mesin depan. Namun pada tahun 1962 terjadi perubahan aturan yang mengharuskan produsen mobil menggunakan mobil dengan spesifikasi mesin empat silinder untuk digunakan dalam ajang LeMans. Sehingga Ferarri memproduksi Ferarri 330 TRI/LM yang membuat menjadi mobil paling kuat dan terakhir di dalam seri Testarossa.

Mobil dengan dominasi warna merah ini paling dicari karena kaitannya dengan pembalap legenda Phil Hill dan Olivel Glendebien yang memenangkan keseluruh balapan Le Mans. Mesin mobil ini menggunakan tipe 163 Superamerica berkapasiatas 3.967 cc (242,1 cu in ) V12. Selain itu mesin mobil ini juga dilengkapi oleh 5 speed manual transmission.

Mobil ini mampu Mobil ini sempat dijual kepada Hirashi Okada dan digunakan di Nwe York hingga satu dekade. Setelah itu, mobil ini juga sempat menjadi salah satu koleksi di Perancis. Kabar terakhir menyebutkan bila mobil ini sempat berada di dalam sebuah lelang pada Agustus 2002 dan terjual dengan harga 6,5 juta US Dollar.

3. Type 41 Bugatti Royale 1931 ($8,7 Juta)
Mobil klasik termahal lainnya merupakan produksi dari Bugatti, yang merupakan produsen mobil asal Prancis yang cukup terkenal akan kemewahannya. Selain itu mobil produksi Bugatti memang dikenal dengan penggunaan bahan-bahan logam dan kayu terbaik yang mampu memberikan kenyamanan bagi penggunanya.

Mobil besar ini berukuran panjang 14 kaki dan memiliki berat mencapai 3,5 ton. Bugatti Royale ini diproduksi pada tahun 1931 dengan biaya pembuatan mencapai 42.000 US Dollar. (baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Mobil BMW])

Sayangnya mobil ini diproduksi sangat terbatas sekitar 6 unit kendaraan saja. Untuk dapur pacunya sendiri, mobiil ini menggunakan mesin berkapasitas 12.763 cc (12,7 liter) (779 cu in) dan dilengkapi dengan transmisi 3 kecepatan. Sehingga mobil ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 300 Hp pada putaran 1800 rpm.

Demi mendukung mesin yang besar dan berat dari mobil, sasis terbuat dari bahan material baha yang dipress dengan kombinasi 10 inch-cross-sections. Pada tahun 1987, mobil ini dipamerkan di Christie yang berada di London dan terjual dengan harga mencapai 8,7 juta US Dollar.

2. Ferarri 250 GTO 1962 ($16,6 Juta)
Mobil klasik termahal di dunia lainnya yaitu adalah Ferarri 250 GTO yang diproduksi pada tahun 1962. Mobil ini merupakan kombinasi dari desain mobil umumnya dengan mobil balap. Didesain dengan bentuk aerodinamis, mobil ini mampu mengumbar kesan seksi ketika berada di jalanan.

Sebagai mobil balap pertama, tentunya Ferarri 250 GTO membutuhkan perhatian dan perbaikan untuk menghasilkan mobil dengan kualitas terbaik. Mesin mobil ini mampu menghasilkan tenaga super mencapai 300 pk yang memang diperuntukkan untuk ajang balap dunia.

Bahkan produksi mobil ini memang ditujukan untuk berpartisipasi dalam ajang Grand Touring Car Championship. Bahkan untuk akselerasinya, mobil ini mampu mencapai kecepatan 0-96 km/jam hanya dalam waktu 6,1 detik saja. Untuk top speed nya, mobil ini mampu mencapai kecepatan hingga 280 km/jam. Cukup canggih untuk mobil yang diproduksi pada masa tersebut.

Mesin yang digunakan Ferarri 250 GTO merupakan tipe mesin V123.0 yang memang dapat mengeluarkan tenaga yang bertenaga. Pada bagian interior mobil ini memang tidak disediakan karpet ataupun alas, serta hanya diproduksi sekitar 40 unit kendaraan saja. Kabar terakhir kalinya mobil ini dibeli oleh pengusaha asal Negara Jepang di tahun 1990 dengan harga 16,6 juta US Dollar. (baca juga: Cara Membersihkan Jok Mobil)

1. Mercedes-Benz W 196 1954 ($24 Juta)
Dapat dikatakan bila Mercedes Benz W 196 merupakan mobil klasik dengan harga termahal di dunia. Mobil ini diperkenalkan pertama kali di Grand Prix Prancis pada tahun 1954 di Reims dan sangat mendominasi pada ajang balapan formula 1 pada musim kedua yaitu di tahun 1954 dan 1955. (baca juga: Pelindung Cat Mobil)

Mobil ini dirancang oleh perancang yang sangat jenius dengan teknologi yang cukup canggih pada masa tersebut. Semua bagian dari mobil ini dirancang dengan hal-hal yang inovatif pad aukuran dasawarsa 50an, seperti mesin injeksi dua katup, suspensi independen, mesin segaris 8 silinder berkapasitas 2500 cc serta chasis yang sangat ringan kurang dari 40 kg.

Mesin mobil ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 290 Hp pada putaran 8500 rpm serta torsi maksimum 247 Nm pada putaran 6300 rpm. Sehingga tidak heran jika mesin mobil nya mampu membuat mobil ini melaju kencang. Sayangnya, mobil ini hanya diproduksi sekitar 10 unit saja pada tahun 1954-1955. Kabar terakhir kali, mobil ini djual pada tahun 1990 dengan harga 24 juta US Dollar oleh pengusaha industri Prancis dan saat ini dimiliki oleh pengusaha asal Negara Jerman.

Mobil-mobil klasik ini memang memiliki kisaran yang cukup tua pada umurnya. Namun spesifikasi mobil ini cukup canggih dan mumpuni sehingga tak heran bila dibanderol dengan harga yang sangat tinggi. Nah itu tadi penjelasan mengenai beberapa mobil klasik dengan harga termahal di dunia. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here