Jika berbicara mengenai transmisi mobil, tentunya sobat semua penggemar otomotif dan sobat semua yang memiliki dna mengemudikan mobil , komponen yang satu ini bukanlah suatu komponen yang asing lagi ya sobat, karena tentunya sobat semua menggunakannya setiap harinya pada saat anda mengemudikan mobil kesayangan anda. Setuju ya sobat.

Oke sobat semua yang terkasih, tidak jauh berbeda dari artikel sebelumnya pada kesematan kali ini kita masih akan membahas mengenai otomotif. Jika berbicara mengenai otomotif tentunya kita akan berbicara mengenai komponen penyusun dari benda atau barang otomotif tersebut, karena seyogianya suatu barang atau benda otomotif pasti tersusun atas beberapa komponen otomotif juga di dalamnya.

Salah satunya adalah pemindah transmisi mobil. Nah sobat semua, untuk mengenal lebih jauh akan komponen pemindah transmisi yang satu ini, ada baiknya sobat semua menyimak ulasan berikut ini sobat, karena pada kesempatan kali ini penulis akan menjelaskannya secara rinci buat soabt semua. Yuk sobat, langsung sjaa kita simak ulasan berikut ini. Check It Out !

Pemindah transmisi mobil atau dalam dunia otomotif disebut dengan pemindah tenaga atau power train merupakan suatu komponen yang sangat penting keberadaanya dalam mesin kendaraan kita. Adapun performa kendaraan tersebut tidak hanya ditentukan oleh teknologi dan design pada mesin kendaraan tersebut, namun juga ditentukan oleh teknologi dan design pada sistem transmisinya.

Adapun pemindah transmisi mobil ini merupakan suatu sistem atau gabungan dari unit – unit yang memiliki fungsi untuk meneruskan putaran ( r. p. m ) dan daya ( HP ) dari mesin atau engine menuju roda penggerak. Adapun komponen – komponen dari sistem transmisi aatu sistem pemindah tenaga tersebut dibedakan berdasarkan sistem penggerak FWD ( Front Wheel Drive ), RWD ( Rear Wheel Drive ) dan 4WD ( Foru Wheel Drive ) yang masing – masing memiliki perbedaan satu dengan yang lainnya.

Fungsi Transmisi Mobil

Adapun fungsi dari transmisi mobil antara lain adalah sebagai berikut :

Sebagai komponen yang berfungsi untuk memvariasikan putaran dan momen yang berasal dari mesin agar sesuai dengan yang dibutuhkan oleh kendaraan anda.
Sebagai komponen yang berfungsi untuk memungkinkan kendaraan untuk berjalan mundur.
Sebagai komponen yang berfungsi untuk memungkinkan kendaraan apda posisi netral ( mesin hidup, namun kendaraan tidak jalan).
Sebagai komponen yang berfungsi untuk meneruskna putaran ( r. p. m ) dan daya ( HP ) dari mesin ( engine ) menuju roda penggerak kendaraan anda.
Sebagai komponen yang berfungsi untuk mengatur putaran roda.
Sebagai komponen yang berfungsi untuk memutuskan dan menghubungkan putaran.
Sementara itu sobat, setelah anda mengatahui fungsi dari pemindah transmisi mobil tersebut, anda juga harus mengetahui bagaimana cara kerja dari pemindah transmisi mobil tersebut. Berikut ulasannya untuk anda.

Cara Kerja Pemindah Transmisi Mobil

Adapun cara kerja pemindah transmisi mobil tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

Secara sederhana, cara kerja dari pemindah transmisi mobil ini adalah dengan cara mengumpulkan semua unit – unit yang memiliki fungsi dan karakteristik yang berbeda untuk membentuk satu kesatuan dalam satu sistem, yakni sistem transmisi atau pemidah daya.

Seperti unit kopling yang berfungsi untuk pemutus dan penghubung daya, unit transmisi ini memiliki peran memvariasikan putaran dan tenaga , unti poros propeller yang terdapat di dalamnya berfungsi sebagai poro penghubung yang fleksibel, unit differensial sebagai pereduksi dan membagi putaran pada saat kendaraan akan berbelok, kemudian setelah itu, poros penggerak meneruksna putaran dan daya menuju roda penggerak.

Cara Merawat Pemidah Transmisi Mobil

Adapun cara merawat pemindah transmisi pada mobil adalah sebagai berikut :

Lakukan pengecekan secara rutin terhadap pemindah transmisi mobi anda beserta komponen – komponen lainnya yang berhubungan dengan daya.
Coba lakukan pengetesan terhadap pemindah tarnsmisi mobil tersebut, apakah masih berfungsi sesuai dengan yang seharunsya atau tidak. Adapun cara yang bisa anda lakukan untuk mengeceknya yaitu dengan cobalah anda menjalankan mobil anda pada kecepatan 70km/ jam. Kemudan pindahkan perseneling ke posisi netral. Seharusnya tidak aka nada getaran yang terjadi, tetapi jika terdapat getara, berarti kemungkinan ada kerusakan pada poros propeler ang bengkok atau suspensi.
Jika anda menemukan hal seperti ini, berarti ini saatnya anda untuk membawa mobil and ake bengke untuk dilakukan service oleh tangan yag handala dalam bidangnya tersebut, agar tidak terjadi kerusakan yang tambah parah.
Jika memag kondisinya masih normal dan seperti yang seharunsya, itu artinya belum terjadi kerusakan apda pemindah transimi mobil anda . Anda hanya perlu melakukan pengecekan secara rutin agar anda bisa mengantisipasi kerusakan sejak dini.

Sekian informasi mengenai pemindah transmisi mobil yang bisa penulis share buat soat semua. Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi sobat semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Jangan lupa untuk update terus perkembangan artikel – artikel terbaru berikutnya. Salam hangat selalu dari penulis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here