Bagi anda yang sedang bingung memilih mobil matic vs manual maka anda bisa memperhatikan artikel yang ada di bawah ini agar nanti anda tidak menyesal jika anda sudah terlanjur membeli mobil. Jadi apa saja yang harus di perhatikan dalam memilih Mobil Matic vs Manual, sebagai berikut :

1. Bahan Bakar Minyak (BBM)

Selain melihat harga yang telah ditetapkan oleh penjual terhadap pembeli, terlebih pembeli harus memperhatikan bahan bakar apa yang dipakai mobil yang akan di beli. Dalam mobil matic atau manual ini bahan bakar yang digunakan adalah Bahan Bakar Minyak (BBM) sehingga BBM sendiri menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Sehingga bagaimana cara untuk membedakan pemakaian BBM pada mobil matic dan manual yaitu jika pada mobil manual banyak yang bilang bahwa mobil manual itu irit dibandingkan mobil yang bermesin matic.

Teliti terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab keborosan, Pada mobil yang bermesin manual sering di katakan irit karena pengemudi nya selalu menyesuaikan dengan apa yang dia butuhkan seperti menggunakan kecepatan mesin dan menggunakan kopling, jika ingin pindah gigi maka rem dalam keadaan rendah. Sedangkan pada mobil matic tidak bisa diatur seperti mobil manual sehingga cenderung mengalami putaran yang tidak teratur.

2. Perawatan

Sebagai pemilik kendaraan juga harus memperhatikan bagaimana cara perawatan pada mobil matic maupun mobil manual. Dalam mobil matic dan manual juga memiliki perbedaan dalam segi perawatan. Banyak manfaat nya jika pemilik mobil mengetahui jadwal untuk perawatan mobil, terutama yang memiliki mobil yang bermesin matic. Sejauh ini mobil matic memang sangat membutuhkan perawatan secara rutin bahkan bisa dibilang sering dibandingkan mobil yang masih manual.

Dalam perawatan mobil matic secara rutin dan pasti mengeluarkan budget yang tidak sedikit maka, setidaknya pemilik memperhatikan kendaraannya tentang pergantian oli dan pengecekan mobil lainnya karena agar mobil matic yang kita miliki awet dan nyaman jika digunakan dalam keseharian. Apabila mobil matic mengalami kerusakan maka biaya yang dikeluarkan jauh lebih mahal dibandingkan kerusakan pada mobil manual. Mobil manual yang sudah terkenal dengan irit dan kemudahan nya dalam segi perawatan, jika mobil manual mengalami kerusakan maka biaya yang dikeluarkan tidak sebesar biaya yang dikeluarkan jika mobil matic rusak.

3. Kenyamanan

Dari segi kenyamanan, kedua mesin mobil matic dan manual juga memiliki perbedaan. Tetapi perbedaannya tidak terlalu tinggi karena dalam segi kenyamanan ini tergantung pada pengguna mobil masing – masing atau bisa disebut sesuai selera. Kenyamanan ini bisa dipengaruhi pada pada pengendara nya langsung seperti keahlian pengendara dalam mengendarai mobil, baru atau lamanya mobil yang kita gunakan juga tidak terlalu pengaruh tetapi yang berpengaruh yaitu bagaimana kita dalam merawat dan menjaga mobil kita.

Ada yang mobil baru tapi sudah tidak nyaman karena pemakaian yang terlalu agresif dan sebaliknya ada yang mobil sudah lama tetapi masih nyaman karena sering melakukan perawatan dan dikontrol secara rutin dengan pengendara yang hati – hati dalam mengendarai mobil.

Sebelum membeli mobil matic atau manual juga perlu diketahui kalau mobil yang di beli ini akan digunakan untuk apa dan di gunakan dimana. Setiap kegunaan pasti mendapatkan pengalman yang berbeda – beda. Bagi para pengendara baru sebenarnya mobil matic ini lebih mudah untuk dikendalikan dibandingkan mobil yang bermesin manual yang memiliki peraturan yang ribet.

Dalam mobil yang bermesin manual harus memiliki konsetrasi yang penuh dalam mengendarai nya karena di mobil manual ada pedal gas, rem dan juga tuas transmisi sehingga pengendara banyak yang menilai bahwa menggunakan mobil manual itu kurang nyaman.

4. Akselerasi

Pada saat menggunakan mobil matic, pengemudi bisa merasakan kenyamanan pada saat mengendarai mobil di jalan yang padat. Akan tetapi pada mobil matic ini akselerasi nya masih kurang merespon. Mobil matic dan mobil manual sangat berbeda karena pada mobil manual akselerasi nya lebih meresponsif jika digunakan dijalan. Dalam penggunaan mobil matic harus lebih diperhatikan apakah mobil matic yang digunakan memakai engine brake atau tidak menggunakan engine brake, Karena banyak mobil matic yang tidak menggunakan engine brake.

Engine brake sendiri berfungsi sebagai rem yang bisa membuat mesin berfungsi lebih maksimal. Tetapi tidak semua mobil matic memiliki engine brake. Maka dari itu ketika mengendarai mobil di jalan yang menurun harus lebih hati – hati karena jika dalam keadaan menurun sering menggunakan pengereman. Semua telah dipaparkan apa perbedaan dari mobil matic dan mobil manual sehingga pembeli bisa memutuskan keputusan untuk membeli mobil yang bermesin matic atau yang manual.

Mobil Matic
Apa saja yang harus anda ketahui dari semua mobil matic yang ada. Disini akan di bahas semua kelebihan dan kekurangan yang telah dimiliki oleh mobil matic. Simak kelebihan dan kekurangan dari mobil matic sebagai berikut ini :

Kelebihan Mobil Matic

Mobil yang menggunakan sistem matic yang mengalami perkembangan yang sangat pesat terutama di negara Indonesia. Ada berbagai macam alasan yang di ucapkan oleh setiap orang yang ingin membeli mobil matic, banyak yang bilang bahwa mobil matic itu memiliki kemudahan tersendiri dalam mengendarai nya, Kemudahan dalam mengoperasikan nya, dan juga kenyamanan lebih dari pada menggunakan mobil manual.

Dengan adanya perkembangan yang semakin maju sehingga dari mobil yang transmisi yang manual sehingga berkembang menjadi transmisi matic. Mobil matic sangat cocok digunakan oleh kaum wanita karena dengan kemudahan nya. Mobil matic memiliki beberapa kelebihan seperti

Pemakaian yang mudah karena memiliki jenis mesin yang matic sehingga memudahkan pengendara dalam perjalanan.
tidak terlalu ribet karena pada mobil matic ini cukup menarik gas saja langsung bisa jalan berbeda dengan mobil yang manual harus menggunakan kopling dan mengatur gigi baru bisa jalan.
Pengendara tidak akan merasakan capek yang berlebihan jika menggunakan mobil matic ini karena di mobil ini hanya menggunakan gas dan rem aja. berbeda jauh dengan mobil yang manual masih harus menggunakan kopling dan gigi yang pengendara harus aktif dalam perjalanan.
Jalan ramai atau jalan sepi berasa sama saja karena hanya menggunakan gas dan rem saja.
Kekurangan Mobil Matic

Selain memiliki kelebihan, mobil matic ini juga memiliki beberapa kekurangan, mari kita simak dibawah ini :

Memiliki budget biaya perawatan yang banyak atau mahal karena teknisi atau bengkel yang paham dengan mesin mobil matic hanyak sedikit dibandingkan teknisi yang paham betul dengan mobil manual. Yang memang harus sering dilakukan dalam perawatan mobil matic adalah mengganti oli secara berkala karena perputaran yang ada pada mobil matic lebih sering berputar dan tidak bisa diatur perputaran nya seperti mobil manual lain nya. Selain perawatan yang mahal, onderdile yang ada pada mobil bermesin matic ini lebih mahal dibandingkan mobil yang manual.
Mobil matic sangat boros dalam penggunaan bahan bakar karena perputaran itu lah yang membuat mobil matic menjadi boros dibanding mobil yang bermesin manual.
Mobil matik memiliki harga beli tinggi dan harga jual yang rendah. Kenapa mobil matic baru harganya mahal ? karena mobil matic yang masih baru memiliki kenyamanan yang lebih dibandingkan mobil yang masih manual. dan sebaliknya kenapa harga jual mobil matic sangat murah ? karena mobil matic sangat susah dan mahal dalam melakukan service.
Tidak bisa engine brake karena pada mobil matic ini tidak ada gigi persneling nya. Jika digunakan di jalan yang menurun hanya mengoperasikan rem. Mobil matic tidak se agresif mobil manual biasa nya.

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari mobil matic yang harus anda ketahui. Setiap kendaraan bermotor pasti memiliki kekurangan bahkan memiliki kelebihan nya juga. Tergantung kalian yang ingin mengendarai nya. Setiap orang memiliki persepsi masing – masing dalam menentukan pilihan kendaraan.

Mobil Manual
Setelah kalian semua mengetahui apa saja yang dimiliki oleh mobil matic maka anda juga harus mengetahui apasaja yang dimiliki oleh mobil manual, agar anda paham dan yakin dalam menentukan pilihan antara Mobil Matic Vs Manual. Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh mobil manual.

Kelebihan Mobil Manual

Mobil manual juga memiliki kelebihan tersendiri jika dibandingkan dengan mobil mobil matic, maka kelebihan dari mobil manual seperti berikut ini :

Memiliki Akselerasi yang sangat baik
Bisa memenuhi semua kebutuhan dan keinginan yang di ingin kan oleh pengemudi
Irit dalam pemakaian Bahan Bakar Minyak (BBM)
Biaya perawatan yang sangat murah atau minim
Biaya Perbaikan yang lebih sedikit jika ada kerusakan
Kekurangan Mobil Manual

Jika anda sudah mengetahui semua kelebihan dari mobil maka anda juga mengetahui beberapa kekurangan yang dari mobil manual, Sebagai berikut ini :

Mengemudi mobil manual lebih susah karena harus memiliki konsentrasi yang penuh.
Lebih cepat mengalami capek dalam mengemudi mobil manual
Tingkat kenyamanan pengemudi kurang
Berikut adalah beberapa yang harus anda perhatikan dalam memilihi antara mobil matic vs manual agar anda tidak mengalami kesalahan dalam memilih mobil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here