Panas, macet, AC mobil tidak berfungsi, alias keluar angin? Atau bahkan yang lebih ekstrim lagi. Tidak ada tanda-tanda kehidupan alias mati. Nah kalau sudah begitu, siapa yang mau disalahkan? Diri sendiri? Produsen mobil? Atau bengkel langganan servis mobil Anda? Makanya jangan tunggu sampai kejadian!

Kenapa AC Mobil Tidak Dingin?

Masih ingat kata pepatah“sedia payung sebelum hujan?

Oleh sebab itu, periksalah kondisi mobil Anda, termasuk AC-nya, secara rutin dan berkala. tidak usah tiap hari juga tidak apa-apa. Sebulan sekali atau enam bulan sekali juga sudah cukup.

Pada prinsipnya, tukang servis di bengkel itu sama dengan dokter. kalau Anda datang ke bengkel juga pasti bakalan ditanya oleh si tukang servis, “Ada keluhan apa nih!?”.Nah kalau sudah seperti itu, tidak ada acara lain selain Anda melakukan pemeriksaan sendiri (self-diagnosed).

Bagaimana Cara Mengatasi AC Mobil Tidak Dingin?

Tapi bagaimana kalau lagi bokek?

Ato punya duit tapi terbatas alias cekak?

Hmm, bisa tidak ya melakukan service AC mobil sendiri?

Ternyata bisa banget loh!

Tetapi bagaimana caranya ya?

Nah sebelum kita bahas panjang lebar, yukmari kita simak dulu tips berikut ini.

1.Periksa kondisi AC secara rutin

Lebih baik mencegah daripada mengobati, ato dalam istilah lainnya: Periksalah kondisi AC mobil Anda sebelum rusak di kemudian hari.

Oke, tapi bagaimana caranya?

Guekan bukang tukang ac mobil?

Tidak usah khawatir. Caranya gampang kok! Tidak percaya?

Ikuti saja tips berikut ini:

a.Periksa temperatur mobil

Anda memeriksa temperatur mobil dengan menggunakan thermometer digital. Itu sangat penting.

Yup! Sebagai langkah pencegahan

Thermometer tidak hanya digunakan untuk mengukur suhu badan, tapi juga untuk mengukur suhu kendaraan bermotor. Caranya dengan mamasukkan ato menyelipkannya ke dalam grill(kisi-kisi) AC di dashboard mobil.

b.Setel Angin

Setelah kita Setel angin pada posisi angka 1, lalu periksa temperatur paling dingin-nya ada di suhu berapa derajat. Note-to-self: suhu dingin ideal ada di kisaran angka 30C  sampai 80C. Biasanya pada saat suhu dingin ideal tercapai maka kompresor akan otomatis cut off.

Terus bagaimana kalau suhu sudah dibawah 30Ctapi kompresor tidak cut offcut off juga? Tenang…jangan dibanting thermometer-nya ato di-gebuk mobilnya. Itu tandanya sudah terjadi pembekuan di evaporator.

Hah??

Evaporator?

Pembekuan?

Maksudnya apaan sih?? Yang dimaksud dengan pembekuan di evaporator adalah adanya es batu yang mem-block keluarnya angin ke kabin penumpang. Hal seperti inilah yang nantinya mengakibatkanAC mobil Anda berembun.

Terus bagaimana?

Ada cara mengatasinya tidak jika sedang darurat ketika belum sempat ke bengkel ac mobil? Ada…hal tersebut bisa diatasi dengan melakukan tiga langkah berikut:

1.Setel temperature AC ke posisi off dan angin pada posisi angka 3 atau 4 (posisi  blower max);

2.Matikan tombol AC (tombol kompresor) dan Biarkan selama 3  sampai  4 menit;

3.Sekarang coba nyalakan kembali sesuai dengan prosedur sebelumnya – angin pada posisi 1 dan seterusnya. Jika masih belum dingin juga, berarti AC Anda memang minta di-servis.

Gampang kan? Ya, tapi…ada tapinya loh! Servis AC tidak berhenti sampai disitu saja. Masih ada hal lain yang perlu Anda pahami, yaitu cara kerja sistem dan komponen-komponen pembentuknya.

Cara Kerja AC Mobil

AC atau Air Conditioning, berfungsi untuk mengkondisikan udara di dalam mobil. Apa sih yang dimaksud dengan ‘meng-kondisi-kan’? Yang dimaksud dengan mengkondisikan adalah menurunkan suhu dan mengurangi tingkat kelembaban udara dalam kabin penumpang.

Mengingat fungsinya yang berat maka AC tentunya membutuhkan enerji yaitu bensin. Ya iyalah…mayoritas mobil pake bensin lah. Betul, tapi yang dimaksudkan disini adalah ekstra bensin. Itu sebabnya, banyak orang yang demi irit bensin rela mematikan AC mobilnya.

Prinsip utama dari cara kerja sistem AC sebenarnya ada empat: evaporasi, kondensasi, kompresi, dan ekspansi. Oke mari kita lihat satu per satu pengertian dari ke-empat prinsip tersebut.

1.Evaporasi

Pernahkah Anda mengusap punggung telapak tangan menggunakan cairan alkohol?

Lama kelamaan pasti Anda akan merasa dingin. Nah, proses itulah yang dinamakan evaporasi. Lebih jelasnya lagi, pada saat alkohol ber-evaporasi maka enerji panas dari kulit Anda akan terangkat.Akibatnya? Timbul rasa dingin di bagian kulit yang terkena alkohol tadi.

2.Kondensasi

Bayangkan bahwa Anda berada dalam ruangan yang bersuhu hangat. Suhu udara di luar ruangan sangat dingin. Kemudian ada seorang yang berkaca mata masuk ke dalam ruangan Anda. Pernahkah Anda perhatikan bahwa kaca mata yang dipakainya akan berembun? Itulah yang dinamakan proses kondensasi.

3.Kompresi

Pernahkah Anda memompa ban sepeda?

Pernahkan Anda perhatikan bahwa pada saat Anda memompa, ujung dari pompa tersebut akan terasa panas?

Hal tersebut terjadi dikarenakan enerji yang dipompakan telah merekatkan molekul-molekul udara yang ada. Akibatnya?

Timbullah panas.

4.Ekspansi

Pada titik tertentu, tekanan udara yang tinggi dalam ruang tertutup akan merubah sifat zat tersebut menjadi cair. Pada saat proses ekspansi tersebut berlangsunglah, sifat panas udara berubah menjadi dingin.

Tips Tambahan Seputar Permasalahan AC Mobil

Selain informasi diatas, kami juga ingin membagikan beberapa tips tambahan terkait permasalahan umum AC yang sering dikeluhkan pengendara.

1.Apa yang harus dilakukan kalau ada bau dari luar masuk ke dalam mobil saat AC dinyalakan?

Silahkan periksa busa jendela ventilator angin luar: apakah busa masih utuh atau sudah robek?

Kalau busa sudah robek, maka ada solusi lain selain diganti busa nya, jendela ventilator sirkulasi angin luar dapat di tutup / cut off sehingga udara dari luar tidak akan pernah mengalir lagi kedalam.

2.Mengapa AC mobil berbau sangit saat RPM tinggi?

Silahkan periksa lubang firewall.

Bau sangit yang timbul kemungkinan karena ada celah karet yang terbuka. Celah yang terbuka inilah yang menyebabkan udara dari mesin masuk ke dalam mobil.

3.Mengapa AC dinyalakan di posisi low, tapi hembusan angina/blower tidak berfungsi?

Silahkan periksa westarn / resistor / tahanan blower. Kemungkinan besar ada yang putus.

Untuk yang masih awam, westarn adalah istilah lain dari resistor, ato selengkapnya resistor blower AC.

4.Mengapa air AC menetes dalam kabin mobil?

Silahkan periksa evaporator box-nya. Umumnya air hasil kondensasi akan dibuang melalui selang air pembuangan yang melekat di evaporator box. Nah kalau air tersebut tidak terbuang maka air tersebut pasti akan menggenang.

5.Apa resikonya jika air menggenang?

Interor mobil akan banjir dan bau lembab jika sampai mengenagi karpet dasar.

6.Apa penyebab air AC Mobil menetes?

kemungkinan besar evaporator-nya kotor dan berlendir. Lendir ini lah yang kemudian turun dan menutupi / menyumbat selang air ac pembuangan dan kemungkinan lainnya adalah adanya kotoran yang terhisap oleh blower melalui jendela sirkulasi luar.

7.Bagaimana cara menanganinya air AC menetes ketika darurat?

tips penanganannya adalah dengan menggunakan alat bantu sejenis sumpit. Terus diapakan sumpitnya?

Sumpitnya ditusuk kedalam selang pembuangan dari arah depan. Lakukan dengan perlahan dan hati-hati agar tidak merusak evaporator.

8.Mengapa pada saat AC dinyalakan ada bunyi berdesis?

Bunyi berdesis biasanya dihasilkan oleh katup ekspansi. Ada 2 penyebab nya yaitu : expansi sudah mulai ngempos dan Kemungkinan lain adalah akibat kurangnya gas freon. Mengapa gas freon berkurang? Umumnya karna kebocoran yang mungkin terjadi pada evaporator.

9.Bagaimana cara menangani tombol pengatur setting-an tombol suhu yang macet / keras untuk di putar?

Silahkan periksa lagi karet setting-annya.

Tips untuk menanganinya adalah dengan menyemprot kawat setting-an dengan wd 40.

Sekian dulu penjelasan penyebab ac mobil anda tidak dingin dan cara memperbaiki. Serta informasi lain yang mendukung agar AC mobil tetap bisa dingin.

Semoga berguna. Jika anda ingin bertanya, silahkan isi kolom komentar. Terima kasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here