Hello sobat semua, kembal lagi bertemu dengan penulis nih sobat yang tentunya selalu setia memberikan ulasan demi ulasan yang menarik buat sobat semua melalui artikel yang selalu penulis sajikan buat anda ya sobat. Tidak jauh berbeda dari artikel yang sebelumnya nih sobat.

Pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan atau membahas mengenai otomotif beserta komponen yang ada dalam otomotif tersebut. Buat sobat semua yang memang gemar otomotif ada baiknya sobat menyimak ulsan berikut ini, agar pengetahuan dan wawasan anda lebih bertambah lagi mengenai otomotif tersebut.

Jika berbicara mengenia otomotif, tentunya kita juga akan berbicara mengenai komponen penyusun barang atau benda otomotif tersebut, setuju ya sobat. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, ada begotu banyak komponen yang menyusun suatu benda atau barang otomotif, salah satu dari komponen tersebut adalah pengaman pintu mobil.

Nah sobat semua, apabila anda belum terlalu paham akan pengaman pintu mobil ini, ada baiknya sobat semua menyimak ulasan berikut ini, karena penulis akan menjelaskannya secara rinci buat anda. Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, atau mungkin sudah kita lalukan ya sobat menambah atau memasang aksesoris mobil merupakan salah satu bagian dari perawatan mobil itu sendiri. Salah satu dari komponen yang juga merupakan aksesoris tersebut adalah seperti pengaman pintu mobil atau sering disebut dengan “ door guard “ .

Umumnya pengaman pintu mobil atau door guard ini dipasang di bibir pintu mobil, anda bisa memperhatikan mobil yang lalu lalang di jalan ya sobat, pasti banyak yang menggunakan door guard ini. Biasanya door guard ini di design sesuai dengan bentuk pintu mobil anda agar terlihat rapi dan juga menarik .

Tanpa kita sadari, bibir pintu mobil kita sering sekali terjadi lecet terkena benturan sesaat setelah membuka atau menutup pintu mobil tersebut. Apalagi pada saat parkir di lahan parkir yang sempit seperti di mall atau di garasi rumah.

Tanpa kita sadari hal sepele seperti ini kerap terjadi yang sesungguhnya akan berdampak buruk bagi pintu anda jika berlanjut dalam waktu yang lama. Awalnya memang hanya ada goresan yang menurut kita tidak begitu berpengaruh signifkan namun hal ini akan membuat bibir pintu mobil anda lecet atau bahkan sampai terluka. Untuk menghindari hal tersebut ada baiknya sobat semua memasang pengaman pintu mobil atau door guard ini sobat.

Fungsi Pengaman Pintu Mobil

Adapun fungsi dari pengaman pintu mobil atau door guard ini adalah sebagai berikut :

Sebagai komponen yang berfungsi untuk mencegah terjadinya kerusakan dan goresan pada pintu anda.
Sebagai komponen yang berfungsi untuk memperpanjang usia dari pintu mobil anda karena sifatnya membuat pintu lebih awet.
Sebagai komponen yang memberikan nilai estetika dan nilai eni pada mobil karena door guard atau penagman pintu mobil ini adalah sejenis aksesoris yang mempercantik tanpilan mobil anda
Nah sobat semua alangkah pentinya keberadaan pengaman pintu mobil ini ya buat kendaraan anda. Berikut ini adalah cara kerja dari pengaman pintu mobil atau door guard tersebut.

Cara Kerja Pengaman Pintu Mobil

Adapun cara kerja pengaman pintu mobil adalah sebagai berikut :

Pengaman pintu mobil terbuat dari bahan aluminium dan juga bahan karet.
Pada saat pintu mobil dibukan dan ditutup tentunya akan menimbulkan adanya benturan apda pintu mobil tersebut yang biasanya akan membuat pintu baret.
Dengan adanya pengamn pintu mobil ini, maka kareta yang tekah direkatkan pada bibir pintu mobil tersebut akan menahan benturan yang ada, sehingga benturan tersebut tidak akan langsung mengenai bibir pintu mobil anda, melainkan akan di tahan oleh si pengaman pintu mobil tersebut.
Karena bersifat elastis, maka sekeras apapun benturan pada saat menutup dan membuka pintu , maka bibir pintu mobil anda akan terlindungi.
Cara Perawatan Pengaman Pintu Mobil

Adapun cara perawatan pengaman pintu mobil ini adalah sebagai berikut :

Pada saat parkir, usahakan anda parit di area gedung atau di area yang tidak terkena sengatan matahari secara langsung, karena hal ini akan membuat karet pengaman pintu mobil anda cepat kering dan rusak.
Pada saat membersihkan kaca pintu mobil anda, sebaiknya jangan lupa untuk membersihakan karet pengaman pintu mobil ini juga ya sobat. Gunakanlah lap yang lembab untuk membersihakan pengaman pintu mbil tersebut agar terhindar dari kotoran yang bisa saja membuatnya lebih cepat rusak.
Lakukan pengecekan secara rutin, karena pada umumnya karet pengaman pintu mobil ini sering lapas sendiri karena kurang rekat pada saat dipasang, untuk itu lakukan pengecekan secara rutin ya sobat.
Sekian informasi mengenai pengaman pintu mobil yang bisa penulis sajikan buat sobat semua pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi sobat semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Jangan lupa untuk update terus perkembangan artikel – artikel terbaru berikutnya. Salam hangat selalu dari penulis. Salam otomotif sobat semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here